Aktivitas Seru di Libur Hari Raya Lebaran 2021

Aktivitas Seru di Libur Hari Raya Lebaran 2021

Libur hari raya lebaran tahun ini kembali mengalami perubahan. Berdasarkan Surat Keputusan Bersama menteri, libur bersama Idul Fitri 2021 ini hanya satu hari saja, yaitu hari Rabu, 12 Mei 2021. Sedangkan tanggal 13 & 14 Mei 2021 ditetapkan sebagai hari libur Idul Fitri 2021. Jadi, tahun ini masyarakat Indonesia hanya mempunyai tiga hari untuk libur Idul Fitri, yakni tanggal 12, 13, serta 14 Mei 2021. Hari Senin, aktivitas perkantoran dimulai kembali seperti biasa.

Muliakan Yatim di Tengah Pandemi

Menurut Muhadjir Effendy, Menko PMK, menyebutkan bahwa pada SKB sebelumnya, cuti bersama libur hari raya itu tujuh hari. Akan tetapi, sesudah dilakukan peninjauan ulang, cuti bersama dikurangi jadi hanya dua hari saja. Alasannya karena pandemi Covid-19 yang masih belum turun. Ini ditandai dengan kurva penularan virus yang masih belum juga melandai.

Aktivitas Libur Hari Raya di Rumah Saja

Dengan adanya larangan mudik yang diterapkan oleh pemerintah, kini libur hari raya hanya bisa dirayakan di rumah saja. Lalu, apa aktivitas yang bisa dilakukan untuk menikmati hari libur ini? Berikut adalah beberapa kegiatan yang direkomendasikan yang dirangkum dari beberapa sumber.

1. Silaturahmi virtual

Hanya karena tidak bisa menghabiskan libur hari raya dengan mengunjungi sanak saudara di kota lain atau di negara lain, bukan berarti kamu tidak bisa bersilaturahmi. Kita masih tetap bisa bersilaturahmi dengan sanak saudara yang jauh dengan menggunakan teknologi. Sekarang ini sangatlah mudah untuk bisa terhubung dengan saudara yang jauh karena kita bisa berkomunikasi melalui video call. Yang diperlukan hanya smartphone atau laptop serta aplikasi yang terhubung dengan internet. Kita pun bisa langsung bersilaturahmi virtual dengan sanak saudara yang jauh. 

2. Belajar memasak makanan khas Hari Raya 

Di libur hari raya lebaran ini kamu bisa mencoba untuk belajar memasak menu khas lebaran. Seperti biasa, lebaran tak akan afdol tanpa menu lebaran, seperti ketupat dan opor ayamnya. Sebelum hari raya Idul Fitri, siapkan dahulu daftar menu makanan yang akan kamu buat. Jika ingin bereksperimen dengan menu baru, ini adalah saat yang tepat karena kamu akan menghabiskan waktumu di rumah saja. Meski tak ada keluarga jauh yang datang berkunjung, kamu masih tetap bisa memasak menu khas lebaran untuk keluargamu di rumah. 

Investasi Akhirat Terbaik Dengan Wakaf Qur’an

3. Mendekorasi rumah menyambut lebaran 

Biasanya ketika menjelang Idul Fitri, orang-orang akan sibuk mendandani rumahnya. Ada yang mencat tembok rumah, ada juga yang menata ulang interior rumah atau mengganti furnitur. Tujuannya untuk menciptakan suasana baru yang lebih segar untuk keluarga saat lebaran. Kebetulan libur hari raya ini dilarang mudik, jadi kamu bisa mengisi waktu dengan mendekorasi ulang rumahmu bersama anggota keluarga yang lain. Bersama dengan saudara di rumah, kamu bisa membersihkan perabotan, mencat ulang tembok rumah atau mendonasikan furnitur yang sudah lama. 

4. Belanja baju lebaran online 

Sudah menjadi tradisi di saat lebaran orang-orang akan membeli baju baru. Ini merupakan wujud syukur mereka karena sudah kembali lagi ke fitrah. Namun, di situasi yang seperti saat ini, pergi belanja ke tempat keramaian akan sangat berisiko. Belanja baju baru di libur hari raya tahun ini cukup dilakukan secara online saja. Kamu juga bisa menikmati banyaknya diskon dan promo yang ditawarkan oleh beberapa situs belanja online. Meski tak pergi ke mana-mana, tak ada salahnya untuk tetap modis di hari raya ini. 

5. Mengirim bingkisan lebaran 

Jika dulu saat sebelum pandemi Covid-19 kamu akan langsung membawa beragam oleh-oleh untuk keluarga saat mudik, sekarang hal tersebut tak bisa kamu lakukan karena adanya larangan mudik di liburan hari raya ini. Namun jangan khawatir. Kamu masih bisa berbagi dengan sanak-saudara di kota lain dengan mengirimkan parsel atau hampers. Untuk membeli paketnya pun kamu tak perlu pergi ke pasar atau toko. Kamu cukup beli lewat aplikasi belanja online

6. Berdonasi dari rumah

Di hari raya ini, masih banyak orang-orang yang membutuhkan bantuan. Maka jangan lupa untuk berbagi rezeki dengan mereka. Ada yang membutuhkan sembako, tapi tak sedikit juga yang membutuhkan donasi untuk berobat. Sekarang ini banyak platform donasi yang bisa kamu pilih, seperti WeCare.id, Baznaz, atau Rumah Zakat. Untuk berdonasi, kamu tak perlu keluar rumah. Cukup berdonasi secara online saja. Tetap masih bisa beramal di libur hari raya meski hanya di rumah saja.

Libur hari raya tahun ini kembali tak bisa mudik. Namun bukan berarti kamu tak bisa melakukan apa-apa. Ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan, seperti melakukan silaturahmi virtual atau berdonasi. Yuk, jangan lupa untuk meluangkan waktu dengan membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit.

Kamu juga bisa berdonasi lebih mudah melalui aplikasi WeCare.id. Caranya, download aplikasi WeCare.id di ponselmu. Donasi yang kamu berikan tentu sangat berharga untuk teman-teman yang membutuhkan.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Klik Untuk Donasi - Butuh terapi hormon untuk keberlangsungan hidupnya, Farel Butuh Bantuanmu Segera!
Sindrom Prader-Willi
Farel
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.7,063,122
  2. Pencapaian 24.57%
  3. Donatur 95

Referensi

Bramasta, D. B. (2021). Pandemi Virus Corona, Berikut Kegiatan Saat Lebaran yang Bisa Dilakukan di Rumah Aja. Diambil kembali dari kompas.com.

Pandemi, 5. T. (2020). Yandri Daniel Damaledo. Diambil kembali dari tirto.id.Rohmah, Y. (2021). Libur Lebaran 2021 Cuma 3 Hari, Lakukan 5 Hal Ini di Rumah dengan Keluarga. Diambil kembali dari id.theasianparent.com.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *