Yuk #RayakanKebaikan di Bulan Penuh Kemenangan!

Yuk #RayakanKebaikan di Bulan Penuh Kemenangan!

Bulan Ramadan adalah bulan yang diberkati saat orang-orang berusaha untuk melakukan sebanyak mungkin perbuatan baik dan ibadah. Mereka dengan bersemangat mencoba untuk mendekatkan diri dengan Allah subḥaanahu wa ta’aala dan menambah keimanan, baik itu dengan melakukan sholat sunnah, membaca lebih banyak Al-Qur’an, meluangkan waktu berdoa. 

Ramadan bagi banyak orang juga merupakan waktu untuk memberikan sedekah dan zakat. Banyak dari mereka berusaha untuk meningkatkan jumlah sedekah atau zakat yang diberikan. Terkadang karena keterbatasannya, mereka tidak bisa memberikan uang dalam jumlah besar. Namun, jangan meremehkan apa yang ada di tangan karena yang paling penting adalah niat di baliknya. Pahala terletak pada Allah subḥānahu wa ta’āla dan Allah mengetahui niat tiap orang. Apakah memberi Rp1.000 atau Rp1.000.000, pahala dari sedekah hanya Allah yang menentukan.

Bentuk sedekah yang bisa dilakukan untuk #RayakanKebaikan

Banyak orang sering memandang sedekah itu berarti memberikan uang. Meskipun ini adalah cara yang paling umum dilakukan, ini bukanlah satu-satunya hal yang dapat dilakukan seseorang. Selalu ada sesuatu yang dapat dilakukan untuk memberi manfaat kepada orang lain insya Allah. Nah, berikut adalah beberapa bentuk sedekah yang bisa dilakukan:

1. Sodaqoh kepada pasien yang tidak mampu

Sodaqoh adalah konsep pemberian sukarela dalam Islam fi sabillilah ‘-untuk jalan Allah. Istilah ini berasal dari akar kata bahasa Arab ‘sidq’, yang berarti ketulusan. Karenanya memberi sodaqoh dianggap sebagai tanda keimanan yang tulus. Dijelaskan dalam Al-Qur’an sebagai ‘pinjaman yang indah’, sodaqoh mencakup segala tindakan amal yang dilakukan karena kasih sayang, cinta, persahabatan, dan kemurahan hati. Sodaqoh bisa diberikan kepada siapa saja karena tidak ada batasan atau pedomannya. Bahkan senyuman bisa dianggap sodaqoh. Umat Islam memberikan sodaqoh sebagai tanda syukur kepada Allah SWT. Contoh bersodaqoh di bulan Ramadan bisa dilakukan dengan memberikan bantuan dana pengobatan untuk pasien yang tidak mampu. Bantuan tersebut akan sangat berharga bagi mereka. Yang terpenting saat bersodaqoh adalah keikhlasan dan mencari ridha Allah SWT. Dan ingat, memberi sodaqoh tidak mengurangi kekayaan. Jadi berikanlah dengan murah hati dan tanpa rasa takut.

2. Berzakat

Zakat adalah amal wajib bagi mereka yang mampu, dan diberikan dari kelebihan kekayaan. berzakat dianggap sebagai tindakan ibadah. Yang memberi manfaat zakat lebih banyak dari pada yang menerima zakat. Untuk zakat mal, diwajibkan bagi mereka yang kekayaannya telah memenuhi nisabnya atau ambang batasnya. Setelah ambang batas ini terpenuhi, pembayaran harus segera dilakukan dan kemudian setiap tahun setelahnya. Namun, banyak muslim yang memilih untuk membayar zakat mereka selama bulan Ramadan karena pahala untuk amal baik selama Ramadan berlipat ganda. Sedangkan zakat fitrah diberikan sebelum tanggal 1 syawal, dimulai sejak masuk bulan puasa.

3. Berdonasi secara online

Ada ribuan organisasi amal di luar biasa yang melakukan pekerjaan luar biasa dengan dana dan sumber daya mereka yang terbatas. Salah satunya seperti wecare.id yang membantu mengumpulkan dana untuk pasien-pasien yang tidak mampu. Orang-orang bisa meluangkan waktu sejenak untuk menyumbang ke organisasi semacam itu. Tak usah ragu untuk mendonasikan berapapun uang yang dimiliki dan tak usah menunggu sampai memiliki uang yang banyak. Bahkan menyumbang bisa mulai dimulai dengan memberikan donasi sebesar Rp1.000.

4. Berbelanja sambil berdonasi

Sekarang ini menyumbang bisa dilakukan bahkan sambil berbelanja. Pusat berbelanjaan di bulan Ramadan biasanya akan mengajak para pembeli untuk ikut menyumbang atau berdonasi. Misalnya jika ada bencana, pihak toko atau mall akan mengadakan acara berdonasi untuk menyumbang para korban bencana. Umumnya berdonasi ini dilakukan dengan berbelanja produk di tempat pembelajaan tersebut. Dari transaksi sejumlah tertentu akan diberikan pada mereka yang membutuhkan.

5. Menjadi donatur tetap

Selain cara di atas, orang-orang bisa ikut menyebarkan kebaikan dengan menjadi donatur tetap. Bila memiliki kelebihan rezeki, tak ada salahnya jika membagikannya dengan mereka yang membutuhkan dengan menjadi donatur tetap. Ada banyak orang di luar sana yang membutuhkan bantuan berupa sembako, pengobatan, atau Pendidikan. Jumlah yang disisihkan pun bisa diatur sesuai dengan kemampuan masing-masing. Pastinya bantuan tersebut akan sangat bermanfaat bagi mereka. Mari mulai menjadi donatur tetap di bulan Ramadan ini.

Itulah beberapa bentuk amal yang bisa kamu lakukan di bulan Ramadan ini. Sambil kamu #RayakanKebaikan, yuk unduh jurnal kebaikan gratis dari WeCare.id ini untuk menemani perjalanan kebaikan kamu! 

Jangan lupa juga untuk unduh jadwal Ramadhan 2021 disini yaaa!

Ayo #RayakanKebaikan sekarang juga! Caranya mudah, cukup download aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store atau donasi melalaui website WeCare.id untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *