Yuk Lakukan Kebaikan Berikut Ini di Bulan Ramadan

Yuk Lakukan Kebaikan Berikut Ini di Bulan Ramadan

Bulan Ramadan dianggap sebagai bulan suci bagi umat Islam di seluruh dunia. Di saat inilah umat Islam berpuasa dari fajar hingga senja untuk benar-benar merasakan bagaimana perasaan orang miskin yang tidak bisa makan. Pada dasarnya Ramadan merupakan pelajaran bagi seluruh umat Islam untuk bersyukur kepada Allah S.W.T. untuk semua yang dimiliki dalam hidup ini.

10.000 Paket Buka Puasa dan Sahur bagi Dhuafar

Ramadan adalah bulan yang murni. Apa yang bisa dilakukan muslim selama bulan Ramadan? Jelas, seorang muslim harus mencoba yang terbaik untuk lebih dekat dengan satu-satunya pencipta mereka. Ini adalah waktu dimana umat Islam harus meningkatkan iman dan kepercayaan mereka dengan melakukan beragam kebaikan. Puasa bukan satu-satunya yang muslim lakukan selama Ramadan. Masih banyak aktivitas kebaikan lainnya yang bisa kamu lakukan. Yuk simak infonya di artikel ini.

1. Berbagi Ilmu

Selama bulan Ramadan, kamu bisa berbagi kebaikan. Selain berbagi kebaikan berupa barang, kamu juga bisa berbagi kebaikan berupa ilmu dan informasi. Aktivitas berbagi ilmu dan informasi ini akan jadi kegiatan yang tak hanya menambah pahala tapi juga memperluas koneksi dan pertemananmu serta ilmu. 

Beragam ilmu bisa kamu bagikan pada orang lain, seperti tips kesehatan, resep masakan, tips berpuasa, tips belajar saat puasa, tips beribadah dan masih banyak lagi. Banyak media yang bisa kamu gunakan untuk berbagi ilmu dan informasi ini, dari mulai blog, website, Instagram bahkan Youtube.

2. Memberikan Donasi dan pada Organisasi Amal dan Kemanusiaan

Selama bulan suci ini, belanjakanlah kekayaanmu sedemikian rupa sehingga kamu bisa berusaha untuk memurnikannya. Amal jariah bisa menjadi pilihan untuk memulai karena kamu diberi pahala untuk perbuatan baik dan di bulan Ramadan, pahala untuk perbuatan baik dijadikan berkali-kali lipat. Maka perbuatan baik seperti memberi makan kepada fakir miskin akan menjadi amalan yang bernilai pahala yang luar biasa di bulan Ramadan ini.

Ramadan juga merupakan waktu di mana umat Islam menyumbangkan sebagian uang mereka. Seperti semua perbuatan baik, tindakan seperti itu berarti lebih banyak berkah selama bulan ini. Uang kamu dapat disumbangkan ke lembaga bantuan, rumah sakit dan organisi amal. Tempat-tempat ini sangat membutuhkan dukungan keuangan yang dapat kamu tawarkan karena dana semacam itu memungkinkan mereka untuk menyelamatkan nyawa yang berharga. Misalnya kamu bisa berdonasi untuk sesama di wecare.id membantu mereka yang butuh dana untuk pengobatan.

3. Investasikan Harta di Sedekah Jariyah

Sedekah jariyah pada hakikatnya adalah sedekah atau karya kemanusiaan yang dilakukan untuk kemaslahatan umat. Ramadan adalah bulan yang luar biasa untuk berinvestasi dalam sesuatu yang akan terus menghasilkan pahala jiwa bahkan setelah kamu tiada. Ibadah mulia tersebut termasuk hal-hal seperti berkontribusi pada pendirian masjid atau panti asuhan.

Bantu Sedekah Karpet untuk Para Santri Penghafal Qur’an

4. Memberikan Makanan Berbuka

Sudah menjadi bagian dari tradisi untuk berbagi makanan dengan keluarga, teman, tetangga, dan komunitas pada umumnya. Setiap tahun, banyak komunitas mengadakan sesi buka puasa bersama, mengundang baik muslim dan non-muslim untuk bergabung dalam perayaan tersebut. Sukacita dan cinta bulan Ramadan dibagikan dengan semua orang, dengan tetangga saling bertukar makanan.

Mungkin tahun ini tradisi baik tersebut tidak dapat dilakukan seperti pada tahun-tahun sebelumnya, karena pandemi Covid-19. Namun, hal ini tidak menghalangi kamu untuk berbagi makanan dengan orang lain. Kamu dapat menggunakan berbagai layanan pengiriman makanan untuk memesan dan mengirim makanan ke orang yang kamu cintai, tetangga, dan teman.

Karena kamu tidak dapat bertemu dengan anggota keluarga besarmu yang tidak tinggal bersamamu untuk buka puasa atau mengatur acara seperti itu dengan teman dan tetangga, mengirim makanan melalui layanan pengiriman adalah pilihan yang dapat kamu pertimbangkan. Pahala memberi makan orang lain yang berpuasa akan terus diterapkan meskipun kamu tidak memberi makanan secara fisik.

Nabi Muhammad s.a.w. berkata,

“Barangsiapa membantu berbuka puasa (memberi makan), dia akan mendapatkan pahala yang sama dengan dia tanpa mengurangi apapun dari pahala orang yang berpuasa.” (Sunan At-Tirmizi)

5. Sukarelawan

Kamu juga bisa memanfaatkan momen ini untuk menjadi sukarelawan dalam membantu sesama. Ada berbagai organisasi yang bisa kamu ikuti, misalnya organisasi yang menyediakan makanan dan mengelola distribusi makanan bagi petugas kesehatan atau keluarga yang diisolasi karena terkena Covid-19.  Bisa juga kamu jadi petugas yang mengorganisasi zakat.

Itulah kebaikan-kebaikan yang bisa kamu lakukan di bulan Ramadan. Salah satu contohnya yaitu  jangan lupa juga untuk meluangkan waktu dengan sebarkan aura positif dengan luangkan waktu membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit.

Kamu juga bisa berdonasi lebih mudah melalui aplikasi WeCare.id. Caranya, download aplikasi WeCare.id di ponselmu. Donasi yang kamu berikan tentu sangat berharga untuk teman-teman yang membutuhkan.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Klik Untuk Donasi - Ke dua Kakinya Mengalami Kelumpuhan, Rizky Butuh Uluran Tanganmu!
Duchenne muscular dystrophy (DMD)
Rizky Ramadhan
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.1,734,000
  2. Pencapaian 23.59%
  3. Donatur 20

Referensi

15 Amalan Bulan Ramadhan yang Perlu Kamu Lakukan. (2019). Retrieved from shopback.co.id.

Auliya, M. (2018). 4 Tips Kebaikan Di Bulan Ramadhan Bersama DomaiNesia. Retrieved from domainesia.com.Muslim.Sg. (2020). 5 Good Deeds To Do In Ramadan. muslim.sg

Sumber Featured Image : Abdullah Ghatasheh dari Pexels

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *