Ingin Galang Donasi Kamu Berhasil? Ini Dia Cara Efektifnya

Ingin Galang Donasi Kamu Berhasil? Ini Dia Cara Efektifnya

Sumber foto: pexels.com

Kepedulian dapat melahirkan keinginan untuk membantu meringankan beban saudara-saudara yang sedang kesulitan, baik akibat perekonomian atau bencana yang akhir-akhir ini menimpa bangsa kita. Dari rasa tersebut, kita pun ingin membuka open donasi tetapi selalu terhalang dengan banyak hal, salah satunya dalam hal promosi atau tidak banyak yang tersentuh lantaran sudah banyak kasus penipuan yang memanfaatkan penggalan dana. Maka, agar penggalangan yang kamu lakukan dapat berhasil, cobalah beberapa cara efektif ini. Namun, sebelum itu mari mengenal apa itu open donasi. 

Klik Untuk Donasi - Ayo Bantu WeCare.id Kirim Donasi ke Seluruh Nusantara!
  1. Terdanai Rp.8,008,517
  2. Pencapaian 5.15%
  3. Donatur 144

Mengenal Apa Itu Galang Donasi

Seperti namanya, pengertian galang donasi berarti penggalangan dana atau penggalangan donasi yang dilakukan secara terbuka dan umumnya dikampanyekan di media-media secara luas. Kamu bisa menggunakan media sosial sebagai salah satu perantaranya atau platform penggalangan dana seperti WeCare.  

Manfaat dan Tata Cara Menggalang Dana yang Efektif

Nah, agar aksi penggalangan tersebut dapat diketahui banyak orang hingga akhirnya berhasil mencapai target yang ditentukan serta mendapatkan kepercayaan masyarakat, kamu bisa melakukan cara-cara efektif ini: 

1. Tulis cerita atau alasan mengapa aksi galang dana tersebut harus dilakukan

Kamu dapat menjelaskan kronologinya secara rinci. Mulai dari mengapa harus melakukan aksi galang dana, untuk apa dana tersebut, dan siapa pemakai dana tersebut. Untuk contoh, kamu bisa melihat kisah Kalista, bocah kecil yang harus berjuang melawan penyakit kelainan jantung sejak lahir di laman WeCare Patients. 

2. Sertakan foto-foto yang mendukung dan valid

Jika hanya cerita yang tertuang, orang akan meragukan aksi open donasi yang kamu lakukan. Maka, sertakan foto-foto yang mendukung dan valid tentunya. Jangan sampai, kebaikan orang kamu salah gunakan dengan menyertakan foto-foto palsu. Kamu bisa mengambil langsung foto dan memasang di platform yang akan dijadikan target untuk aksi tersebut. 

Klik Untuk Donasi - Bantu RSCM Kiara Bangun Lantai Khusus Covid-19
  1. Terdanai Rp.109,237,467
  2. Pencapaian 9.46%
  3. Donatur 136

3. Gunakan tagar atau kata kunci tertentu yang spesifik

Kamu bisa menambahkan dengan memasukkan tagar-tagar atau kata kunci tertentu yang spesifik menjelaskan tentang aksi penggalangan dana tersebut. Misalnya, kamu tengah menggalang dana di WeCare untuk seorang pasien yang menderita luka patah tulang. Sertakan tagar #wecare(nama pasien) atau masukkan kata kunci yang mudah dicari di laman pencarian. 

4. Gunakan media sosial untuk menyebarkan campaign open donasi yang kamu adakan

Kamu bisa menggunakan media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, atau bahkan Youtube untuk membantu menyebarkan campaign yang tengah kamu lakukan. Meminta kerabat, teman, atau kenalan untuk membantu menyebarkan melalui aplikasi perpesanan seperti WhatsApp, Telegram, Skype. 

5. Berikan informasi yang terbuka 

Usai melakukan penggalangan dana, jangan langsung menghilang. Tetapi, usahakan untuk tetap menjaga interaksi dengan para donatur. Berikan informasi yang terbuka tentang dana yang diperoleh sudah seberapa banyak dan sampaikan jika nantinya sudah disalurkan kepada penerima. Sebab, informasi yang terbuka akan meningkatkan kepercayaan para calon donatur untuk menitipkan uang mereka kepada kamu melalui campaign tersebut. 

Kini, kamu sudah tahu kan manfaat dan tata cara untuk melakukan open donasi yang efektif agar berhasil? Nah, saatnya untuk kamu bergerak membantu mereka-mereka yang membutuhkan baik dengan membuka galang dana di WeCare atau menyalurkan dana yang dimiliki untuk menolong saudara-saudara yang tengah membutuhkan. Kamu bisa melihat detailnya di laman WeCare patients di aplikasi We Care. Unduh sekarang juga melalui App Store atau Play Store, ya.  

download_app

Referensi: 

Tartila Aryani. 2019. Cara Efektif Sebarkan Galang Dana Lewat Media Sosial. https://blog.kitabisa.com/cara-efektif-sebarkan-galang-dana-lewat-media-sosial/

Nita Hidayati. 2019. Bagaimana Cara Efektif Memberikan Donasi untuk Korban Bencana? https://www.beritabaik.id/read?editorialSlug=indonesia-baik&slug=1545885668815-bagaimana-cara-efektif-memberikan-donasi-untuk-korban-bencana

Versatile Holiday Lado. 2020. Cara Menggalang Donasi Menggunakan Media Sosial Instagram LIVE. https://tirto.id/cara-menggalang-donasi-menggunakan-media-sosial-instagram-live-fkAE.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *