Menanam Pohon: Kegiatan Ngabuburit yang Bermanfaat

Menanam Pohon: Kegiatan Ngabuburit yang Bermanfaat

Ngabuburit merupakan aktivitas yang biasa dilakukan di bulan Ramadan untuk mengunggu waktu berbuka puasa. Beragam kegiatan bisa dilakukan sambil menunggu adzan Maghrib berkumandang. Jika biasanya kamu habiskan waktu ngabuburit dengan main game atau nonton, bagaimana kalau kamu coba kegiatan lain yang tak hanya bisa membuang rasa bosan tapi juga bermanfaat, yaitu menanam pohon.

Klik Untuk Donasi - Bantu Orangutan Kalimantan Kembali ke Habitatnya
  1. Terdanai Rp.12,701,581
  2. Pencapaian 12.10%
  3. Donatur 94

Manfaat Menanam Pohon

Menanam pohon adalah salah satu kegiatan ngabuburit yang bisa dilakukan di rumah bersama anggota keluarga lainnya. Kita tahu bahwa pohon penting bagi kehidupan kita dalam banyak hal. Yang tentunya sudah jelas yaitu menghasilkan oksigen dan menyerap karbon dioksida yang dapat membantu untuk melindungi atmosfer kita. Namun selain itu ada lagi manfaat yang bisa kita dapatkan dari menanam pohon, termasuk manfaat untuk kesehatan mental. Berikut manfaat menanam pohon yang bersumber dari laman situs the Bowling Green Kentucky.

Manfaat Sosial

  • Pohon membuat hidup lebih baik. Telah terbukti bahwa menghabiskan waktu di antara pepohonan dan ruang hijau mengurangi jumlah stres yang kita bawa dalam kehidupan sehari-hari.
  • Pasien rumah sakit telah terbukti pulih dari operasi lebih cepat ketika kamar rumah sakit mereka memiliki pemandangan pepohonan.
  • Anak-anak telah terbukti bisa mengingat lebih banyak informasi yang diajarkan di sekolah jika mereka menghabiskan sebagian waktu mereka di luar ruangan di ruang hijau.

Manfaat Komunal

  • Meskipun kamu memiliki pohon di rumahmu, tetanggamu juga akan dapat memanfaatkannya.
  • Jalanan dengan jajaran pepohonan memiliki efek menenangkan lalu lintas, lalu lintas bergerak lebih lambat dan aman.
  • Pepohonan dapat ditempatkan untuk menyaring pemandangan atau kebisingan yang tidak diinginkan dari jalan raya yang sibuk.
  • Pohon dapat melengkapi arsitektur atau desain bangunan atau seluruh lingkungan.

Manfaat Lingkungan

  • Pohon menawarkan banyak manfaat lingkungan.
  • Pepohonan mengurangi efek pulau panas perkotaan atau urban heat island effect melalui pendinginan evaporasi dan mengurangi jumlah sinar matahari yang mencapai tempat parkir dan bangunan. Hal ini khususnya berlaku di area dengan permukaan kedap air yang besar, seperti tempat parkir toko dan kompleks industri.
  • Pohon meningkatkan kualitas udara kita dengan menyaring debu dan polutan berbahaya seperti ozon, karbon monoksida, dan sulfur dioksida dari udara yang kita hirup.
  • Pohon mengeluarkan oksigen yang kita butuhkan untuk bernafas.
  • Pohon mengurangi jumlah limpasan air hujan, yang mengurangi erosi dan polusi di saluran air kita dan dapat mengurangi efek banjir.
  • Banyak spesies satwa liar bergantung pada pohon untuk habitatnya. Pohon menyediakan makanan, perlindungan, dan rumah bagi banyak burung dan mamalia.

Manfaat Ekonomi

  • Nilai rumah yang tertata rapi dengan pepohonan dewasa yang sehat bisa mencapai 10% lebih tinggi daripada rumah serupa tanpa atau sedikit lansekap. 

Jenis Pohon yang Cocok Ditanam di Depan Rumah

Mungkin halaman rumah kamu tidak begitu luas, tapi itu bukan berarti kamu tidak bisa menanam pohon. Ada beberapa jenis pohon yang bisa kamu tanam di halaman depan rumahmu. Berikut saran dari laman situs Dekoruma.

Bantu Petani untuk Ketahanan Pangan Negeri

1. Pohon Palem

Jenis pohon palem yang cocok untuk suhu tropis seperti Indonesia adalah pohon palem ekor tupai, palem kipas, palem botol, juga palem kuning atau merah. Menanam pohon ini di halaman akan mempercantik rumahmu. Tak hanya cantik, pohon ini juga bisa membuat suasana rumahmu jadi asri dan segar dengan warna hijaunya.

2. Pohon Mangga

Mungkin pohon mangga adalah salah satu jenis pohon yang banyak ditanam di halaman rumah masyarakat Indonesia. Pohon ini memiliki batang yang kokoh serta daunnya yang rimbun. Selain mempunyai halaman yang hijau asri, dengan menanam pohon ini kamu akan mendapatkan buah mangga yang manis juga.

3. Pohon Kamboja

Pohon ini identik dengan Bali. Menanam pohon kamboja di halaman rumahmu akan mempercantik taman dengan bunganya yang warna-warni, selain tentunya warna hijau dari daunnya yang meneduhkan. 

4. Bunga Kembang Sepatu

Dikenal dengan nama bunga Hibiscus Rosa, bunga kembang sepatu mempunyai warna yang beragam, dari kuning, merah juga putih. Halaman rumah dijamin terlihat indah dan segar karena warna-warni bunganya.  Menanam pohon bunga kembang sepatu tak hanya bagus untuk halaman tapi juga bermanfaat untuk kesehatan. Dari akar sampai kelopak bunga memiliki manfaat kesehatan, seperti mencegah tekanan darah tinggi, memperlancar peredaran darah sampai berfungsi sebagai tonik.

5. Pohon Pinus

Kalau rumahmu berada di perkotaan yang suhunya dingin, menanam pohon pinus akan mengingatkanmu pada hutan hijau yang adem. Pohon ini juga tidak memerlukan perawatan yang banyak. Hanya perlu dirapikan secara berkala. 

Menanam pohon bisa menjadi kegiatan ngabuburit yang mengasyikkan dan tentunya bermanfaat. Oh iya, selain menanam pohon, kamu bisa ngabuburit sambil meluangkan waktu dengan membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit. Cukup download aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Klik Untuk Donasi - 1000 Rupiah untuk Penanaman 1 Bibit Pohon
  1. Terdanai Rp.14,000
  2. Pencapaian 0.17%
  3. Donatur 4

Referensi

Benefits of Planting Trees. (2019). Diambil kembali dari bgky.org.
Cambron, T. (2020). Impacts of Trees on Mental Health. Diambil kembali dari Canopy.org.
Kania. (2018). 10 Jenis Tanaman Terbaik Untuk Halaman Rumah Kesayangan. Diambil kembali dari dekoruma.com.Suttie, J. (2019). Why Trees Can Make You Happier. Diambil kembali dari greatergood.berkeley.edu.