Mari Tetap Rayakan Kebaikan Saat Pandemi Covid-19

Mari Tetap Rayakan Kebaikan Saat Pandemi Covid-19

Ramadan kembali menyertai kita. Bulan paling suci dalam kalender Islam dan merupakan waktu untuk melakukan refleksi keagamaan, beramal, dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Ini adalah kesempatan tahunan kita untuk terhubung dengan Allah (SWT), iman kita, dan komunitas, dengan cara yang lebih mendalam. Bulan ini juga merupakan bulan di mana kita bisa belajar Al-Qur’an, berefleksi, sambil memberikan kebaikan dengan cara berbagi berkah kepada mereka kurang beruntung dari diri kita.

BANTU SEDEKAH MAKAN SANTRI PENGHAFAL QUR’AN

Nabi (SAW) bersabda: “Jangan tunda sedekah karena sedekah menghalangi kita dari malapetaka.” (Tirmidzi)

Namun, Ramadan sekarang masih dirayakan dalam suasana pandemi Covid-19. Selama Ramadan orang-orang puasa, beribadah, melakukan kebaikan, tetapi semuanya harus mengikuti aturan untuk menjaga diri, orang yang kita cintai, dan lingkungan kita. Meskipun masih dalam suasana pandemi Covid-19, kita masih bisa merayakan kebaikan. Ada banyak yang kita bisa lakukan pada sesama.

Merayakan Kebaikan di Tengah Pandemi Covid-19

Ada banyak kebaikan yang bisa kita lakukan di tengah pandemi Covid-19 ini, selain tentunya melakukan ibadah amaliah lainnya, seperti sholat tarawih atau membaca Al-Quran. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Menjadi Sukarelawan

Menjadi sukarelawan mendatangkan kegembiraan di hati seseorang. Memang, itu adalah perbuatan yang sangat bermanfaat yang membuat kita lebih dekat dengan Tuhan. Di samping itu, perbuatan yang satu ini juga membuat kita merasa secara positif menjadi bagian dari sesuatu yang lebih besar. Ada jutaan cara untuk mengulurkan tangan, jadi mengapa tidak mulai hari ini. Kita bisa menjadi sukarelawan membantu orang miskin atau seseorang yang mengalami masa-masa sulit karena pandemi Covid-19. Perbuatan baik ini akan memberi kita banyak berkah. Meskipun penting untuk tidak mementingkan diri sendiri dan berbuat baik sepanjang tahun, membantu seseorang selama bulan suci Ramadan memang merupakan tindakan kebaikan yang besar.

2. Mengikuti Prosedur Kesehatan

Mengikuti prosedur kesehatan merupakan salah satu perbuatan baik yang bisa kita lakukan selama pandemi Covid-19 ini. Saat akan sholat, harap ikuti pedoman yang berlaku di masjid setempat, yaitu dengan menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan dahulu sebelumnya. Hindari kerumunan, seperti berbuka puasa bareng teman di luar. Kita bisa saja menjadi pembawa virus dan membawanya ke rumah hingga menularkan pada orang tua kita yang rentan terkena virus ini. Meskipun kita telah divaksin, tetap ikuti prosedur kesehatan karena tidak ada vaksin yang 100% efektif dan dibutuhkan dua dosis dan waktu untuk membangun kekebalan yang baik.

3. Membersihkan Rumah

Selama Ramadan kita membersihkan pikiran dan tubuh, jangan lupa juga untuk membersihkan rumah kita. Kumpulkan barang-barang yang sudah tidak terpakai dan donasikan ke orang-orang yang membutuhkan atau institusi yang tepercaya. Ini adalah kebaikan yang mudah untuk dilakukan.

Klik Untuk Donasi - Akibat Derita Gagal Ginjal Kronis, Ratu Harus Rutin Jalani Cuci Darah Seminggu 2x
Gagal Ginjal Kronis, CKD-MBD, Hiper...
Ratu Syadiah
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.570,000
  2. Pencapaian 9.55%
  3. Donatur 11

4. Membeli Produk Lokal dan Kurangi Penggunaak Plastik Sekali Pakai

Di saat pandemi Covid-19 ini salah satu kebaikan yang bisa kita lakukan adalah dengan membantu para produsen lokal. Caranya yaitu dengan membeli produk mereka. Ini akan membantu perekonomian mereka yang pastinya terdampak karena adanya pembatasan-pembatasan yang diberlakukan oleh pemerintah. Oh iya, jangan lupa untuk membawa tas yang dapat digunakan kembali untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai saat belanja.

5. Memberi Bantuan Uang atau Sembako Kepada Mereka yang Terdampak Langsung

Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang luas, hampir di semua bidang. Beberapa profesi yang terdampak langsung, di antaranya, supir ojek online, pedagang makanan, supir taksi, pemulung, office boy hingga tukang sampah. Kemungkinan mereka mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan mereka di bulan Ramadan ini. Kita bisa memberikan bantuan uang atau sembako untuk meringankan beban mereka juga memberikan kebahagian pada mereka di bulan suci ini.

6. Membagikan Masker

Anjuran pemerintah adalah untuk tetap memakai masker saat beraktivitas demi memutus mata rantai penularan. Masker ini diwajibkan bagi yang sakit juga yang sehat. Selain melindungi diri, memakai masker juga melindungi orang lain karena mungkin saja kita menjadi pembawa virus. Namun banyak yang masih banyak yang tidak menggunakan masker contohnya para pedagang kecil atau pemulung. Kita bisa membantu mereka dengan membagikan masker serta hand sanitizer pada mereka. Kebaikan ini tampaknya kecil tapi dampaknya besar. Kita ikut membantu pemerintah mengatasi penyebaran Covid-19.

7. Jadi Inisiator dengan Mengajak Para Donatur untuk Menyumbang

Ini adalah kebaikan lainnya yang bisa kita lakukan, yaitu mengajak para donatur untuk mendonasikan harta mereka untuk membantu mereka yang kurang mampu. Ini bisa kita lakukan dengan membantu menyebarkan informasi untuk berdonasi. Misalnya, kita bisa membagikan informasi mengenai organisasi amal yang membantu para pasien tidak mampu seperti yang dilakukan oleh Wecare.id. Kita ajak para donatur untuk menjadi donatur tetap atau berdonasi pada pasien-pasien yang sekarang ini sedang membutuhkan dana bagi perawatan mereka. Tindakan kebaikan ini pastinya tak hanya membuat penerima donasi merasa senang, tapi juga para donaturnya. Ini karena menurut penelitian dampak dari berbagi itu bisa membuat orang menjadi bahagia.  

Meskipun masih dalam suasana pandemi Covid-19, kita tetap bisa rayakan kebaikan di bulan suci ini dengan beberapa perbuatan baik seperti yang disebutkan di atas. Sambil berpuasa menahan lapar dan haus, jangan lupa untuk meluangkan waktu dengan membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit. Cukup download aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Klik Untuk Donasi - Segerakan Fidyah Menyambut Ramadan, Bantu Saudara Miskin & Tak Mampu
  1. Terdanai Rp.11,900,000
  2. Pencapaian 1.56%
  3. Donatur 17

Referensi

5 Ways To Have A Harmonious Ramadan 2021. (2021). Diambil kembali dari greenhope.co.
Ramadan during COVID-19 – vaccinations and changes to lockdown restrictions. (2021). Diambil kembali dari buckinghamshire.gov.uk.Sintarini, T. (2020). 8 Kebaikan yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Sesama Saat Pandemi Corona. Diambil kembali dari popbela.com.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *