Inilah Sederet Manfaat Berbagi di Bulan Ramadan

Inilah Sederet Manfaat Berbagi di Bulan Ramadan

Selama bulan Ramadan, puasa dan beramal adalah wajib bagi umat Islam yang mampu melakukannya. Puasa dari matahari terbit hingga terbenam merupakan representasi dari pembersihan spiritual, upaya untuk menjadi lebih dekat dengan Tuhan, dan upaya untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang penderitaan manusia. Umat ​​Muslim diingatkan untuk bermurah hati dan meningkatkan aktivitas amal mereka. Alhasil, selama Ramadan, banyak amal yang dilakukan masyarakat. Berbagi biasanya difokuskan pada pemberian kepada mereka yang dilanda kemiskinan dan kelaparan. 

Klik Untuk Donasi - Zakat Fitrah Ramadhan untuk Saudara Dhuafa
  1. Terdanai Rp.2,212,000
  2. Pencapaian 0.22%
  3. Donatur 30

Apa manfaat berbagi di bulan Ramadan?

Manfaat berbagi di bulan Ramadan tak hanya untuk akhirat kita nanti tapi juga untuk kesehatan kita sekarang. Berikut ini rangkuman manfaat dari berbagi.

1. Bersedekah menyelamatkan kita dari malapetaka

Nabi Muhammad (SAW) berkata:

“Beri sedekah tanpa penundaan, karena itu menghalangi malapetaka” (Al-Tirmidzi)

Jika masa lalu kita penuh dengan insiden dan kecelakaan, yang telah menyebabkan banyak masalah bagi kita, inilah tiket kita. Sekarang, kita tahu apa yang harus dilakukan, bukan? Jika ingin diselamatkan dari malapetaka jangan lupa untuk bersedekah. Kita bisa berbagi di bulan Ramadan ini dengan mereka yang membutuhkan pangan ataupun pengobatan.

2. Memberi sedekah memberi berkah bagi kekayaan seseorang

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Harta tidak akan berkurang dengan memberi dengan bersedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf Allah pasti akan menambahkan kewibawaan baginya.” (HR Muslim, no. 2588)

Apa artinya kekayaan tidak berkurang? Imam Nawawi menjelaskan dalam karyanya ‘Syarh Shahih Muslim’, bahwa: “Para ulama menyebutkan bahwa itu berarti dua hal: Pertama, kekayaan akan diberkati dan dilindungi dari bahaya. Dengan demikian pengurangan akan ditutupi dengan berkat ini. Kedua, jika ternyata kekayaan terlihat berkurang, pengurangan ini akan ditutupi oleh pahala bersedekah, dan pahala memang akan berlipat ganda sampai berkali-kali.” Karena itu jangan takut berkurang harta dengan berbagi di bulan Ramadan.

#RayakanKebaikan di Bulan Penuh Kemenangan!

3. Orang yang bersedekah akan merasa damai dan bahagia di dalam hatinya

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan contoh yang baik tentang orang yang murah hati dan kikir sebagai berikut:

“Perumpamaan orang kikir dengan pemberi sedekah yaitu seperti contoh dua orang yang mempunyai dua jubah besi yang menutupi dari dada sampai tulang selangka; dan saat pemberi sedekah memberi amal, jubah tadi akan meluas sampai menutupi seluruh tubuhnya sedemikian rupa sehingga menyembunyikan ujung jarinya dan menutupi jejak kakinya (melenyapkan jejaknya). Sementara orang kikir dia akan merasakan jubah besinya menempel erat pada kulitnya, dia mencoba untuk melebarkan jubahnya, tetapi tidak menjadi lebar.” (HR Bukhari dalam hadits no. 1443)

4. Rezeki menjadi semakin lancar

Saat kita berbagi harta yang kita miliki dengan orang lain, tanpa kita sadari, rezeki akan lebih lancar mengalir pada kita. Rezeki itu tidak melulu dalam bentuk harta, bisa juga kemudahan yang datang pada kita. 

5. Memberi meningkatkan kerja sama dan hubungan sosial

Ketika berbagi di bulan Ramadan, kita cenderung akan menerima kembali: Beberapa studi, termasuk studi yang dilakukan oleh sosiolog Brent Simpson dan Robb Willer, telah menyarankan bahwa ketika kita memberi kepada orang lain, kemurahan hati kita kemungkinan besar akan dihargai oleh orang lain di kemudian hari, terkadang oleh orang yang kita beri, terkadang oleh orang lain.

Pertukaran ini mempromosikan rasa percaya dan kerja sama yang memperkuat ikatan kita dengan orang lain, dan penelitian telah menunjukkan bahwa memiliki interaksi sosial yang positif adalah pusat dari kesehatan mental dan fisik yang baik. 

6. Berbagi baik untuk kesehatan kita 

Berbagai studi telah mengaitkan berbagai bentuk kemurahan hati dengan kesehatan yang lebih baik, bahkan di antara orang sakit dan lanjut usia. Dalam bukunya Why Good Things Happen to Good People, Stephen Post, seorang profesor pengobatan pencegahan di Stony Brook University, melaporkan bahwa memberi kepada orang lain telah terbukti meningkatkan manfaat kesehatan pada orang dengan penyakit kronis, termasuk HIV dan multiple sclerosis.

7. Meningkatkan Sistem Imun

Nyatanya berbuat baik dengan cara berbagi di bulan Ramadan ini dapat memberi manfaat kesehatan pada tubuh secara keseluruhan. Ini terjadi sebab sistem imunitas kita lebih terjaga. Karena dengan berbagi dan membantu orang lain, risiko orang untuk terkena depresi dan stres akan lebih kecil. Ketika pikiran kita jadi positif, tentunya akan berpengaruh pada sistem imun kita dan membuat kita jadi tak mudah sakit. 

Berbagi di bulan Ramadan tak hanya memberikan manfaat untuk harta dan akhirat tapi juga untuk kesehatan kita. Jika ingin berbagi dengan sesama yang membutuhkan, jangan lupa untuk meluangkan waktu untuk sebarkan aura positif dengan luangkan waktu membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit.

Itulah beberapa bentuk amal yang bisa kamu lakukan di bulan Ramadan ini. Sambil kamu #RayakanKebaikan, yuk unduh jurnal kebaikan gratis dari WeCare.id ini untuk menemani perjalanan kebaikan kamu! 

Jangan lupa juga untuk unduh jadwal Ramadhan 2021 disini yaaa!

Kamu juga bisa berdonasi lebih mudah melalui aplikasi WeCare.id. Caranya, download aplikasi WeCare.id di ponselmu. Donasi yang kamu berikan tentu sangat berharga untuk teman-teman yang membutuhkan.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

Farooq, M. (2020). The Importance of Charity in Islam. transparenthands.org.
Inilah manfaat sedekah. (2018). lazismudiy.or.id.
Suttie, J. & Marsh, J. (2010). 5 Ways Giving Is Good for You. greatergood.berkeley.edu.
Pentingnya Berbagi dengan Sesama di Bulan Ramadhan. (2020). halodoc.com.
Purnama, Y. (2015). Dahsyatnya Sedekah di Bulan Ramadhan. muslim.or.id.The Power of Shadaqa (Giving charity) in The Month of Ramadan. (2020). whatisquran.com.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *