Fakta Menarik Asparagus yang Tak Banyak Diketahui

Fakta Menarik Asparagus yang Tak Banyak Diketahui

Pernah mendengar fakta menarik tentang asparagus? Asparagus merupakan tanaman herba yang termasuk dalam keluarga Asparagaceae. Berasal dari Eropa, Afrika Utara dan Asia Barat, tetapi saat ini tanaman bisa ditemukan di seluruh dunia. Asparagus tumbuh di iklim sedang. Asparagus yang berasal dari kata Persia, asparag, yang berarti tunas, adalah tunas muda atau rebung yang berwarna hijau dan berbentuk ramping, memiliki sedikit warna ungu di ujungnya. Masih ada fakta lainnya tentang asparagus. Yuk simak.

Ibu Karsinah Alami Diabetes Hingga Kakinya diAmputasi Akibat Luka Membusuk

1. Asparagus tersedia dalam berbagai warna berbeda

Fakta menarik pertama yaitu asparagus bisa berwarna hijau, putih atau ungu. Tunas berwarna putih tumbuh di bawah tanah, tanpa paparan sinar matahari (yang penting untuk aktivasi pigmen pada tanaman). Varietas ungu dibuat secara artifisial, yaitu asparagus yang diubah secara genetik, tetapi warnanya berubah menjadi hijau ketika dimasak.

2. Asparagus telah digunakan sebagai obat sejak zaman kuno

Selain itu fakta menarik tentang asparagus lainnya yaitu ternyata deskripsi tentang asparagus paling awal ditemukan di dekorasi dinding Mesir yang berasal dari 3.000 SM. Dokter dan dokter gigi cukup langka pada zaman Yunani Kuno, tetapi orang Yunani percaya asparagus menyembuhkan sejumlah penyakit mulai dari sakit gigi sampai penyakit jantung.

3. Punya efek “asparagus pee”

Ada juga fakta menarik lainya tentang tumbuhan ini. Efek asparagus pada bau urin sudah terkenal. “Asparagus pee” punya bau yang kuat juga khas. Tapi mayoritas orang tidak bisa mencium baunya. Menurut para ilmuwan, dibutuhkan gen khusus untuk mendeteksi bau, dan gen tersebut hanya dimiliki oleh 25 persen populasi.

Ayo Bantu WeCare.id Kirim Donasi ke Seluruh Nusantara!

4. Asparagus adalah afrodisiak yang kuat

Fakta menarik asparagus ini mungkin perlu diketahui oleh pasangan suami istri. Asparagus dianggap bagus untuk kehidupan seks. Selama berabad-abad tumbuhan ini telah dianggap sebagai afrodisiak yang kuat. Selain bentuk lingganya, asparagus membangkitkan gairah baik pria maupun wanita. Ini karena jumlah kandungan vitamin E yang banyak yang merangsang produksi hormon seks.

5. Bagus untuk yang berencana hamil

Jika berencana untuk hamil, fakta menarik asparagus ini harus kamu ketahui. Asparagus adalah sayuran yang bagus untuk kamu konsumsi. Asparagus adalah sumber vitamin C berkualitas tinggi, yang menjaga sperma tetap sehat, serta meningkatkan volume dan mobilitasnya.

6. Tiongkok produsen asparagus terbesar di dunia

Tiongkok merupakan produsen asparagus terbesar di dunia sejauh ini. Meskipun terjadi penurunan produksi, negara ini masih memiliki 57.000 hektar asparagus. Pesaing terdekat berikutnya adalah Peru. Negara ini memiliki produksi asparagus sekitar 27.000 hektar, sementara Jerman berada di belakang dengan 22.000 hektar. Amerika Serikat menempati urutan kelima dengan sekitar 14.400 hektar, hampir semuanya berada di California, Washington dan Michigan.

Klik Untuk Donasi - Peduli Banjir Sulawesi Selatan
  1. Terdanai Rp.0
  2. Pencapaian 0.00%
  3. Donatur 0

7. Asparagus putih bukan varietas genetik

Ini fakta menarik tentang asparagus putih. Warna putih karena kekurangan pigmen pada batang asparagus yang albino diakibatkan oleh ketiadaan sinar matahari. Para petani menumpuk tanah di atas batang yang muncul dan memotongnya dari bawah untuk menghasilkan batang baru yang berwarna putih. Di sisi lain, asparagus ungu merupakan varietas genetik. Tapi jangan terlalu senang karena warnanya akan berubah menjadi hijau saat dimasak.

8. Diperlukan banyak usaha untuk memanen asparagus putih

Setiap batang dipetik dengan tangan tepat saat ujungnya mulai terlihat di atas permukaan tanah. Para petani dengan hati-hati menggali di sekitar tiap batang hingga kedalaman sembilan inci dan memotongnya di pangkalnya. Batang ini harus segera ditempatkan di kotak gelap agar tetap putih. Menariknya, asparagus putih berubah menjadi merah muda saat terkena sinar matahari.

9. Asparagus sangat rendah kalori

Asparagus kalorinya sangat rendah sekali sekitar 20 per porsi, yaitu lima batang, tidak mempunyai lemak, serta rendah natrium. Tanaman ini dapat dikonsumsi mentah maupun dimasak. Akan tetapi waktu memasak ternyata memengaruhi manfaat kesehatan. Sebuah studi 2011 yang diterbitkan dalam Food Chemistry meneliti blancing (memasak asparagus sebentar dalam air mendidih) dan mendapati perbedaan yang mencolok pada asparagus bergantung pada berapa lama sayuran itu terendam. Secara umum, semakin lama asparagus direbus, semakin banyak nutrisi yang hilang. Namun memasaknya dalam waktu yang terlalu singkat batangnya akan keras.

10. Orang Yunani dan Romawi memakannya mentah

Orang Yunani dan Romawi memakan asparagus mentah saat musimnya dan mengeringkan sayuran untuk digunakan di musim dingin. Epikuros Romawi bahkan membekukannya tinggi-tinggi di Pegunungan Alpen, untuk Pesta Epicurus. Kaisar Augustus menciptakan “Asparagus Fleet” untuk mengangkut sayuran, dan menciptakan ungkapan “lebih cepat daripada memasak asparagus.”

Fakta menarik tentang asparagus di atas sebagian cukup unik juga. Sambil memasak asparagus untuk hidangan hari ini, jangan lupa juga untuk meluangkan waktu dengan membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit. Cukup download aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Kamu juga bisa berdonasi lebih mudah melalui aplikasi WeCare.id. Caranya, download aplikasi WeCare.id di ponselmu. Donasi yang kamu berikan tentu sangat berharga untuk teman-teman yang membutuhkan.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

Asparagus Facts. (2015). softschools.com.
Barth, B. (2014). 10 Surprising Facts About Asparagus. modernfarmer.com.
Colthorpe, J. (2014). 10 things you didn’t know about asparagus. thelocal.de.Szalay, J. (2018). Asparagus: Health Benefits, Risks (Stinky Pee) & Nutrition Facts. livescience.com.

Sumber Featured Image : Aphiwat chuangchoem dari Pexels

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *