Berikut Ini Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadan

Berikut Ini Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadan

Bulan suci Ramadan adalah peristiwa yang setahun sekali dan dinantikan oleh umat. Bulan ini dimaksudkan oleh Allah untuk membantu kita mengisi ulang baterai spiritual kita dan dengan demikian mempersiapkan kita untuk misi besar mewujudkan kehendak-Nya di bumi.

Klik Untuk Donasi - Traktir Makan Saudara Tidak Mampu di Bulan Ramadhan
  1. Terdanai Rp.15,683
  2. Pencapaian 0.00%
  3. Donatur 2

Oleh karena itu, untuk mendapatkan manfaat dari bulan suci Ramadan, sebaiknya kita mempersiapkannya dengan membuka hati dan pikiran untuk menerimanya. Berikut ini ada beberapa persiapan untuk menyambut bulan suci Ramadan yang sudah kita rangkum dari beberapa sumber.

1. Puasa

Melakukan puasa sebelum puasa bulan suci Ramadan? Jika mengalami sakit atau ada alasan lainnya sehingga harus melewatkan beberapa puasa pada Ramadan sebelumnya, inilah kesempatan untuk mengganti puasa tersebut. Cukup puasa untuk waktu saat tidak berpuasa saja. Namun meskipun kita berhasil menyelesaikan puasa sebulan penuh, kita tetap masih bisa menjalankan puasa sunnah untuk kesehatan. Sampah yang terus kita makan sepanjang tahun terakumulasi ke dalam sel tubuh kita, dalam bentuk racun. Puasa pasti akan membantu kita membuang racun ini, dan berkontribusi menjadi transformasi yang luar biasa dalam hidup kita. Lebih dari apapun ini adalah masalah mengontrol nafsu kita dan puasa sebelum Ramadan pasti akan memberi kita kendali itu.

2. Bertobat dan berdoa untuk Ramadan yang lebih baik

Terkadang kita melihat taubat sebagai tindakan yang harus dilakukan setelah kita melakukan dosa besar, ketika kita diharuskan untuk melakukan langkah-langkah yang ditentukan untuk taubat, dan melakukan salat sunnah seperti salat taubat atau melakukan perubahan besar dalam hidup kita. Tetapi kenyataannya adalah pertobatan kepada Tuhan adalah hal yang konstan dan konsisten yang perlu kita lakukan karena kita hanya manusia, dan dosa adalah hal yang tidak bisa dihindari. Taubat adalah pokok dalam ibadah kita sehari-hari baik besar maupun kecil, (mulai dari salat dan doa yang kita lantunkan sampai istighfar yang kita ucapkan selama zikir), dan ketika memasuki bulan suci Ramadan, adalah hal yang wajar untuk memperkuat perbuatan taubat kita.

Ingatlah bahwa kita dapat dan harus selalu meminta pertolongan Tuhan dengan melantunkan doa berulang agar di bulan suci Ramadan tahun ini, kita dapat menjadi manusia yang lebih baik, agar kebiasaan baik kita terus berlanjut, dimudahkan untuk melakukan salat sunnah dan perbuatan baik, dan menjadi refleksi diri daripada hanya membiarkan bulan suci Ramadan berlalu begitu saja. 

3. Meningkatkan kualitas ibadah kita saat ini

Pada bulan suci Ramadan, terkadang kita bisa terjebak dalam melakukan hal-hal yang sunnah (seperti sholat tarawih atau lebih banyak membaca Alquran), tapi kita lupa bahwa kita bisa dan harus memperbaiki dasar-dasar salat wajib kita. Baik itu bangun untuk melakukan subuh tepat waktu atau memastikan kita tidak menunda salat, membaca surah Alquran yang lebih panjang saat salat atau bahkan mungkin hanya berusaha untuk lebih konsentrasi dan hadir selama kita salat.  Semua ini adalah cara untuk meningkatkan ibadah kita dan karena itu adalah cara kita berhubungan dengan Allah SWT.

Segerakan Fidyah Menyambut Ramadan, Bantu Saudara Miskin & Tak Mampu

4. Lakukan ibadah ekstra

Cara untuk meningkatkan ibadah kita di antaranya dengan melakukan ibadah sunnah. Untuk melakukan hal ini bisa dimulai dengan perubahan kecil. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk dipertahankan dan dibangun saat bulan suci Ramadan datang dan pergi. Ada beberapa yang bisa dilakukan, seperti membaca Alquran. Ini adalah hal yang mendasar bagi setiap muslim dan umum dilakukan selama bulan suci Ramadan. Ada yang berusaha untuk menyelesaikan seluruhnya tapi bisa juga kita memilih untuk membacanya di mulai dari sekarang satu halaman sehari, atau membaca salah satu surah pendek, atau membaca dan mencari pengetahuan tentang makna di balik surat atau ayat utama. Semua itu bagus untuk dilakukan.

5. Membereskan dan mendonasikan barang yang tidak digunakan

Sambut bulan suci dengan amalan yang baik. Pergi ke lemari pakaian dan mulailah mengatur ulang. Ambil semua pakaian yang sudah lama tidak dipakai dan sisihkan yang masih bagus tetapi sudah tidak digunakan. Ingat bulan suci Ramadan adalah bulan kebaikan dan kemurahan hati, jadi berusahalah sebaik mungkin untuk memberikan pakaian yang tidak lagi dipakai kepada mereka yang membutuhkan. Memberi dengan kemurahan hati.

Itulah persiapan yang bisa dilakukan untuk menyambut bulan suci Ramadan. Kita bisa memulainya dengan meluangkan waktu untuk sebarkan aura positif dengan luangkan waktu membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit.

Kamu juga bisa berdonasi lebih mudah melalui aplikasi WeCare.id. Caranya, download aplikasi WeCare.id di ponselmu. Donasi yang kamu berikan tentu sangat berharga untuk teman-teman yang membutuhkan.

Itulah beberapa bentuk amal yang bisa kamu lakukan di bulan Ramadan ini. Sambil kamu #RayakanKebaikan, yuk unduh jurnal kebaikan gratis dari WeCare.id ini untuk menemani perjalanan kebaikan kamu! 

Jangan lupa juga untuk unduh jadwal Ramadhan 2021 disini yaaa!

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

Anjakestner. (2020). Ramadan preparation checklist and tips. blog.helpling.ae.
Kutty, A. (2020). What Are Some Practical Ramadan Preparation Tips? aboutislam.net.
Mokhtar, A. (2019). Pre-Ramadan Checklist: 10 Tips To Get Ready For The Holy Month. havehalalwilltravel.com.Usama, M. (2021). How to prepare for Ramadan 2021? transparenthands.org.

Sumber Featured Image : Ali Arapoğlu dari Pexels

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *