7 Khasiat Buah Apel yang Bisa Menjauhkan Penyakit

7 Khasiat Buah Apel yang Bisa Menjauhkan Penyakit

Pernah dengar pepatah “an apple a day keeps the doctor away?” Menurut pepatah ini khasiat buah apel bisa menjauhkan kamu dari dokter, alias menjauhkan kamu dari penyakit. Ternyata pepatah ini masih berlaku hingga sekarang. Buah yang tersedia dalam bermacam warna, rasa dan tektur ini memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan.

Sajikan Makanan Buka Puasa dan Sahur untuk Saudara Sebangsa

Daftar isi:

  1. 1. Fakta Nutrisi Buah Apel
  2. 2. Khasiat Buah Apel untuk Kesehatan

Fakta Nutrisi Buah Apel

Sebelum membahas mengenai khasiat buah apel, berikut ini adalah informasi nutrisi buah apel untuk satu apel ukuran sedang, sekitar 182g dengan diameter sekitar 7,7 cm menurut USDA, Kementerian Pertanian Amerika Serikat.

  • Kalori: 95
  • Lemak: 0,3g
  • Sodium: 1.8mg
  • Karbohidrat: 25g
  • Serat: 4.4g
  • Gula: 18.9g
  • Protein: 0,5g

Khasiat Buah Apel untuk Kesehatan

Tak hanya lezat, buah apel yang banyak disukai ini juga memiliki beragam khasiat untuk kesehatan. Berikut ini adalah khasiat buah apel yang tak bisa diremehkan yang dirangkum dari beberapa sumber.

1. Dapat menurunkan kolesterol

Khasiat buah apel yang pertama adalah untuk menurunkan kolesterol. Dalam buah apel terdapat kandungan pektin, yaitu serat alami yang ditemukan pada tumbuhan. Penelitian terbaru yang dilakukan para ahli dari University of Copenhagen, Denmark menemukan bahwa mengkonsumsi apel utuh yang kaya pektin mempunyai efek untuk menurunkan kolesterol pada sukarelawan yang sehat, dibandingkan dengan jus apel. Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti dari The Florida State University, Tallahassee, Amerika Serikat juga menunjukkan bahwa mengonsumsi sekitar 75g apel kering (sekitar dua buah apel) membantu menurunkan kolesterol pada wanita pascamenopause.

2. Mencegah segala jenis kanker

Senyawa fitokimia dan serat dalam apel mempunyai efek antioksidan yang dapat melindungi DNA sel dari kerusakan oksidatif, yang merupakan pendahulu kanker. Penelitian pada hewan dan sel telah menemukan bahwa senyawa kimia ini bisa mencegah pertumbuhan sel kanker baru dan penyebaran sel kanker yang sudah ada. Hasil dari penelitian pada manusia bermacam-macam, bergantung pada jenis penelitian yang dilakukan. 

Khasiat buah apel lainnya diteliti oleh para ahli dari Cornell University telah mengidentifikasi beberapa senyawa dalam kulit apel yang mempunyai aktivitas anti-pertumbuhan ampuh melawan sel kanker pada hati, usus besar, dan payudara. Penelitian mereka sebelumnya menemukan bahwa ekstrak dari apel utuh bisa mengurangi jumlah dan ukuran tumor payudara pada tikus.

Klik Untuk Donasi - Bu Een Alami Kanker Payudara, Bantuanmu Sangat di Harapkan!
Kanker Payudara
Een Endrawati
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.620,446
  2. Pencapaian 11.01%
  3. Donatur 21

3. Mendukung kesehatan jantung

Selain dua khasiat di atas, khasiat buah apel lainnya yaitu dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung dan stroke. Walaupun masih perlu dilakukan lebih banyak uji coba pada manusia, terdapat beberapa bukti yang menjanjikan yang muncul untuk komponen apel dalam penyakit kardiovaskular.

Sifat antioksidan sudah terbukti mengurangi penanda inflamasi, yang terkait dengan penyakit jantung. Polifenol dalam apel dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan tekanan darah. Sementara kandungan pektin dalam apel kemungkinan mempunyai kemampuan untuk meningkatkan asam empedu sehingga berpotensi untuk memperbaiki kadar kolesterol.

4. Membantu penderita asma

Bukti kuat tentang khasiat buah apel untuk asma ditemukan dari hasil studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Aberdeen yang menemukan bahwa diet sehat yang kaya antioksidan dan vitamin baik untuk asma. Para peneliti menemukan bahwa saat anak-anak meminum jus apel, gejala asma mereka berkurang. Pemimpin penelitian, Dr Peter Burney, percaya bahwa senyawa fitokimia dalam apel, seperti flavonoid dan asam fenolik, membantu meredakan peradangan di saluran udara.

5. Menurunkan risiko diabetes tipe 2

Efek antioksidan flavonoid dalam apel dapat melindungi sel dari kerusakan di pankreas, organ yang bertanggung jawab untuk mensekresi insulin sebagai respons terhadap kelebihan gula dalam darah. Sebuah studi epidemiologi terhadap lebih dari 38.000 wanita dalam Women’s Health Study ditemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi satu atau lebih apel sehari memiliki risiko terkena diabetes tipe 2 28% lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak makan sama sekali. 

6. Mengendalikan berat badan 

Kabar baik bagi mereka yang ingin menjaga atau menurunkan berat badan. Khasiat buah apel yang terkandung pada seratnya dapat memperlambat pencernaan, membantu seseorang merasakan kenyang yang lebih besar setelah makan. Asupan buah yang tinggi serta dengan beban glikemik rendah, khususnya apel dan pir, dihubungkan dengan peningkatan berat badan paling sedikit dari waktu ke waktu. Mengkonsumsi makanan dengan beban glikemik rendah menghasilkan lonjakan gula darah yang cenderung yang lebih sedikit dan lebih kecil. Efeknya dapat mengurangi rasa lapar nantinya dan mencegah makan berlebihan.

7. Mendukung kesehatan tulang

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa apel secara khusus memiliki efek positif. Hasil studi yang dilakukan oleh California State University menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi makanan yang terdiri dari apel segar, apel kupas, saus apel, atau tanpa produk apel kehilangan kalsium lebih sedikit dari tubuh mereka dibandingkan mereka yang tidak makan apel.

Itulah khasiat buah apel untuk kesehatan. Sambil menikmasi buah apel, jangan lupa juga untuk meluangkan waktu dengan sebarkan aura positif dengan luangkan waktu membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit.

Kamu juga bisa berdonasi lebih mudah melalui aplikasi WeCare.id. Caranya, download aplikasi WeCare.id di ponselmu. Donasi yang kamu berikan tentu sangat berharga untuk teman-teman yang membutuhkan.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Dukung WeCare.id untuk mengembangkan
konten-konten kesehatan & kebaikan yg lebih berkualitas.

WeCare.id adalah portal penggalangan dana untuk pasien-pasien yang tidak mampu. Dengan berdonasi ke WeCare.id, kamu juga turut membantu pasien-pasien di seluruh Indonesia.

KLIK UNTUK DONASI

Referensi

7 Incredible Health Benefits of Apples. (2020). readersdigest.ca.
Apples. (2019). hsph.harvard.edu.
Cervoni, B. (2020). Apple Nutrition Facts and Health Benefits. verywellfit.com.
Hayes, A. (2020). 12 impressive health benefits of apples. netdoctor.co.uk.
Shubrook, N. (2021). Top 5 health benefits of apples. bbcgoodfood.com.

Sumber Featured Image : Aphiwat chuangchoem from Pexels

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *