5 Waktu Membayar Zakat di Bulan Suci Ramadan

5 Waktu Membayar Zakat di Bulan Suci Ramadan

Bulan suci Ramadan adalah waktu untuk kontemplasi diri, pencapaian spiritual, dan berhubungan kembali dengan Yang Mahakuasa. Umat ​​uslim di seluruh dunia mencoba memanfaatkan bulan ini dengan mengikuti sholat berjamaah, membaca Alquran, bersikap baik kepada orang lain dan memberi sedekah. Salah satu jenis amal yang dikenal dengan zakat adalah wajib bagi mereka yang mampu secara finansial. 

Daftar isi:

  1. 1. Jenis zakat yang diberikan di bulan suci Ramadan
  2. 2. Kapan waktu yang tepat untuk pembayaran zakat fitrah?

Jenis zakat yang diberikan di bulan suci Ramadan

Ada dua jenis zakat, yaitu zakat mal, yang mewajibkan umat Islam untuk memberikan setidaknya 2,5% dari aset mereka kepada orang miskin dan kelaparan, dan jenis lainnya, dalam jumlah yang lebih kecil tetapi untuk tujuan yang sama, yang dikenal sebagai zakat fitrah yang harus dibayar umat Islam sebelum dimulainya Idul Fitri. 

Zakat fitrah diberikan kepada fakir miskin dan mereka yang membutuhkan di akhir bulan puasa Ramadan, terutama untuk merayakan Idul Fitri yang akan datang. Pangan atau beras umumnya digunakan sebagai tolak ukur dalam pemberian zakat fitrah. Jenis zakat ini biasa juga diberikan di saat bulan suci Ramadan.

Ramadhan Peduli Pasien Sakit 2021

Kapan waktu yang tepat untuk pembayaran zakat fitrah?

Zakat fitrah pada dasarnya bisa dibayarkan kapan saja selama masih pada pada bulan suci Ramadan. Untuk membayar zakat tersebut bisa dimulai pada hari pertama puasa hingga malam takbir menjelang hari Idul Fitri.

Bila mengikuti sejarah perintah untuk membayar zakat fitrah, waktu yang disarankan untuk membayar zakat ini adalah ketika matahari terbenam berbarengan dengan saat malam takbir Idul Fitri. Hari Raya Idul Fitri merupakan hari kemenangan untuk umat muslim. Maka di hari ini kita harus memberikan kebahagian kepada fakir miskin serta anak yatim. Caranya yaitu dengan memberikan zakat.

Arti dari zakat fitrah itu sendiri adalah membersihkan diri dalam menyambut Idul Fitri. Pemberian zakat fitrah juga dimaksudkan agar para penerima zakat juga dapat menikmati hari kemenangan ini. 

Membayar zakat fitrah sebenarnya dapat dilakukan kapan saja asalkan masih dalam bulan suci Ramadan. Akan tetapi terdapat beberapa waktu serta ketentuan untuk membayar zakat fitrah dan ini penting untuk dipahami. Melansir laman situs web Kumparan di bawah ini adalah waktu-waktu untuk membayar zakat fitrah.

Waktu Wajib atau Waktu Perlu

Adapun waktu wajib membayar zakat fitrah yaitu ketika sore hari sebelum matahari tenggelam pada akhir bulan suci Ramadan. Dengan kata lain, zakat dibayarkan sebelum malam 1 Syawal, yang biasa juga disebut malam takbiran.

Waktu Jawaz

Ini adalah waktu yang paling sering dipilih oleh umat muslim. Umumnyanya orang akan membayar zakat fitrah pada rentang waktu saat masuk bulan suci Ramadan hingga sebelum salat Hari Raya Idul Fitri.

Waktu yang Dianjurkan

Sementara itu, waktu yang dianjurkan boleh dibilang durasi waktu untuk membayar zakatnya bisa dikatakan sangat sempit. Adapun waktunya yaitu sebelum akan berangkat untuk salat Idul Fitri. Karena itu, jika berniat untuk membayar zakat di waktu ini, perlu diperhatikan waktunya agar tidak terlambat melaksanakan salat Idul Fitri.  

Waktu Makruh

Yang dikatakan waktu yang makruh yaitu pembayaran zakat fitrah yang dilaksanakan dimulai saat selesai salat Idul Fitri hingga sebelum terbenamnya matahari pada tanggal 1 Syawal.

Klik Untuk Donasi - Miris! Ibu Pina Menunggak Biaya Persalinan Buah Hatinya!
Persalinan Normal
Pina Amelia
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.1,021,000
  2. Pencapaian 100.32%
  3. Donatur 6

Waktu Haram

Waktu haram itu adalah membayar zakat fitrah setelah lewat 1 Syawal. Jika zakat fitrah dibayar di waktu haram, maka zakat yang dibayarkan terbilang qhada.

Itulah informasi mengenai pemberian zakat di bulan suci Ramadan. Sambil menghitung jumlah zakat yang harus dibayarkan, jangan lupa juga untuk meluangkan waktu dengan sebarkan aura positif dengan luangkan waktu membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit.

Kamu juga bisa berdonasi lebih mudah melalui aplikasi WeCare.id. Caranya, download aplikasi WeCare.id di ponselmu. Donasi yang kamu berikan tentu sangat berharga untuk teman-teman yang membutuhkan.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

Achmad, Y. (2012). Kapan Waktu Tepat Pembayaran Zakat Fitrah? zakat.or.id.
The Best Time to Give Zakat in Ramadan. (2020). bateel.com.
Wajib Ketahui, Ini Waktu yang Tepat untuk Membayar Zakat Fitrah. (2020). kumparan.com.Ibham, M. (2018). Do Muslims Pay Zakat only in Ramadan? globalsadaqah.com

Sumber Featured Image : Freepik.com