Waspadai 7 Tanda Haid Tidak Normal Berikut Ini

Waspadai 7 Tanda Haid Tidak Normal Berikut Ini

Pernah mengalami haid tidak normal? Apa bedanya dengan haid normal? Haid tidak normal adalah siklus menstruasi yang sangat berbeda dari siklus biasanya pada perempuan, atau dari rentang siklus menstruasi normal. Rentang normal siklus menstruasi perempuan adalah 28 hari, tetapi tiap individu memiliki rentang waktu yang bervariasi. 

Bantu Bangun Asrama Kucing Terlantar

Melacak siklus menstruasi tenyata bisa membantu untuk memahami apa kamu mengalami haid tidak normal dan mengidentifikasi perubahan penting, seperti menstruasi yang telat atau pendarahan yang tidak terduga. Lalu apa tanda-tanda haid kamu tidak normal? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Daftar isi:

  1. 1. Haid yang Terlambat
  2. 2. Terjadi Perdarahan Berat
  3. 3. Nyeri Payudara
  4. 4. Diare atau Muntah
  5. 5. Menstruasi yang Sangat Pendek atau Panjang
  6. 6. Kram perut
  7. 7. Pendarahan di antara Waktu Haid

Haid yang Terlambat

Sebagian perempuan periode menstruasinya lebih teratur daripada yang lain. Kebanyakan perempuan mengalami menstruasi tiap 28 hari sekali. Jika haid tidak normal, tiba-tiba berhenti atau terlambat, kemungkinan ada beberapa alasan. Salah satunya yaitu kehamilan. Untuk memastikan apakah kamu sedang hamil atau tidak, kamu dapat melakukan tes kehamilan.  Jika ternyata kamu tidak hamil, ada hal lain yang mungkin menjadi penyebab kamu terlambat atau tidak mengalami menstruasi. Beberapa penyebabnya, yaitu:

  • Olahraga yang dilakukan dengan intens atau terjadi penurunan berat badan yang signifikan
  • Bertambah berat badan
  • Mengkonsumsi pil KB terus menerus.
  • Menalami Sindrom ovarium polikistik 
  • Stres yang parah
  • Perimenopause

Terjadi Perdarahan Berat

Pendarahan haid yang berat bisa menjadi salah satu tanda haid tidak normal. Sekitar seperlima perempuan mengalami pendarahan haid yang berat selama menstruasi. Akibatnya mereka tak bisa melakukan aktivitas sehari-hari. Ada beberapa penyebab terjadinya perdarahan menstruasi yang berat, seperti adanya ketidakseimbangan hormon, mengalami kelainan struktur pada rahim, atau kondisi medis lainnya semisal gangguan pembekuan darah, masalah tiroid, leukemia, penyakit hati atau ginjal, komplikasi dari IUD, infeksi, dan keguguran.

Nyeri Payudara

Selama menstruasi payudaramu mungkin terasa agak sedikit lunak. Ketidaknyamanan ini adalah tanda lain dari haid tidak normal dan penyebabnya mungkin karena kadar hormon yang berfluktuasi. Kadang-kadang kamu merasakan rasa sakit yang terasa hingga ke ketiak yang di sana terdapat beberapa jaringan payudara yang dinamakan Tail of Spence. Namun bila rasa sakit yang dirasakan pada payudara itu tak sesuai dengan siklus menstruasimu, segeralah periksakan ke dokter. Walaupun biasanya nyeri payudara tidak diakibatkan oleh kanker, dalam kasus yang jarang terjadi ini bisa merupakan gejalanya.

Klik Untuk Donasi - Ukuran Kepalanya Membesar, Yuk Ulurkan Tanganmu untuk Panji!
Hidrosefalus
Panji Agung
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.5,882,500
  2. Pencapaian 51.15%
  3. Donatur 48

Diare atau Muntah

Gejala haid tidak normal yang lain adalah diare atau muntah. Biasanya beberapa perempuan mengalami sakit perut ketika menstruasi. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Manitoba, Winnipeg, Kanada, dilaporkan 73 persen perempuan mengalami diare, sakit perut, atau keduanya di saat waktu menstruasi. Bila gejala ini bukan hal yang normal bagimu, ini bisa jadi indikasi kamu mengalami radang panggul atau kondisi medis lainnya. 

Menstruasi yang Sangat Pendek atau Panjang

Lamanya menstruasi yang normal dapat berlangsung dari dua sampai tujuh hari. Mungkin waktu haid yang singkat tak menjadi kekhawatiran bila itu sudah biasa untukmu. Siklus haid yang pendek juga bisa disebabkan oleh penggunaan kontrasepsi hormonal. Selain itu, siklus bisa terganggu juga oleh menopause. Namun bila waktu haidmu jadi lebih pendek, segera tanyakan ke dokter. 

Kram perut

Kram perut atau menstruasi disebut juga dengan dismenore primer. Itu merupakan gejala PMS yang umum. Umumnya kram perut terjadi saat menjelang haid dan selama setelah mulai haid untuk beberapa hari. Kram bisa berkisar dalam tingkat keparahan dari nyeri ringan hingga nyeri ekstrem yang membuat kamu tidak dapat melakukan aktivitas biasa. Kram perut yang menjadi tanda haid tidak normal bisa disebabkan oleh penggunaan IUD, fibroid, adenomyosis, endometriosis, penyakit radang panggul juga penyakit menular seksual.

Pendarahan di antara Waktu Haid

Ada beberapa kemungkinan mengapa di antara waktu haid kamu mengalami bercak atau pendarahan. Beberapa penyebabnya bisa tidak terlalu serius, contohnya perubahan alat kontrasepsi. Penyebab perdarahan antar waktu haid yang membuatmu harus menemui dokter di antaranya:

  • Penyakit Menular Seksual (PMS) contohnya klamidia atau kencing nanah
  • Melewatkan atau mengganti pil KB
  • Cedera pada vagina (contohnya ketika berhubungan seks)
  • Penyakit radang panggul
  • Kehamilan 
  • Polip rahim atau fibroid 
  • Kehamilan ektopik atau keguguran
  • Kanker serviks, rahim, atau ovarium 
  • Perimenopause 

Kenali tanda-tanda haid tidak normal di atas agar tidak menimbulkan masalah kesehatan yang serius. Selain itu, jangan lupa untuk menunaikan kewajibannya. Selain itu, kamu bisa terus sebarkan aura positif dengan luangkan waktu membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit.

Kamu juga bisa berdonasi lebih mudah melalui aplikasi WeCare.id. Caranya, download aplikasi WeCare.id di ponselmu. Donasi yang kamu berikan tentu sangat berharga untuk teman-teman yang membutuhkan.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Dukung WeCare.id untuk mengembangkan
konten-konten kesehatan & kebaikan yg lebih berkualitas.

WeCare.id adalah portal penggalangan dana untuk pasien-pasien yang tidak mampu. Dengan berdonasi ke WeCare.id, kamu juga turut membantu pasien-pasien di seluruh Indonesia.

KLIK UNTUK DONASI

Referensi

Menstrual cycle: What’s normal, what’s not. (2015). mayoclinic.org.
Sissons, B. (2020). 12 period symptoms that should not be ignored. medicalnewstoday.com.Top 5 Common Menstrual Disorders You Need to Know About. (2020). harringtonhospital.org.

Sumber Featured Image : Sora Shimazaki dari Pexels