Inilah Obat Psoriasis Oles Untuk Masalah Kulitmu

Inilah Obat Psoriasis Oles Untuk Masalah Kulitmu

Psoriasis adalah suatu kondisi yang mengakibatkan tubuh membuat sel-sel kulit baru dalam beberapa hari, bukan berminggu-minggu. Ketika sel-sel tersebut menumpuk pada permukaan kulit, kemungkinan akan muncul bercak tebal dan bersisik. Bercak tebal dan bersisik yang berkembang di kulit tersebut disebut plak. Plak bisa muncul di mana saja, tapi kemungkinan besar plak akan menemukannya di siku, lutut, kulit kepala, dan punggung bawah. Bercak ini dalam beberapa kasus bisa terasa perih atau gatal. 

Klik Untuk Donasi - Batavia Chamber Orchestra untuk Pasien Anak Indonesia
  1. Terdanai Rp.317,850
  2. Pencapaian 2.75%
  3. Donatur 2

Obat Psoriasis Topikal 

Pengobatan psoriasis terbagi dalam 3 kategori, yaitu topikal, fototerapi dan sistemik. Obat psoriasis topikal adalah salep, krim, dan larutan yang dioleskan ke kulit. Obat topikal untuk psoriasis yang digunakan antara lain antralin, kortikosteroid, tar batubara (coal tar), vitamin D, dan retinoid.

Mengidentifikasi pengobatan yang paling efektif bisa jadi sulit. Bicaralah dengan dokter jika kamu merasa pengobatan tidak berhasil atau merasakan efek samping yang tidak nyaman. 

Emolien

Penggunaan emolien serta pelembab secara teratur akan melembutkan psoriasis dan menambah kelembapan pada kulit. Emolien memperbaiki kekeringan, scaling (bersisik), dan iritasi. Ada beragam pilihan obat psoriasis yang berupa lotion. Misalnya krim untuk psoriasis kulit kepala dan salep untuk area yang kering, tebal, dan bersisik. Salep kental berbahan dasar parafin lembut berwarna putih sering direkomendasikan untuk plak kronis dan psoriasis pada tangan atau kaki. Obat psoriasis ini harus digunakan dalam jumlah yang banyak dan sering.

Hati-hati dengan emolien yang mudah terbakar serta risiko tergelincir setelah mengoleskan obat psoriasis ini ke kaki. Emolien jarang membuat kulit iritasi. 

Agen keratolitik

Agen keratolitik bisa berguna untuk mengurangi sisik yang tebal. Obat psoriasis bisa mengandung urea (5–40%), asam salisilat (0,5–10%) atau propilen glikol (misalnya, propilen glikol 20% dalam krim yang encer).

Steroid topikal

Steroid topikal aman dan relatif mudah digunakan untuk psoriasis plak, psoriasis kulit kepala, psoriasis lentur, sebopsoriasis dan psoriasis yang mempengaruhi telapak tangan dan telapak kaki. Obat psoriasis ini tidak terlalu efektif untuk psoriasis kuku.

Steroid topikal tersedia dalam berbagai kekuatan dan formulasi (bentuk fisik obat). Steroid topikal juga digunakan dalam kombinasi dengan agen lain, seperti dengan:

  • Kalsipotriol (senyawa mirip vitamin D)
  • Asam salisilat (agen penghilang sisik)
  • Agen antijamur untuk psoriasis inversa, yang terjadi pada lipatan kulit (untuk melawan jamur Candida albicans).

Pemilihan produk yang sesuai tergantung pada situs dan jenis psoriasis.

Vitamin D analog

Vitamin D analog untuk psoriasis termasuk kalsipotriol, kalsitriol, dan tacalcitol. Obat psoriasis ini digunakan sekali atau dua kali sehari. Penggunaan obat ini dapat mengurangi ketebalan dan sisik plak. Namun kemerahan bisa tetap ada.

Kalsipotriol bisa digunakan untuk psoriasis plak kronis dan psoriasis kulit kepala, sedangkan salep kalsitriol sering lebih disukai untuk pengobatan psoriasis inversa atau psoriasis genital (karena tidak menyebabkan iritasi dibandingkan kalsipotriol).

Vitamin D dapat menyebabkan ruam pada wajah, jadi perawatan ini biasanya tidak cocok untuk psoriasis wajah. Penggunaannya obat psoriaris ini tidak lebih dari 100 g harus digunakan setiap minggu. Sebaiknya vitamin D analog dihindari penggunaannya untuk anak di bawah 6 tahun, dan selama kehamilan dan menyusui, karena kurangnya data mengenai keamanannya. 

Klik Untuk Donasi - Mari Bantu Govino Perbaiki Gizinya
Gizi Buruk, Tuberkulosis Kulit, Hip...
Govino Maulana
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.6,465,970
  2. Pencapaian 25.10%
  3. Donatur 99

Coal tar

Tar batubara atau Coal tar dapat diaplikasikan sebagai larutan, losion, krim, salep, gel, dan sampo. Obat psoriasis ini sering dicampur dengan bahan lain. Coal tar sangat efektif untuk psoriasis kulit kepala dan psoriasis plak tipis yang besar.

Perawatan perlu dilakukan setelah pengobatan memakai tar batubara. Bahan ini dapat mengiritasi kulit, terutama saat pertama kali digunakan. Obat ini bisa meninggalkan noda, misalnya menodai kulit, rambut, dan pakaian, dan sering kali memiliki bau yang kurang sedap. Sinar matahari dapat berinteraksi dengan coal tar pada kulit dan menyebabkan dermatitis kontak kulit seperti terbakar sinar matahari.

Ditranol

Disebut juga anthralian atau anthralin, dithranol terkadang direkomendasikan sebagai pengobatan untuk psoriasis plak kronis. Obat psoriaris ini bisa sangat efektif tetapi pengobatan dithranol memiliki sejumlah kekurangan praktis sehingga lebih jarang diresepkan. Metode penggunaanya rumit. Biasanya diberikan sebagai terapi ‘kontak singkat’. Biasanya ditranol digunakan sekali sehari. Obat ini digunakan langsung ke psoriasis (yaitu, menghindari kulit normal) dan kemudian dicuci setelah 10–60 menit. Kekuatan dithranol ditingkatkan secara bertahap setiap beberapa hari sampai efektif, atau sampai terjadi iritasi kulit. Dithranol dapat menodai kain secara permanen namun pada kulit hanya menodai sementara.

Warga Tidak Mampu Sakit Kritis di Pelosok Indonesia. Bantu mereka sekarang!

Retinoid topikal

Retinol adalah zat turunan vitamin A yang dapat memperlambat pertumbuhan sel kulit yang abnormal. Dengan obat psoriasis ini proses regenerasi sel kulit dapat kembali ke laju normal. Hasilnya adalah tidak terjadi penebalan permukaan kulit. Selain itu, dengan retinol, proses peradangan bisa diperlambat. Meskipun demikian, dibandingkan kortikosteroid topikal, cara kerja retinol ini tidak begitu cepat. 

Obat ini mempunyai sedikit efek samping jika digunakan untuk pengobatan psoriasis. Namun, perempuan yang berencana untuk hamil tidak diperbolehkan memakai retinoid karena bisa meningkatkan risiko melahirkan bayi cacat.

Itulah jenis obat psoriasis topical yang bisa digunakan untuk mengobati masalah kulitmu. Sambil terus memperhatikan Kesehatan kulitmu, jangan lupa juga untuk meluangkan waktu dengan sebarkan aura positif dengan luangkan waktu membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit.

Kamu juga bisa berdonasi lebih mudah melalui aplikasi WeCare.id. Caranya, download aplikasi WeCare.id di ponselmu. Donasi yang kamu berikan tentu sangat berharga untuk teman-teman yang membutuhkan.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

Mayo Clinic Staff. (2020). mayoclinic.org
Kemala, F. (2020). Segala Pengobatan Psoriasis, dari Obat Minum Hingga Terapi. hellosehat.comStanway, A. (2018). Treatment of psoriasis. dermnetnz.org

Sumber Featured Image : Armin Rimoldi from Pexels

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *