Inilah Beberapa Jenis Obat Tidur Apotik dan Alami

Inilah Beberapa Jenis Obat Tidur Apotik dan Alami

Apakah kamu mengkonsumsi pil tidur karena sulit tidur? Pil tidur adalah jenis obat resep dan obat bebas yang digunakan untuk membantu individu yang kesulitan tidur. Pil tidur bersifat hipnotik, artinya meningkatkan atau memperpanjang waktu tidur. Kadang-kadang juga disebut obat penenang, yang secara harfiah berarti “menenangkan”, lebih sering merujuk pada “kemampuan untuk menyebabkan kantuk”. Jenis obat tidur resep yang paling umum, atau hipnotik, berada dalam golongan obat yang disebut benzodiazepin atau benzodiazepin reseptor agonis. Pil tidur dapat memiliki efek samping yang serius jika digunakan secara berlebihan atau disalahgunakan.

Asri Alami Kanker Getah Bening Setelah Melahirkan Buah Hatinya

Jenis Obat Bebas Resep untuk Membantu Masalah Tidur

Kalau kamu mimiliki masalah dengan tidur dan merasa perlu obat tidur, kamu harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya. Jenis obat tidur yang dijual bebas atau OTC mengandalkan antihistamin sebagai bahan aktif utamanya untuk meningkatkan kantuk.

Obat tidur bebas resep yang umum termasuk:

  • Diphenhydramine (ditemukan dalam nama merek seperti Sominex, Nytol, Compoz, Sleepinal, Tylenol PM, Excerdin PM)
  • Doxylamine (nama merek seperti Nighttime Sleep Aid, Unisom)

Beberapa jenis obat tidur OTC lainnya menggabungkan antihistamin dengan pereda nyeri acetaminophen (ditemukan dalam nama merek seperti Tylenol PM). Lainnya, seperti NyQuil, menggabungkan antihistamin dengan alkohol.

Masalah dengan antihistamin adalah sifat penenangnya sering bertahan hingga keesokan harinya, yang menyebabkan efek pusing di hari berikutnya. Jika digunakan dalam jangka panjang, obat ini juga dapat menyebabkan kelupaan dan sakit kepala. Karena masalah ini, para ahli tidur menyarankan agar tidak digunakan secara teratur.

Jenis Obat Tidur Alami untuk Membantu Susah Tidur

Selain jenis obat tidur medis, kamu juga bisa memilih obat tidur alami. Seperti yang kamu tahu, obat tidur yang berbahan kimia mempunyai efek samping untuk tubuh. Cobalah obat tidur alami berikut ini jika kamu susah tidur.

Makanan yang dapat memicu produksi Melatonin

Jenis obat tidur alami ini berupa makanan. Melatonin secara alami diproduksi oleh tubuh sebagai respon pada gelap. Hormon ini sangat penting untuk tidur. Ada beberapa sumber melatonin alami yang sangat baik dalam makanan:

  • Buah dan sayuran (ceri asam, jagung, asparagus, tomat, delima, zaitun, anggur, brokoli, mentimun)
  • Biji-bijian (beras, jelai, gandum gulung)
  • Kacang serta Biji-bijian (kacang tanah, kenari, biji mustard, biji bunga matahari, biji rami)

Menurut penelitian. melatonin dapat mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk tertidur dan meningkatkan jumlah tidur secara keseluruhan. Ini terbukti meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi kantuk dan kelelahan di siang hari. 

Klik Untuk Donasi - Bayar Fidyah untuk Lunasi Hutang Puasa Ramadhan
  1. Terdanai Rp.1,050,000
  2. Pencapaian 12.12%
  3. Donatur 2

Makanan yang Mengandung Magnesium

Magnesium adalah mineral makro penting untuk kesehatan. Banyak orang yang tidak mendapatkan cukup jenis obat tidur alami ini dalam makanannya. Mineral ini membantu mengatur jam biologis tubuh dan melatonin. Kadar magnesium yang rendah terkait dengan tingkat melatonin yang rendah. Magnesium sering disebut sebagai mineral tidur. Sumber magnesium yang sangat baik yaitu:

  • Sayuran berdaun gelap (bayam muda, kangkung, collard hijau)
  • Kacang serta biji-bijian (biji bunga matahari, almond, kacang mete kacang brazil, kacang pinus, pecan, biji rami)
  • Mata gandum
  • Ikan (salmon, halibut, tuna, mackerel)
  • Kedelai
  • Pisang
  • Alpukat
  • Yogurt rendah lemak

Akar Valerian dan hop

Duo ini adalah suplemen herbal terkenal yang dipelajari untuk tidur dan menghilangkan stres. Akar tanaman valerian sudah terkenal dari dulu sebagai alat bantu tidur dan obat alami untuk kegugupan dan kecemasan. Hop telah digunakan selama berabad-abad untuk mengatasi tidur dan kecemasan juga. Jenis obat tidur alami ini telah terbukti membantu orang tertidur lebih cepat, mengurangi tidur yang gelisah, meningkatkan jumlah tidur, dan memperbaiki gejala insomnia.

Chamomile

Banyak orang minum teh chamomile karena sifat penenangnya. Namun jenis obat tidur alami ini dapat menyebabkan reaksi alergi pada orang yang alergi tanaman atau serbuk sari. Untuk mendapatkan manfaat penambah tidur sepenuhnya, didihkan air, lalu tambahkan dua hingga tiga kantong teh (atau setara dengan teh daun lepas), tutup dengan penutup, dan seduh selama sepuluh menit.

Jujube

Buah jujube kaya akan kandungan vitamin, mineral dan asam lemak, dan telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati insomnia, serta sakit, stres, dan sakit perut. Studi menunjukkan jenis obat tidur alami ini dapat memperpanjang waktu tidur dan meningkatkan waktu yang dihabiskan dalam tidur gelombang lambat restoratif dan tidur REM yang dalam.

Kalau mengalami susah tidur, ada beberapa jenis obat tidur yang bisa kamu pilih, obat apotek atau alami. Sambil memilih jenis obat yang cocok untukmu, jangan lupa juga untuk meluangkan waktu dengan sebarkan aura positif dengan luangkan waktu membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit.

Kamu juga bisa berdonasi lebih mudah melalui aplikasi WeCare.id. Caranya, download aplikasi WeCare.id di ponselmu. Donasi yang kamu berikan tentu sangat berharga untuk teman-teman yang membutuhkan.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

Breus, M. (2018). 10 Of The Most Effective Natural Sleep Aids. thesleepdoctor.com.
Hines, J. (2019). Food for Sleep: The Best and Worst Foods for Getting Sleep. alaskasleep.com.
Smith, M., Robinson, L., Segal, R. (2020). Sleeping Pills and Natural Sleep Aids. helpguide.org.
Sleeping Pills. (2017). my.clevelandclinic.org.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *