Ciri-ciri Penyakit Darah Manis dan Pengobatannya

Ciri-ciri Penyakit Darah Manis dan Pengobatannya

Apakah kamu tipikal orang yang rentan merasakan gatal-gatal pada lengan bawah, dahi, pipi, perut, atau di bokong hingga memiliki bekas luka yang sulit hilang? Mungkin kamu pernah dijuluki sebagai penderita penyakit darah manis, makanya sering digigiti nyamuk. 

Daftar isi:

  1. 1. Apa itu Darah Manis?
  2. 2. Apa itu Darah Manis?
  3. 3. Penyebab Penyakit Darah Manis
  4. 4. Cara Mengobati Darah Manis

Klik Untuk Donasi - Tak Ada Biaya untuk Operasi, Ukuran Kepala Daniel Kian Membesar
Hidrosefalus
Daniel Sitorus
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.1,095,997
  2. Pencapaian 4.02%
  3. Donatur 25

Apa itu Darah Manis?

Istilah dalam dunia media untuk darah manis adalah prurigo, yaitu perubahan pada kulit yang terjadi saat terlalu lama menggaruk. Sementara rasa gatal yang muncul disebut dengan pruritus. Rasa gatal ini bisa di bagian tertentu atau di seluruh tubuh dan disertai dengan ruam. 

Ciri-ciri Penyakit Darah Manis

Ciri-ciri penyakit darah manis adalah munculnya rasa gatal yang tak tertahankan, terutama pada malam hari dan ketika menggunakan baju yang bahannya membuat geli, misalnya sweater rajut. Memang, sulit untuk menahan keinginan menggaruk, namun kulit yang digaruk dalam waktu yang cukup lama jadi lebih mudah berdarah dan lecet.

Lama-kelamaan, mulai terdapat benjolan keras pada kulit berwarna gelap, terasa gatal, dan meninggalkan luka koreng yang sulit hilang karena sering digaruk. Padahal, jika kamu menahan gatal dan tidak menggaruknya, tidak akan meninggalkan luka seperti itu. 

Penyebab Penyakit Darah Manis

Penyebab darah manis atau prurigo belum diketahui, namun ada dugaan bahwa penyakit ini disebabkan karena adanya penebalan pada ujung saraf kulit. Sehingga ketika semakin digaruk, saraf kulit menjadi sensitif dan menyebabkan gatal yang tak berkesudahan. Sehingga kamu akan terus menggaruk dan membuat luka koreng. 

Klik Untuk Donasi - Alisha Balita 2 tahun Alami Kelainan Genetik dan Gizi Buruk
Thalassemia, Tuberkulosis, Gizi Bur...
Alisha Saputra
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.1,490,000
  2. Pencapaian 21.59%
  3. Donatur 9

Faktor-faktor yang dapat menyebabkan prurigo atau darah manis adalah:

Gigitan serangga

Meskipun tak secara langsung menyebabkan penyakit ini, namun rasa gatal yang disebabkan oleh gigitan nyamuk atau serangga lainnya dapat memicu keinginan untuk menggaruk. Tetapi bukannya menghilangkan rasa gatal, malah membuat keadaan kulit semakin infeksi dan meninggalkan bekas lupa di kulit.

Benda-benda yang menyebabkan kulit menjadi alergi

Menggunakan perhiasan yang mengandung nikel atau kobalt juga dapat memicu reaksi alergi gatal pada kulit. Selain itu, benda lainnya yang dapat membuat kulit menjadi gatal seperti karet, bahan wool, parfum, cat rambut, juga dapat menyebabkan alergi pada kulit.

Stress

Stress dapat menurunkan daya tahan tubuh sehingga dapat memicu alergi. Rasa gatal yang muncul akibat alergi sangat mengganggu aktivitas sehari-hari sehingga tanpa sadar akan digaruk untuk menghilangkannya. 

Kondisi lain

Ada kondisi medis tertentu yang membuat kondisi tubuh menjadi rentan terkena darah manis. Misalnya pada penderita gangguan fungsi tiroid, eksim, infeksi jamur, dan penyakit lainnya. Segera konsultasikan kepada dokter bila kamu mengalami gatal lebih dari dua minggu dan muncul infeksi luka pada kulit.

Cara Mengobati Darah Manis

Di beberapa kasus yang terjadi, penyakit ini dapat hilang dengan sendirinya setelah permukaan kulit sudah tidak terasa gatal lagi. Tetapi apabila rasa gatal tersebut sudah mengganggu kegiatan sehari-hari, maka berikut ini adalah cara menghilangkan darah manis:

  1. Pengobatan dengan mengoleskan krim obat kortikostreroid, mengonsumsi antihistamin oral, obat penghambat calcineurin, atau anti depresan untuk mengurangi rasa gatal serta meminimalisir reaksi alergi pada kulit.
  2. Melakukan fototerapi yang menggunakan sinar ultraviolet untuk mengurangi rasa gatal dan infeksi.

Bila rasa gatal tak tertahankan dan cara di atas belum berhasil, segera kunjungi dokter kulit supaya kamu mendapatkan penanganan yang tepat. Dokter akan memberikan resep obat darah manis di apotik tergantung keparahannya.

Klik Untuk Donasi - Syafna Derita Lumpuh Otak Hingga Alami Perubahan Bentuk Kaki & Gangguan Perilaku
Cerebral Palsy, Gangguan Perilaku
Syafna Laena S
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.1,029,992
  2. Pencapaian 65.40%
  3. Donatur 21

Memang penyakit darah manis ini terdengar sepele, namun bila diabaikan dapat menjadi serius. Untuk menjalani hidup yang lebih bermakna, yuk bantu juga saudara-saudara kita yang kurang mampu! Kamu dapat membantu mereka tanpa perlu beranjak dari tempat dudukmu. Hanya perlu mengunduh aplikasi Wecare.id di Google Play Store maupun App Store. 

download_app

Referensi:

Hecht, Marjorie. (2020). Prurigo Nodularis and Your Skin. Healthline.

Dania, Rachma. (2019). Ciri-ciri Penyakit Gatal Prurigo, ‘Darah Manis’ & Cara Mengobatinya. Tirto.idSafitri, Adelia Marista. (2018). 3 Penyebab Darah Manis Alias Prurigo, Saat Bekas Luka Susah Hilang. Hellosehat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *