10 Makanan Pembunuh Kanker dan Tumor

10 Makanan Pembunuh Kanker dan Tumor

Mengetahui makanan yang bisa membunuh kanker dan tumor akan sangat membantu banyak orang, informasi seperti sayuran, buah penghancur sel kanker dan tumor jinak misal akan memberikan dampak positif yang besar bagi masyarakat, dan tentu saja akan dibenci sel kanker.

Lihat seputar pertanyaan dan jawaban seputar tumor dan penyakit kanker disini.

Makanan yang kita konsumsi tak sekedar mengisi perut kita tapi juga membuat kita tetap sehat dan terkadang bahkan mempunyai sifat melawan kanker (anti kanker). Andrew Woodward, MS, RD, CSO, ahli gizi onkologi dari Loma Linda University Cancer Center menyebutkan penelitian menunjukkan bahwa dalam makanan nabati tertentu terdapat kandungan fitokimia, senyawa kuat yang bisa membantu melawan kanker serta mengurangi risiko perkembangannya.

Mungkin makanan spesifik ini memegang kunci untuk pencegahan terhadap pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Lalu, apa saja buah, sayuran dan jenis makanan pembunuh kanker dan tumor tersebut? Cara apa saja untuk tetap jauh dari penyakit ini? Mari kita bahas.

Klik Untuk Donasi - Tak Punya Biaya ke RS, Kanker yang dialami Hartati Menjalar ke Bagian Lain
Kanker Payudara
Budi Hartati
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.765,750
  2. Pencapaian 8.88%
  3. Donatur 24

Makanan Penghancur & Pembunuh Kanker dan Tumor

Banyak makanan yang memiliki kandungan senyawa bermanfaat yang bisa membantu untuk menurunkan pertumbuhan kanker. Jenisnya bermacam-macam dari jenis buah-buahan dan sayuran anti kanker. Berikut ini adalah daftar makanan penghancur sel kanker.

1. Bawang Putih dan Bawang Bombay

National Cancer Institute menyarankan bawang putih dan bawang bombay bisa mengurangi risiko kanker perut, esofagus, usus besar, dan payudara. Bawang putih mempunyai manfaat anti-bakteri, anti-jamur dan anti-inflamasi yang terukur, dan sifat melawan kanker. Untuk mencegah kanker, bawang putih mempunyai beragam zat yang memiliki kandungan sulfur meliputi allicin dan diallyl sulfide, yang sepertinya menonaktifkan karsinogen serta mencegah mutasi DNA.

Bawang Bombay, makanan pembunuh kanker lainnya, menawarkan banyak manfaat yang sama, yaitu menyediakan quercetin dan molekul yang mengandung sulfur yang memblokir beberapa karsinogen dan menginduksi apoptosis, suatu proses yang membunuh sel-sel abnormal.

Bawang putih juga termasuk hal yang sering dibahas terkait dengan informasi makanan yang membuat sel kanker mati, didalam dan diluar negeri.

2. Bayam dan Sayuran Berdaun Hijau Lainnya

Bayam merupakan sumber nutrisi baik yang bisa dimakan mentah, dijus atau dimasak sebentar. Sayuran ini memiliki kandungan vitamin K, yang meningkatkan pembekuan darah. Selain itu, bayam juga mengandung karotenoid, yang mendukung kesehatan mata dan antioksidan.

Ada juga serat, folat, yang membantu pembentukan dan perbaikan DNA dan fitokimia lainnya. Berdasarkan beberapa penelitian diketahui bahwa fitokimia glikogliserolipid dan karotenoid melawan kanker, khususnya jenis prostat, payudara dan perut.

Makanan pembunuh kanker dan tumor lainnya yaitu bayam muda. Sayuran ini mempunyai kandungan oksalat yang lebih sedikit sehingga kalsium dan zat besi terserap lebih banyak. Bayam dan arugula juga memiliki kandungan nitrat tumbuhan yang menghasilkan oksida nitrat dan menyehatkan endotel (lapisan dalam) pembuluh darah. Baca seputar kanker darah disini.

3. Jahe dan Rempah Lainnya

Di dalam jahe ditemukan senyawa tertentu yang menjadikannya makanan anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat untuk mengurangi stres oksidatif yang harus dilawan oleh tubuh kita setiap hari. Jahe juga bermanfaat untuk menenangkan perut dan mengurangi rasa mual.

Baca juga seputar kanker otak disini.

Disarankan untuk menggunakan beragam rempah seperti cengkeh, kayu manis, basil, oregano, dill, dan rempah lain yang digunakan dalam makanan untuk mengurangi peradangan. Menambahkan rempah ini pada makanan juga mengurangi kebutuhan garam yang berlebihan, menambahkan lebih banyak antioksidan, dan menambah rasa. 

4. Teh hijau

Teh hijau mempunyai epigallocatechin gallate (EGCG) dan katekin. EGCG menghambat pertumbuhan kanker. Jika orang Jepang tidak mengkonsumsi teh hijau, kemungkinan besar tingkat kanker perut dan paru-paru di negara ini akan lebih tinggi karena makanan asin dan tembakaunya yang mendorong tumbuhnya kanker 

5. Minyak zaitun

Minyak zaitun mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan contohnya mengurangi risiko penyakit jantung, mencegah stroke, dan membantu menurunkan berat badan. Namun yang lebih menarik adalah makanan super ini bisa mencegah berbagai jenis kanker seperti kanker payudara dan kanker yang berhubungan dengan sistem pencernaan. 

Klik Untuk Donasi - Bantu Bu Ruminah Melawan Kanker Tiroid
Kanker Tiroid
Ruminah
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.1,895,000
  2. Pencapaian 8.24%
  3. Donatur 24

6. Blueberry

Kaya akan kandungan antioksidan, blueberry dapat melindungi tubuh dari radikal yang dapat merusak sel-sel tubuh dan mengakibatkan kanker. Tingkat antioksidan pada makanan pembunuh kanker dan tumor ini tertinggi di antara semua buah-buahan sehingga buah ini menjadi makanan anti kanker. Untuk penderita jantung, buah ini juga baik karena blueberry tidak memiliki kandungan kolesterol.

7. Cokelat

Cokelat adalah salah satu makanan pembunuh kanker dan tumor asalkan cokelat yang dikonsumsi adalah cokelat hitam dengan setidaknya 70 persen kakao. Semakin dekat dengan rasa kakao yang pahitnya, semakin baik. Cokelat juga memiliki kandungan antioksidan dan polifenol. Secara khusus kakao memiliki kandungan golongan bahan kimia yang disebut katekin. Senyawa ini juga ditemukan dalam teh, yang tampaknya menawarkan perlindungan terhadap penyakit jantung, stroke, dan kanker, seperti hasil penelitian pada orang Amerika Selatan yang mengonsumsi banyak biji kakao.

8. Biji rami

Biji rami dikatakan mampu mengurangi risiko tumor payudara, khususnya di kalangan wanita pascamenopause. Hal ini karena biji rami mempunyai sumber serat dan lemak yang menyehatkan jantung yang tinggi sehingga membuatnya jadi makanan yang baik dalam menu makanan kita. Makanan pembunuh kanker dan tumor ini juga bertindak sebagai penghalang yang mencegah sel kanker berkembang biak. Jadi, pastikan untuk menambahkan biji rami ke dalam menu makanan agar tetap sehat.

9. Kacang dan Lentil

Kacang-kacangan dan lentil yang sarat dengan serat memiliki kandungan antioksidan, fitokimia dan folat, yang melindungi sel-sel usus besar sekaligus merangsang fungsi usus. Khususnya kedelai, makanan pembunuh kanker dan tumor ini mengandung genistein, yaitu senyawa kuat yang sedang diselidiki para ilmuwan sebagai kemungkinan pengobatan untuk kanker prostat, paru-paru dan kanker kolorektal.

Batavia Chamber Orchestra untuk Pasien Anak Indonesia

10. Kenari

Dibanding jenis kacang lainnya, kacang kenari lebih mempunyai sifat anti kanker. Kandungan zat yang disebut pedunculagin mampu membantu mencegah kanker payudara. Minyak yang ditemukan dalam kenari bisa menekan perkembangan tumor dan dengan demikian membunuh radikal berbahaya tersebut. Makanan pembunuh kanker dan tumor ini tetap tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan karena dapat menyebabkan diare. 

Mengenal beragam makanan pembunuh kanker dan tumor menjadi informasi penting untuk Kesehatan kita. Sesudah mempelajari jenis makanan tersebut, jangan lupa juga untuk meluangkan waktu dengan sebarkan aura positif dengan luangkan waktu membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit.

Kamu juga bisa berdonasi lebih mudah melalui aplikasi WeCare.id. Caranya, download aplikasi WeCare.id di ponselmu. Donasi yang kamu berikan tentu sangat berharga untuk teman-teman yang membutuhkan.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Dukung WeCare.id untuk mengembangkan
konten-konten kesehatan & kebaikan yg lebih berkualitas.

WeCare.id adalah portal penggalangan dana untuk pasien-pasien yang tidak mampu. Dengan berdonasi ke WeCare.id, kamu juga turut membantu pasien-pasien di seluruh Indonesia.

KLIK UNTUK DONASI

Kesimpulannya, banyak sekali jenis makanan penghancur dan pembunuh sel kanker yang bisa dikonsumsi oleh si penderita kanker, 10 makanan diatas juga sangat mudah untuk didapat dan bisa segera dimanfaatkan oleh pasien yang mebutuhkan.

Referensi

-, J. R. (2018). 7 foods to fight cancer, heart disease and enhance health. news.llu.edu.
Jaret, P. (2014). Eat to Beat Cancer. aarp.org.
Roy, A. (2019). 15 Superfoods that Can Save You from Cancer. medlife.com.
Wanjek, C. (2011). Top 10 Cancer-Fighting Foods. livescience.com.

Sumber Featured Image : Freepik.com