Yuk Kenali Bagian Tangan Beserta Fungsinya

Yuk Kenali Bagian Tangan Beserta Fungsinya

Tangan kita merupakan alat yang kompleks dan penting. Kita bergantung pada tangan saat kita menjalani keseharian kita. Kelenturan dan koordinasi untuk memposisikan jari tangan dan ibu jari diperlukan saat menggunakan keyboard, memainkan alat musik, atau melakukan keterampilan motorik halus lainnya. Kekuatan otot memungkinkan kita untuk menekuk atau meluruskan pergelangan tangan, dan untuk menggenggam benda. 

Klik Untuk Donasi - Bantu Petani untuk Ketahanan Pangan Negeri
  1. Terdanai Rp.42,000
  2. Pencapaian 0.18%
  3. Donatur 3

Info lengkap mengenai struktrur tangan beserta fungsinya akan dibahas di artikel berikut ini. Simak, ya!

Struktur Tangan

Seperti halnya bagian tubuh yang lain, tangan juga memiliki strukturnya sendiri. Struktur tangan meliputi tulang, sendi, ligamen, tendon, otot, saraf, dan pembuluh darah.

Tulang dan Sendi

Tulang pada tangan posisinya sejajar agar bisa memberikan berbagai gerakan dan presisi. Tangan memiliki 27 tulang. Delapan di pergelangan tangan disebut karpal, lima di telapak tangan disebut metacarpal, dan 14 tulang di jari-jari disebut falang proksimal, tengah, serta distal. Kedua tulang lengan bawah, jari-jari dan ulna atau tulang hasta juga merupakan bagian dari sendi pergelangan tangan.

Kemampuan untuk menggerakkan jari-jari kita dengan presisi memungkinkan kita melakukan berbagai macam tugas sehari-hari. Gerakan yang tepat ini dimungkinkan oleh persendian di tangan, yang memungkinkan jari-jari menekuk. Sendi yang terdapat pada jari adalah sendi proximal interphalangeal (PIP) yang terletak di antara falang proksimal dan tengah (tulang jari), dan sendi interphalangeal distal (DIP) berada di antara falang tengah dan distal.

Selain sendi yang terdapat pada jari, ada juga sendi metacarpophalangeal (MCP) yang berada di tangan tempat falang proksimal bertemu dengan tulang metacarpal di telapak tangan. Pada pergelangan tangan, masing-masing tulang karpal mempunyai sendi terkait, yaitu sendi radiokarpal, interkarpal, midcarpal, karpometakarpal, dan intermetakarpal. Ada juga sendi radioulnar distal (DRUJ) yang terletak di antara jari-jari dan ulna (tulang hasta).

Ligamen

Ligamen merupakan pita jaringan yang kuat, terbuat dari kolagen, yang menghubungkan antar tulang. Terdapat banyak ligamen yang memberikan mobilitas dan stabilitas pada tangan terutama ligamen kolateral, punggung, volar, dan interoseus. Pergelangan tangan memiliki jaringan ligamen kompleks yang menstabilkan tulang karpal. Jaringan ligamen ini termasuk ligamentum intercarpal dorsal, ligamentum intercarpal palmar, ligamentum interosseous intercarpal, ligament pisohamate, dan ligament pisometacarpal.

Ligamen kolateral merupakan komponen penting di setiap sendi di jari. Tiap sendi phalangeal mempunyai dua ligamen kolateral yang berada di setiap sisi yang memberikan stabilitas, dan mencegah pembengkokan sendi yang tidak normal.

Tendon

Tendon merupakan jaringan lunak. Jaringan ini menghubungkan otot ke tulang. Saat otot berkontraksi, tendon menarik tulang menyebabkan jari bergerak. Otot ekstrinsik menempel pada tulang jari melalui tendon panjang yang membentang dari lengan bawah sampai pergelangan tangan. Tendon yang terletak di sisi telapak membantu menekuk jari dan disebut tendon fleksor, sedangkan tendon di atas tangan membantu meluruskan jari, dan disebut tendon ekstensor.

Otot

Otot adalah jaringan fibrosa yang membantu menghasilkan gerakan. Otot bekerja dengan berkontraksi. Tangan memiliki dua dua jenis otot, yaitu otot intrinsik dan ekstrinsik.

Otot intrinsik adalah otot kecil yang berasal dari pergelangan tangan dan tangan. Otot ini bertanggung jawab atas pergerakan motorik halus jari selama aktivitas seperti menulis atau mengetik.

Otot ekstrinsik berasal dari lengan bawah atau siku dan mengontrol pergerakan pergelangan tangan dan tangan. Otot-otot ini bertanggung jawab atas gerakan tangan kasar. Otot ini memposisikan pergelangan tangan dan tangan saat jari melakukan gerakan motorik halus.

Setiap jari memiliki enam otot yang mengendalikan gerakannya, yaitu tiga otot ekstrinsik dan tiga otot intrinsik. Jari telunjuk dan kelingking masing-masing memiliki ekstensor ekstrinsik ekstra.

Alami Kecelakaan Setelah Jual Nasi Goreng, Jaka Butuh Pertolonganmu Segera!

Saraf

Saraf bertanggung jawab untuk membawa sinyal bolak-balik dari otak ke otot-otot di tubuh kita, memungkinkan gerakan dan sensasi seperti sentuhan, nyeri, dan panas atau dingin. Tiga saraf utama yang bertanggung jawab atas gerakan tangan dan pergelangan tangan semuanya berasal dari area bahu dan meliputi yang berikut ini:

  • Radial: Saraf radial berada di sepanjang sisi ibu jari hingga ke sisi lengan bawah dan memberikan sensasi ke punggung tangan dari ibu jari ke jari ketiga.
  • Median: Saraf median membentang melalui terowongan pergelangan tangan, juga disebut terowongan karpal, memberikan sensasi pada ibu jari, jari telunjuk, jari tengah, dan bagian dari jari manis.
  • Ulnar: Saraf ulnaris membentang melalui terowongan di pergelangan tangan yang disebut Guyon canal yang dibentuk oleh dua tulang karpal dan ligamen yang menghubungkan keduanya. Saraf ulnaris memberikan perasaan ke jari kelingking dan setengah dari jari manis.

Pembuluh darah

Pembuluh darah mengalir di samping saraf untuk memasok darah ke tangan. Arteri utama adalah arteri ulnaris dan radial, yang mensuplai darah ke bagian depan tangan, jari, dan ibu jari. Arteri ulnaris terletak di samping saraf ulnaris melalui Guyon canal di pergelangan tangan.

Arteri radial merupakan arteri tangan yang terbesar. Radial melintasi bagian depan pergelangan tangan, dekat ibu jari. Arteri radial digunakan untuk mengukur denyut nadi. 

Pembuluh darah lain melintasi bagian belakang pergelangan tangan untuk memasok darah ke punggung tangan, jari, dan ibu jari.

Sambil belajar mengenal tangan dan fungsinya, kamu bisa terus sebarkan aura positif dengan luangkan waktu membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit.

Kamu juga bisa berdonasi lebih mudah melalui aplikasi WeCare.id. Caranya, download aplikasi WeCare.id di ponselmu. Donasi yang kamu berikan tentu sangat berharga untuk teman-teman yang membutuhkan.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Dukung WeCare.id untuk mengembangkan
konten-konten kesehatan & kebaikan yg lebih berkualitas.

WeCare.id adalah portal penggalangan dana untuk pasien-pasien yang tidak mampu. Dengan berdonasi ke WeCare.id, kamu juga turut membantu pasien-pasien di seluruh Indonesia.

KLIK UNTUK DONASI

REFERENSI

Anatomy of the Hand. (2020). hopkinsmedicine.org.
Hand – Bones, Ligaments, Muscles & Conditions. (2012). twinboro.com.
Hand Anatomy. (2021). motion-ortho.com.
Ini Fungsi Setiap Bagian Tangan Manusia yang Perlu Diketahui. (2020). halodoc.com.
Normal Hand Anatomy. (2020). eandbortho.com.

Sumber Feature Image : fotografierende dari Pexels