Segudang Manfaat Garam Laut Untuk Kesehatan Kamu

Segudang Manfaat Garam Laut Untuk Kesehatan Kamu

Garam sudah menjadi bagian dari hidup manusia. Apalagi bagi mereka para pecinta kuliner. Ada berbagai macam garam yang tersedia di pasaran dan salah satunya adalah garam laut. Bukan hanya sebagai penambah cita rasa, ternyata garam laut juga memiliki manfaat untuk kesehatan.

Daftar isi:

  1. 1. Perbedaan garam dapur dan garam laut
  2. 2. Manfaat garam laut untuk kesehatan

Perbedaan garam dapur dan garam laut

Garam laut berasal dari air laut yang menguap sehingga merupakan sumber natrium alami. Garam dapur berasal dari endapan garam tambang. Endapan tersebut kemudian diolah menjadi kristal halus yang mudah dicampur dalam makanan.

Garam laut dianggap sebagai pengganti garam dapur. Walau tidak mengandung yodium, ternyata garam laut memiliki kandungan natrium yang sama dengan garam dapur. Dalam satu sendok teh garam terkandung sekitar 2,300 mg natrium.

Karena garam laut berasal dari sumber alami, kandungan mineral yang dimilikinya tidak bisa didapatkan dari garam dapur. Beberapa mineral yang bisa kamu dapatkan antara lain magnesium, kalsium, dan kalium.

Manfaat garam laut untuk kesehatan

Garam dapat memenuhi kebutuhan tubuh kita akan sodium. Mineral ini dibutuhkan untuk menyeimbangkan kandungan elektrolit dalam tubuh, sehingga tubuh akan tetap terhidrasi. Selain itu elektrolit sangat bermanfaat untuk mengontrol transmisi saraf dan fungsi otot.

Karena kandungan mineralnya yang tinggi, garam laut juga memiliki manfaat lainnya untuk kesehatan, antara lain:

Bantu Anak Yatim dan Dhuafa Agar Bisa Melaksanakan Kewajiban Khitanan

1. Meredakan arthritis

Khasiat anti-inflamasi kuat yang dimiliki garam laut adalah elemen kunci dalam mengurangi rasa sakit dan peradangan bagi mereka yang menderita radang sendi. Beberapa penelitian membuktikan bahwa mandi dengan garam laut dan mencampurkan garam laut ke dalam makanan telah menunjukkan hasil yang luar biasa dalam mengurangi rasa sakit dan peradangan pada penyakit rheumatoid dan osteoartritis.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sifat alkali garam laut membantu mencegah infeksi bakteri dan virus. Selain itu, adanya mineral penting seperti zinc, zat besi, fosfor, mangan, magnesium, dan kalium membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan nutrisi dan mineral yang tepat dalam garam laut sangat bermanfaat untuk mengatasi alergi, demam, pilek, dan flu.

3.  Meningkatkan fungsi jantung

Garam laut sebagai sumber natrium dan kalium yang sangat baik, merupakan bahan utama dalam menjaga detak jantung normal dan meningkatkan kesehatan jantung. Tidak seperti garam dapur biasa, garam laut tidak meningkatkan tekanan darah, meskipun beberapa penelitian menyatakan bahwa sedikit garam laut dalam makanan dapat menurunkan hipertensi. Hasilnya, risiko penyakit jantung juga akan menurun.

4. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Garam laut memainkan peran penting dalam melancarkan pencernaan. Ini meningkatkan indra perasa untuk mengeluarkan enzim yang disebut amilase saliva yang membantu dalam pemecahan utama karbohidrat. Kurangnya sekresi asam klorida yang tepat dapat menyebabkan sejumlah penyakit seperti gangguan pencernaan, kembung, kram perut, perut kembung, mulas, dan sebagainya.

Garam laut juga dapat merangsang lambung untuk memproduksi asam klorida. Asam ini akan membantu dalam pemecahan makanan sehingga sistem pencernaan tidak terlalu terbebani dalam waktu yang lama.

Klik Untuk Donasi - Ibu Karolina Alami Kelumpuhan Sebelah Tubuhnya Akibat Stroke
Stroke
Karolina
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.6,561,548
  2. Pencapaian 11.22%
  3. Donatur 98

5. Meremajakan kulit

Garam laut juga dapat digunakan sebagai bahan eksfoliasi alami. Kandungan mineral yang tinggi dan sifat anti-inflamasi garam laut sangat bermanfaat untuk mengatasi jerawat, psoriasis, eksim, dan penuaan.

Coba gosok tubuh kamu dengan campuran garam laut, madu, dan minyak almond untuk mengelupas sel kulit mati, melancarkan peredaran darah, meningkatkan kadar air, dan memperkaya kulit dengan nutrisi penting.

6. Memerangi masalah pernafasan

Kandungan anti-inflamasi dan efek menenangkan dari garam laut dapat membantu kesehatan pernapasan kamu. Salah satu khasiatnya sebagai ekspektoran yang kuat dapat membantu membersihkan endapan lendir dan dahak di saluran hidung, meredakan sakit tenggorokan, hidung tersumbat dan juga menenangkan tenggorokan yang kering dan teriritasi. Garam laut juga ternyata bisa menjadi obat yang ampuh untuk mengatasi asma, bronkitis, sinus, dan faringitis.

7. Meredakan Stres

Karena adanya khasiat adaptogenik dan obat penenang, garam laut secara aktif membantu mengatur dua hormon dalam tubuh – serotonin dan melatonin. Fungsi kedua hormon tersebut yaitu membantu seseorang untuk rileks dan tidur lebih nyenyak.

Garam laut juga mampu memberikan stabilitas mental dengan mengatur hormon stres. Salah satu contohnya mengatur kadar serotonin yang dapat mengurangi berbagai gejala kecemasan dan memberikan sensasi bahagia.

8. Mengatasi Kram Otot

Kram otot cukup umum terjadi setelah sesi olahraga yang berlebihan karena hilangnya elektrolit melalui keringat. Dengan minum segelas air yang dicampur dengan satu sendok teh garam laut sebelum berolahraga dapat menyeimbangkan defisit elektrolit sekaligus menjaga tubuh tetap terhidrasi. Dengan begitu kamu bisa menghindari terjadinya kram otot dan dehidrasi sekaligus.

Itulah beberapa manfaat garam laut yang bisa kamu dapatkan. Sambil menikmati manfaatnya, jangan lupa juga untuk meluangkan waktu dengan membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit.

Kamu juga bisa berdonasi lebih mudah melalui aplikasi WeCare.id. Caranya, download aplikasi WeCare.id di ponselmu. Donasi yang kamu berikan tentu sangat berharga untuk teman-teman yang membutuhkan.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Dukung WeCare.id untuk mengembangkan
konten-konten kesehatan & kebaikan yg lebih berkualitas.

WeCare.id adalah portal penggalangan dana untuk pasien-pasien yang tidak mampu. Dengan berdonasi ke WeCare.id, kamu juga turut membantu pasien-pasien di seluruh Indonesia.

KLIK UNTUK DONASI

Referensi

Caporuscio, Jessica, Pharm.D. (2019). What is the difference between sea salt and table salt? medicalnewstoday.com
Netmeds (2021). 5 Spectacular Benefits Of Adding Sea Salt To Your Diet. netmeds.com