Jenis Narkoba dan Bahayanya bagi Kesehatan

Jenis Narkoba dan Bahayanya bagi Kesehatan

Narkoba adalah zat yang dapat menimbulkan efek penurunan kesadaran, halusinasi, serta kecanduan. Penggunaan obat-obatan tersebut pada awalnya untuk menolong pasien kanker maupun pasien post operasi yang mengalami nyeri hebat. Namun, pada kenyataannya banyak yang menyalahgunakan obat-obatan ini dengan mengonsumsinya tanpa ada indikasi medis, akibatnya timbul berbagai masalah kesehatan bahkan dapat menimbulkan kematian. 

Daftar isi:

  1. 1. Jenis-Jenis Narkoba
  2. 2.Bahaya Penyalahgunaan Narkoba

Klik Untuk Donasi - Pak Sofyan Terpaksa Mogok Narik Becak Akibat Alami Peradangan Dinding Perut
Peritonitis
Sofyan
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.2,869,493
  2. Pencapaian 24.95%
  3. Donatur 37

Jenis-Jenis Narkoba

Berikut jenis-jenis narkoba dan dampak narkoba bagi tubuh manusia:

Morfin

Morfin merupakan narkoba alkaloid analgesik kuat yang sering kali disebut sebagai “dewa mimpi”. Morfin ditemukan pada  tanaman opium. Cara kerja morfin yaitu langsung bekerja di sistem saraf pusat dan menghilangkan rasa nyeri yang hebat. Beberapa efek buruk dari penyalahgunaan narkoba jenis ini antara lain: penurunan kesadaran, menyebabkan euphoria atau rasa bahagia yang berlebihan, gelisah, jantung berdebar, bingung, berkeringan, hingga pingsan. Selain itu, morfin juga dapat menyebabkan kejang lambung, penurunan jumlah air seni, gangguan menstruasi, dan impotensi.

Heroin atau Putauw

Heroin atau Putauw merupakan narkoba kimia yang memiliki efek lebih kuat dibanding morfin. Narkoba jenis ini dapat langsung menembus jaringan otak dan menimbulkan berbagai efek seperti berikut ini: denyut nadi melemah, tekanan darah menurun, keinginan untuk menyendiri semakin kuat, hilang kepercayaan diri, menimbulkan kelemahan otot, memicu perilaku buruk seperti berbohong, menipu atau mencuri. Selain itu, narkoba jenis ini juga dapat menyebabkan gangguan bicara (cadel), kesulitan buang air besar, gatal pada hidung, dan keinginan untuk tidur terus menerus.

Ganja atau Canabis

Ganja atau kanabis sering disebut juga dengan marijuana. Narkoba ini berasal dari tanaman kanabis. Efek utama narkoba jenis ini adalah euphoria yang berkepanjangan tanpa ada sebab yang jelas. Bahaya narkoba jenis ini antara lain: kesulitan konsentrasi, jantung berdebar cepat, mulut terasa kering, kadang agresif, sulit diajak berkomunikasi, gelisah, sulit tidur, sering berhalusinasi dan berfantasi, nafsu makan meningkat, dan rasa bahagia yang berlebihan (Nareza, 2020).

Klik Untuk Donasi - Ibu Karolina Alami Kelumpuhan Sebelah Tubuhnya Akibat Stroke
Stroke
Karolina
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.6,541,548
  2. Pencapaian 11.19%
  3. Donatur 97

Kokain

Kokain merupakan narkoba yang terbuat dari tanaman Erythroxylon coca yang memberikan efek stimulan saat dikunyah. Berikut beberapa dampak narkoba jenis kokain: timbul euforia yang berlebihan, gelisah, metabolisme tubuh menjadi sangat cepat, berat badan menurun, terjadinya gangguan pernapasan, kejang, kerusakan pada organ paru-paru, dan kerusakan organ penglihatan.

Opium

Opium merupakan narkoba yang berasal dari tanaman papafer somniverum. Bahaya narkoba jenis ini antara lain: menyebabkan hiperaktivitas, menimbulkan nyeri kepala, meningkatkan libido, gangguan pada mulut dan saluran pencernaan (Handayani, 2019).

Bahaya Penyalahgunaan Narkoba

Secara umum penyalahgunaan narkoba dapat menimbulkan berbagai gejala seperti berikut ini:

Halusinasi

Halusinasi merupakan bahaya narkoba yang sering dapat mencelakakan penggunanya. Seringkali halusinasi menyebabkan pengguna narkoba kesulitan membedakan alam halusinasi dengan dunia nyata. Halusinasi yang berkepanjangan dapat menyebabkan gangguan jiwa atau skizofrenia.

Klik Untuk Donasi - 13 tahun Rosliana Berjuang Melawan Penyakit Tumor Langka
Tumor Filodes
Rosliana
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.2,643,500
  2. Pencapaian 11.49%
  3. Donatur 37

Tingkat Kesadaran Menurun

Penyalahgunaan narkoba dapat menyebabkan penggunanya mengalami pingsan bahkan penurunan kesadaran.

Gangguan Kualitas Hidup

Penyalahgunaan narkoba hampir selalu menyebabkan gangguan kualitas hidup pada penggunanya. Mereka sering merasa gelisah tanpa sebab, ketakutan, tidak bisa tidur, sehingga tidak bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan baik dan normal.

Kematian

Bahaya narkoba yang paling menakutkan yaitu kematian. Obat-obatan jenis narkotika tersebut dapat menimbulkan efek samping paling fatal yaitu kegagalan multi organ yang menimbulkan kematian (Adhi, 2020).

Mari stop narkoba dan hidup sehat sebagai generasi muda. Kita bisa mendukung para generasi muda yang berjuang melakukan rehabilitasi stop narkoba  dengan melakukan donasi melalui WeCare.id.

Bagi Anda yang tidak pernah mengonsumsi narkoba, hindari dan jangan pernah mencobanya karena penyalahgunaan narkoba juga dapat mengancam karir Anda di masa depan. Saat ini hampir semua pekerjaan mensyaratkan surat pernyataan bebas narkoba bagi seluruh calon pegawainya. Mari hidup sehat tanpa narkoba.

Sambil kita menjaga kesehatan diri kita, yuk bantu para pasien tidak mampu di WeCare.id! Kamu bisa donasi di website atau dengan download aplikasi WeCare.id di ponselmu!

download_app

Referensi:

Adhi, IS. (2020). Jenis-jenis Narkoba dan Bahayanya bagi Tubuh. Health.kompas.com.

 Handayani, VV. (2020). Jenis-jenis Narkoba yang Perlu Diketahui. Halodoc.com.Nareza, M. (2020). Jenis-jenis Narkoba yang Perlu Diketahui. Halodoc.com.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *