5 Obat Asam Urat Alami yang Bisa Kamu Coba di Rumah

5 Obat Asam Urat Alami yang Bisa Kamu Coba di Rumah

Penyakit asam urat cukup sering terdengar di Indonesia dan merupakan salah satu jenis penyakit yang umum di kalangan masyarakat. Siapa saja bisa mengalami penyakit ini, baik pria maupun perempuan. Penyakit ini umumnya ditandai dengan rasa nyeri pada bagian tubuh seperti jari-jari kaki.

Penyakit ini terjadi karena produksi asam urat yang meningkat dalam tubuh. Zat ini dapat meningkat karena beberapa faktor, misalnya mengonsumsi makanan yang tinggi purin seperti jeroan, bayam, brokoli, keju, kerang, buncis, dan lain-lain. 

Anda bisa mendapatkan obat asam urat generik untuk mengatasi masalah ini di apotik. Namun, ada juga beberapa bahan alami dari tumbuhan yang dipercaya dapat membantu penyakit ini. Berikut ini beberapa diantaranya.

Daftar isi:

  1. 1. Seledri
  2. 2. Daun Mangga
  3. 3. Daun Salam
  4. 4. Daun Kumis Kucing
  5. 5. Kayu Manis

Klik Untuk Donasi - Tiap Detik Nyawanya Terancam, Yuk Bantu Biaya Cangkok Hati untuk Nisa
Atresia Bilier
Khairul Nisa Salsabila
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.27,673,789
  2. Pencapaian 9.63%
  3. Donatur 764

Seledri

Bahan alami pertama yang dapat menjadi obat asam urat adalah seledri. Selain berfungsi sebagai penyedap masakan, daun ini ternyata juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Hal ini karena seledri kaya akan zat-zat seperti Apigen, Phthalides, Matinol, dan apiin yang mampu membantu mengeluarkan garam dan cairan berlebih dalam tubuh.

Untuk pengobatan asam urat, kamu bisa memotong kecil-kecil 60 gram daun dan batang seledri. Kemudian, rebus dengan air sebanyak 200 cc dan biarkan mendidih hingga air hanya tersisa 100cc saja. Minum air rebusan ini dua kali sehari selama dua minggu.

Daun Mangga

Pengobatan selanjutnya adalah menggunakan daun mangga yang kaya vitamin A, B, C, fenol, dan flavonoid. Selain itu, daun mangga juga memiliki kandungan pelarut purin sehingga mampu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

Untuk menggunakan daun mangga sebagai obat asam urat, maka siapkan 5 lembar daun mangga muda yang masih berwarna hijau muda dan air sebanyak 250 cc. Setelah mencuci bersih daun mangga, kemudian rebus dengan air hingga daun berubah warna menjadi coklat. Minum air rebusan ini dua kali sehari.

Klik Untuk Donasi - Ibu Dwi Terancam Buta Akibat Derita Tumor Ganas
Meningioma
Dwi Sukirah A
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.1,097,000
  2. Pencapaian 10.99%
  3. Donatur 38

Daun Salam

Daun salam tidak hanya membuat aroma masakan menjadi harum dan sedap. Siapa sangka, bahan alami ini juga bisa digunakan untuk mengobati asam urat. Selain itu, kandungan vitamin C, A, dan asam folat yang ada pada daun salam juga baik untuk kesehatan tubuh.

Untuk mengolah daun salam sebagai obat asam urat, siapkan 10 sampai 25 lembar daun salam dan tiga gelas air. Selanjutnya, cuci daun hingga bersih dan rebus dalam air hingga mendidih dan hanya tersisa satu gelas air. Minum air rebusan daun salam ini sebanyak dua kali sehari.

Dukung WeCare.id untuk mengembangkan
konten-konten kesehatan & kebaikan yg lebih berkualitas.

WeCare.id adalah portal penggalangan dana untuk pasien-pasien yang tidak mampu. Dengan berdonasi ke WeCare.id, kamu juga turut membantu pasien-pasien di seluruh Indonesia.

KLIK UNTUK DONASI

Daun Kumis Kucing

Selain memiliki bunga yang cantik, daun kumis kucing juga dikenal sebagai tanaman yang kaya manfaat untuk kesehatan dan pengobatan. Untuk membuat obat asam urat dengan bahan alami ini, siapkan pula beberapa bahan lain seperti berikut ini:

  • 10 gram daun kumis kucing kering
  • 10 gram meniran kering
  • 10 gram sawi tanah kering
  • 15 gram jahe merah
  • 10 gram kapulaga

Untuk membuatnya, cuci bersih dulu semua bahan kemudian rebus dalam air sebanyak 1 liter. Biarkan mendidih hingga air hanya tersisa setengahnya, lalu minum air rebusan ini sebanyak tiga kali sehari.

Klik Untuk Donasi - Kanker Darah Mengancam Nyawa Qiana, Uluran Tanganmu Sangat Diharapkan!
Leukemia Limfoblastik Akut
Ni Made Qiana Adhista Putri
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.6,145,008
  2. Pencapaian 39.99%
  3. Donatur 86

Kayu Manis

Terakhir yaitu kayu manis yang kaya akan tanin dan flavonoid, dua senyawa aktif yang ampuh menghambat produksi asam urat. Untuk membuat obat asam urat alami dengan kayu manis, kamu juga akan memerlukan beberapa bahan lainnya. Berikut ini diantaranya:

  • 1 jari kayu manis
  • 15 gram jahe merah
  • 5 butir kapulaga
  • 5 gram bunga cengkeh
  • 4 lembar daun sosor bebek
  • 600 ml air

Setelah semua bahan siap, rebus semuanya dalam air hingga mendidih dan air tersisa setengahnya saja. Kemudian minum obat asam urat alami ini selagi hangat.

Sakit asam urat dapat menimbulkan nyeri yang tak tertahankan, bahkan bisa berakibat fatal jika tidak segera diobati, mulai dari batu ginjal, tophi, sakit jantung koroner, dan lain-lain. Bantu mereka yang sudah pada tahap sakit akut agar mendapatkan kesembuhan. Kamu bisa memberikan donasi melalui WeCare.id atau kamu juga bisa download aplikasi WeCare.id di ponselmu!

download_app

Referensi:

Kesehatan.kontan.co.id. Diakses pada 10 Januari 2021. 5 Obat Herbal untuk Meredakan Asam Urat