Inilah Beragam Jenis Obat Sariawan Alami dan Medis

Inilah Beragam Jenis Obat Sariawan Alami dan Medis

Sering terkena sariawan? Pasti sangat menyiksa bukan? Untuk kamu yang sering kena sariawan, yuk cari tahu berbagai macam obat sariawan alami dan medis yang bisa kamu gunakan untuk mengobatinya di artikel berikut ini.

Daftar isi:

  1. 1. Apa Itu Sariawan?
  2. 2. Apa Penyebab Sariawan?
  3. 3. Obat Sariawan Alami dan Medis

Apa Itu Sariawan?

Sariawan atau istilah medisnya stomatitis aphthosa adalah penyakit yang menyebabkan peradangan atau luka kecil muncul di mulut, biasanya di dalam bibir, di pipi, atau di lidah. 

Apa Penyebab Sariawan?

Meskipun penyebab pastinya tidak diketahui, untuk luka atau peradangan mulut tunggal biasanya disebabkan oleh kerusakan yang disebabkan oleh gigitan di pipi atau lidah, atau oleh gigi yang tajam, penyikatan atau gigi palsu yang tidak pas. 

Obat Sariawan Alami dan Medis

Sariawan bisa diobati dengan ramuan tradisional atau membeli obat kimia di apotek. Kamu tinggal memilih mana yang menurutmu lebih mudah dan efektif.

Klik Untuk Donasi - Kanker Darah Mengancam Nyawa Qiana, Uluran Tanganmu Sangat Diharapkan!
Leukemia Limfoblastik Akut
Ni Made Qiana Adhista Putri
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.6,145,008
  2. Pencapaian 39.99%
  3. Donatur 86

Untuk pilihan obat alami, berikut ini beberapa jeni sobat rumahan yang bisa kamu gunakan:

1. Madu

Madu mempunyai sifat antimikroba dan bisa membantu memperbaiki luka terbuka dengan cepat. Selain membantu mengurangi sakit pada luka, madu juga melindungi area dari infeksi. Oleskan madu pada luka dan diamkan. Oles kembali madu pada luka sariawan setelah beberapa jam.

2. Pasta Soda Kue

Soda kue menetralkan asam yang dibentuk oleh luka, yang akhirnya menyembuhkan kondisi tersebut. Ambil soda kue dan air dalam jumlah yang sama lalu campurkan untuk membuat pasta kental. Oleskan pasta ini pada sariawan dan biarkan mengering. Setelah campuran mengering, bersihkan dengan air dan berkumurlah juga. Lakukan ini tiga kali setiap hari.

3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki khasiat untuk menyembuhkan sariawan. Cukup oleskan sedikit minyak kelapa pada permukaan luka dan diamkan. Kamu juga bisa mengoleskannya saat akan tidur di malam hari. Mirip dengan madu, minyak kelapa mengandung sifat antimikroba yang membantu mengurangi luka atau radang secara alami.

4. Air Garam

Sifat antiseptik garam sudah terkenal. Campur satu sendok makan garam dalam segelas air hangat. Sekarang kumur sampai bersih menggunakan cairan ini. Setelah selesai, kamu bisa berkumur dengan air biasa untuk menghilangkan rasa asin dari mulut. 

5. Pasta Gigi

Pasta gigi yang baik mengandung sifat antimikroba yang dapat mengurangi pembengkakan dan nyeri pada sariawan.

Oleskan pasta gigi menggunakan cotton bud. Pastikan seluruh luka tertutupi dengan pasta gigi.  Biarkan beberapa menit sebelum dibilas. Pasta gigi bisa terus dioleskan setiap hari sampai tidak ada lagi warna putih pada luka sariawan.

6. Jus Jeruk

Jeruk adalah sumber Vitamin C yang bagus, yang dapat mencegah dan membantu sariawan. Namun mengonsumsi jeruk utuh mungkin sulit saat kamu menderita sariawan. Obat yang bagus untuk sariawan adalah minum dua gelas jus jeruk segar setiap hari.

7. Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh diekstrak dari kuncup bunga. Dalam kasus sariawan, ambil sepotong kecil kapas dan oleskan minyak langsung pada luka. Tunggu hingga jaringan luka menyerap minyak. Sebelum mengoleskan minyak cengkih bilaslah mulut dengan air hangat. Ini akan membersihkan permukaan daerah luka. Cengkeh mengandung eugenol dan sifat antimikroba yang membantu mengatasi semua masalah mulut. Rasa sakit dan peradangan juga dapat diatasi dengan mengoleskan minyak ini.

8. Bawang Putih

Bawang putih juga bisa menjadi obat yang bagus untuk sariawan. Senyawa Allisin yang ada dalam bawang putih menjadikannya antimikroba, yang membantu melawan berbagai infeksi.

Untuk menggunakan bawang putih, potong satu siung menjadi dua dan oleskan pada luka selama satu atau dua menit. Setelah ini selesai, bilas mulut dengan benar untuk menghilangkan bau bawang putih mentah dari napas. Kamu bisa mengulanginya dua kali atau bahkan tiga kali setiap hari.

Untuk pilihan obat medis, berikut ini adalah beberapa jenis obat yang bisa kamu gunakan untuk menyembuhkan sariawanmu. Obat-obatan ini bisa kamu beli dengan atau tanpa resep dokter.

Bantu Pembudidaya Ikan yang Kesulitan Saat Pandemi!

1. Ibuprofen

Obat ini bisa digunakan untuk mengurangi peradangan juga meredakan rasa nyeri. Ibuprofen termasuk dalam kategori obat nonsteroidal anti-inflammatory drug (NSAID). Sebelum mengkonsumsi ibuprofen, sebaiknya ikuti anjuran resep dokter atau aturan pemakaian, khususnya bila ibuprofen digunakan untuk mengobati sariawan pada anak. 

2. Paracetamol

Paracetamol bisa digunakan untuk meredakan nyeri karena sariawan. Obat ini pun cenderung aman untuk dikonsumsi oleh anak-anak, orang dewasa, sampai lansia.

3. Obat Kumur

Selain baking soda dan garam, kamu juga bisa menggunakan obat kumur tertentu. Tapi pastikan obat kumur yang kamu beli memiliki salah satu dari 4 zat ini, yaitu zat antibiotik/antiseptik, zat antijamur, zat antikortikosteroid, dan zat antihistamin. 

Pastikan untuk selalu mengikuti instruksi dokter ketika mengkonsumsi obat agar tidak mengakibatkan hal yang tak diinginkan. Selain itu juga, jangan lupa juga untuk meluangkan waktu dengan membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit.

Kamu juga bisa berdonasi lebih mudah melalui aplikasi WeCare.id. Caranya, download aplikasi WeCare.id di ponselmu. Donasi yang kamu berikan tentu sangat berharga untuk teman-teman yang membutuhkan.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

download_app

Referensi

Adlina, A. (2020). 13 Obat Sariawan yang Ampuh untuk Dewasa dan Anak-Anak. hellosehat.com.
Baliga, D. V. (2018). 12 Natural Remedies to Cure Mouth Ulcers. medlife.com.Mouth ulcers. (2018). dentalhealth.org.
Aphthous Stomatitis. (2020). chop.edu.