Inilah 9 Tanaman Herbal untuk Mengobati Asam Urat

Inilah 9 Tanaman Herbal untuk Mengobati Asam Urat

Kalau sendi terasa sakit, bengkak juga kemarahan, bisa jadi kamu mengalami asam urat. Rasa sakit akibat asam urat bisa tak tertahankan. Mengapa kamu bisa mengalami asam urat? Apakah ada tanaman herbal yang bisa digunakan untuk mengobati asam urat? Cari tahu jawabannya di artikel berikut.

Daftar isi:

  1. 1. Penyakit Asam Urat
  2. 2. Pengobatan Asam Urat

Penyakit Asam Urat

Penyakit asalm urat adalah jenis radang sendi yang paling umum. Asam urat disebabkan oleh kristalisasi asam urat di dalam persendian.

Tubuh secara alami menghasilkan asam urat, yang merupakan produk limbah sel. Asam urat larut dalam darah dan melewati ginjal ke urin. Namun, jika tubuh membuat terlalu banyak asam urat atau mengeluarkan terlalu sedikit, kadar asam urat dalam darah bisa menumpuk. Hal ini dapat menyebabkan pembentukan kristal urat di sendi, tendon, dan jaringan di sekitarnya. Hal ini mengakibatkan peradangan yang tiba-tiba dan menyakitkan. Meskipun serangan asam urat dapat terjadi kapan saja, kemungkinan besar menyerang pada malam hari.

Pengobatan Asam Urat

Beberapa tanaman herbal bisa membantu mengobati asam urat. Namun, jika nyeri asam urat yang kamu rasakan sangat tiba-tiba atau intens, segera hubungi dokter sebelum mencoba pengobatan di berikut ini.

Klik Untuk Donasi - Bantu Pengungsi Erupsi Gunung di Indonesia
  1. Terdanai Rp.126,000
  2. Pencapaian 0.11%
  3. Donatur 11

Berikut ini 9 tanaman herbal yang dibisa digunakan untuk pengobatan asam urat, yaitu:

1. Jahe

Kemampuan jahe untuk membantu pengobatan asam urat sudah terdokumentasi dengan baik. Sebuah studi yang dilakukan oleh STIKes BINA SEHAT PPNI, Mojokerto, menemukan jahe topikal mengurangi rasa sakit yang berhubungan dengan asam urat.

Buat kompres atau pasta jahe. Rebuslah air dengan 1 sendok makan jahe segar yang telah diparut. Rendam kain lap ke dalam campuran. Setelah dingin, tempelkan lap tersebut pada area yang mengalami nyeri setidaknya sekali sehari selama 15 sampai 30 menit. Kemungkinan bisa terjadi iritasi kulit. Jadi lakukanlah tes terlebih dahulu sebelum menggunakannya. 

2. Kembang Sepatu

Kembang sepatu selain sebagai bunga taman, makanan, teh, juga dijadikan obat herbal tradisional. Bunga ini bisa digunakan sebagai obat untuk asam urat. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh beberapa universitas di Taiwan menunjukkan bahwa kembang sepatu bisa menurunkan kadar asam urat walaupun penelitian ini dilakukan pada tikus. Gunakan suplemen, teh, atau ekstrak kembang sepatu. Ikuti petunjuk cara penggunaan yang terdapat label.

3. Garam Epsom

Mandi garam epsom direkomendasikan oleh beberapa orang untuk mencegah serangan asam urat. Garam Epsom kaya akan magnesium yang bisa menurunkan risiko asam urat. Namun, sebuah penelitian yang dilakukan di Jerman menunjukkan magnesium tidak bisa diserap secara memadai melalui kulit untuk memberikan manfaat kesehatan.

Untuk mencoba garam Epsom, campurkan 1 sampai 2 cangkir garam di bak mandi. Rendam seluruh tubuhmu atau hanya persendian tertentu untuk meredakan gejala.

4. Dandelion

Tarlo, E (2017) dalam riset analitisnya menyebutkan bahwa dandelion dianggap sebagai pilihan herbal dalam pengobatan asam urat karena sifat anti peradangannya (Corp dan Pendry, 2013). Sebuah studi menyimpulkan bahwa ekstrak dari spesies dandelion yang berbeda termasuk Taraxacum officinale, coreanum, and mongolicum, semuanya menunjukkan efek mengurangi peradangan, dan dapat digunakan untuk terapi inflamasi dengan penelitian lebih lanjut (Jeon et al., 2008; Lee et al., 2016; Wang et al., 2016).

Kamu bisa mengkonsumsi teh, ekstrak atau suplemen dandelion untuk mengobati asam urat.

5. Biji Fenugreek

Fenugreek, disebut juga dengan klabat atau kelabat di Indonesia, adalah rempah dengan daun berwarna hijau muda dan bunga berwarna putih kecil. Dr. Minakshi Sharma, konsultan Ayurveda di Vedic Vision Health Care Center, mengatakan bahwa mengkonsumsi biji fenugreek bisa membantu menyembuhkan asam urat karena membantu mengurangi peradangan internal maupun eksternal tubuh.

Cara menggunakan yaitu mulailah dengan merendam 1 sdm biji fenugreek dalam setengah gelas air semalaman dan minum air tersebut di pagi hari dan kunyah biji yang sudah direndam. Ini akan membantu mengurangi pembengkakan pada persendian dan dapat meredakan nyeri.

6. Bawang Putih

Bawang putih merupakan obat yang luar biasa untuk asam urat. Bumbu dapur ini bisa membantu menghilangkan kelebihan asam urat dari tubuh.

Caranya yaitu dengan menelan satu buah bawang putih dan jika dirasa kesulitan maka kamu bisa memotong bawang putih halus lalu mengkonsumsinya. Ini akan membantu menyembuhkan asam urat dari akarnya.

Bantu Korban Gempa di Sulawesi Barat Pulih dari Gempa!

7. Minyak Jarak

Dr. B.N Sinha, B.N Sinha, seorang ahli Ayurveda yang tinggal di Delhi, menyarankan untuk menggunakan minyak jarak yang cukup hangat dan memijatnya di area yang terkena asam urat atau hanya mengoleskannya dengan bola kapas. Ini akan membantu dalam memecah simpanan racun dan menghilangkan kemerahan dan nyeri.

8. Kunyit

Sebagai bagian dari keluarga jahe, kunyit dipercaya mempunyai banyak nilai obat yang potensial. Kunyit menekan peradangan kronis, yang mengurangi aktivitas Xanthine oksidase (enzim yang menghasilkan asam urat). Tambahkan kunyit dalam menu makanmu atau konsumsi kunyit dengan cara dicampurkan dengan susu, seperti minuman yang populer di India, haldi doodh.

9. Jus Lemon

Penelitian telah menunjukkan bahwa jus lemon menurunkan asam urat pada penderita asam urat. Jus lemon biasa bisa dikonsumsi jika terjadi asam urat. Kamu juga bisa memeras setengah lemon ke dalam air hangat dengan dua sendok teh kunyit dan satu sendok teh cuka sari apel untuk meredakan asam urat. Larutan ini bisa diminum dua atau tiga kali sehari.

Untuk menghindari asam urat, jaga berat badan, hindari stres, dan minum yang cukup. Selain itu,

Mengajarkan berenang pada bayi dan anak memang disarankan namun hindari penggunaan pelampung leher karena akan membahayakan mereka. Sambil menemani buah hati berlatih renang jangan lupa juga untuk meluangkan waktu dengan membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit.

Kamu juga bisa berdonasi lebih mudah melalui aplikasi WeCare.id. Caranya, download aplikasi WeCare.id di ponselmu. Donasi yang kamu berikan tentu sangat berharga untuk teman-teman yang membutuhkan.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

download_app

Referensi

Deesh, P. (2017). 7 Natural Home Remedies for Gout. food.ndtv.com.
Mahajan, A. (2019). Suffering from gout pain? These five home remedies will provide relief from gout. timesnownews.com.
Tarlo, E. (2017). Analytical Research of the Dandelion’s Origin and Science Studies of Pharmaceutical Uses. researchgate.net.
The new-old way to treat gout. (2020). health.harvard.edu.White, A. (2019). Natural Home Remedies for Gout. healthline.com.