Apa Kamu Termasuk Dalam 15 Ciri Introvert Ini?

Apa Kamu Termasuk Dalam 15 Ciri Introvert Ini?

Apakah kamu sering disebut introvert karena kamu lebih senang menyendiri atau irit bicara? Introvert memang sering diasosiasikan dengan pemalu padahal itu tidak benar.

Daftar isi:

  1. 1. Apa Itu Introvert?
  2. 2. 15 Ciri Orang Introvert

Apa Itu Introvert?

Orang introvert adalah orang dengan kualitas tipe kepribadian yang dikenal sebagai introversi, yang berarti mereka merasa lebih nyaman untuk fokus pada pikiran dan ide batin mereka, daripada apa yang terjadi di luar sana. Mereka senang menghabiskan waktu hanya dengan satu atau dua orang, dibandingkan dengan kelompok besar atau orang banyak. 

15 Ciri Orang Introvert

Karena kesalahpahaman tentang rasa malu ini, banyak orang berasumsi bahwa mereka tidak introvert padahal sebenarnya mereka pun secara tidak sadar adalah orang introvert. Berikut 15 ciri kalau kamu seorang introvert, meskipun sebelumnya mungkin kamu tidak pernah menyangka bahwa kamu memiliki kepribadian ini. 

Klik Untuk Donasi - Alami Kelainan Usus, Elnino Tidak Bisa BAB Lewat Anusnya!
Intususepsi
Elnino Sabian Rindra
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.19,178,721
  2. Pencapaian 61.77%
  3. Donatur 197

1. Berada di Antara Banyak Orang Membuatmu Stres

Kerumunan jelas bukan tempat favorit bagi para introvert. Konser, konferensi, rapat umum, tempat olahraga, semua ini bisa jadi tempat membuat orang introvert sangat tidak nyaman. 

2. Tidak Suka Bertemu Orang Baru 

Ini bukan berarti kamu tidak mudah berteman, tapi terkadang bertemu orang baru menghabiskan banyak energimu. Menjaga percakapan dengan orang baru itu sulit, dan kamu merasa terkuras ketika harus membuat percakapan.

3. Mahir Berbicara di Depan Umum tapi Tidak Mahir Basa-Basi 

Hanya karena kamu seorang introvert, bukan berarti kamu tidak ramah dan tidak percaya diri. Kamu mungkin lebih baik dalam berbicara di depan umum dibandingkan ketika harus melakukan obrolan yang muncul setelahnya. Berbaur dalam kerumunan bukanlah gayamu.

4. Berteman dengan Orang Ekstrovert

Ini menarik, bukan? Banyak orang introvert berteman dengan orang ekstrovert karena ini memberikan keseimbangan bagi kedua tipe orang tersebut. Kadang-kadang, orang introvert perlu dikeluarkan dari zona nyamannya sedikit, dan orang ekstrovert perlu menyadari manfaat dari waktu yang tenang.

#UsahaBareng Bantu UMKM dan Pemulung di tengah Pandemi.

5. Tidak Suka Wawancara (di Awalnya) 

Wawancara kerja bukanlah hal favorit orang introvert. Namun, introvert bisa menjadi hebat dalam hal wawancara! Saat masuk, kamu mungkin gugup, tetapi begitu kamu mengenal pewawancaranya, kamu sedikit lebih baik, kamu bisa akrab.

6. Orang Introvert Adalah Teman Setia

Orang introvert cenderung menjadi orang yang sangat setia dan jujur. Karena energi introvert berasal dari diri mereka sendiri, dan bukan dari orang lain, sangat mudah untuk jujur ​​dan terbuka dengan teman-temanmu.

7. Terkadang Tidak Suka Melakukan Apa Pun

Orang ekstrovert selalu berpindah dari satu hal ke hal lain, tapi orang introvert melihat betapa berharganya waktu yang tenang.  Tidak melakukan apa-apa adalah cara bagi kamu untuk rileks dan memulihkan energi.

8. Mengalami Kecemasan Sebelum Menelpon atau Menjawab Telepon

Menggigil, berkeringat, telapak tangan berkeringat, mulut kering dan ingin buang air kecil. Ya, ini adalah gejala yang akan dialami orang introvert ketika harus melakukan panggilan telepon atau harus menerima panggilan telepon.

9. Selalu Berpikir Sebelum Berbicara 

Orang introvert meluangkan waktu untuk mengumpulkan pikiran mereka sebelum mengatakan apa pun. Mereka memikirkan setiap skenario yang mungkin terjadi berkali-kali sebelum mengatakan sesuatu.

10. Senang Bekerja di Lingkungan yang Tak Perlu Mengandalkan Orang Lain

Pergi ke lingkungan kantor biasanya bukan sesuatu yang menyenangkan bagi orang introvert. Kecuali jika mereka bisa pergi ke ruangan kantor mereka sendiri dan meletakkan, “Tanda Jangan Ganggu” di pintu mereka sepanjang hari, maka itu tidak masalah. Orang introvert cenderung melakukan pekerjaan yang tidak membutuhkan banyak orang. 

11. Orang Introvert Belajar dengan Mengamati

Orang introvert adalah pengamat yang sangat hebat. Mereka tidak hanya mengamati orang lain, tapi juga diri mereka sendiri. Mereka adalah pengkritik terbesar bagi mereka sendiri dan sangat menyadari kekurangan mereka dan bagaimana memperbaikinya.

12. Lebih Suka Menjadi Ahli dalam Satu Hal Daripada Mencoba Melakukan Banyak Hal

Jalur otak dominan yang digunakan orang introvert adalah yang memungkinkan kamu untuk fokus dan memikirkan berbagai hal untuk sementara waktu, sehingga mereka diarahkan untuk belajar secara intens dan mengembangkan keahlian.

13. Sering Diminta untuk “Keluar dari Cangkangmu.”

Orang dewasa introvert sering mengatakan bahwa sebagai anak-anak, mereka disuruh keluar dari cangkangnya atau lebih banyak berpartisipasi di dalam kelas.

14. Lebih Senang Melihat Gambaran Besar

Saat menjelaskan cara berpikir para introvert, Carl Jung, psikolog dan psikiater terkenal dari Swiss, menjelaskan bahwa orang introvert lebih tertarik pada ide dan gambaran besarnya daripada fakta dan detail. Tentu saja, banyak introvert unggul dalam tugas-tugas yang berorientasi pada detail, tapi mereka juga sering memikirkan konsep yang lebih abstrak.

15. Suka Menunggu untuk Membalas Pesan

Ketika kamu lihat ada pesan teks dari teman, kamu menunggu sampai kamu benar-benar siap untuk membacanya serta menjawabnya. Bagaimanapun, kamu suka untuk melakukan sesuatu dengan kecepatanmu sendiri.

Jadi, kalau kamu merasa ciri-ciri itu ada pada dirimu, kemungkinan kamu orang introvert. Sambil mempelajari kepribadianmu, jangan lupa juga untuk meluangkan waktu dengan membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit.

Kamu juga bisa berdonasi lebih mudah melalui aplikasi WeCare.id. Caranya, download aplikasi WeCare.id di ponselmu. Donasi yang kamu berikan tentu sangat berharga untuk teman-teman yang membutuhkan.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

download_app

Referensi

Donaghy, J. (2020). 15 Signs You’re an Introvert. alux.com.
Gregoire, C. (2020). 23 Signs You’re Secretly An Introvert. huffpost.com.Heath, M. (2020). 15 Signs You’re An Introvert, Even If You Don’t Feel You Are. lifehack.org.