Inilah 5 Manfaat Jeruk Nipis yang Perlu Kamu Tahu!

Inilah 5 Manfaat Jeruk Nipis yang Perlu Kamu Tahu!

Jeruk nipis selama ini dikenal sebagai pelengkap masakan. Segelas air yang diberi sedikit perasan jeruk nipis juga akan terasa menyegarkan terutama di siang hari yang panas. Buah kecil ini memiliki banyak sekali kandungan nutrisi seperti kalsium, fosfor, kalium, dan vitamin C. 

Dengan banyaknya nutrisi di dalamnya baik pada daun tanaman maupun buahnya, tidak mengherankan jika jeruk nipis memiliki banyak sekali khasiat untuk kulit maupun tubuh. Nah, apa saja sih manfaat yang terkandung dalam buah dengan harga murah ini?

Meningkatkan fungsi pencernaan

Terapi air jeruk nipis bisa membantu meningkatkan fungsi pencernaan kita. Dengan sifatnya yang asam, jeruk nipis akan membantu sistem pencernaan mencerna makanan tersebut. Tidak hanya itu saja, flavonoid yang terkandung di dalamnya juga mendorong pengeluaran cairan pencernaan.

Air jeruk nipis juga baik untuk kamu yang bermasalah dengan konstipasi atau asam lambung. Yang perlu kamu lakukan adalah minum satu gelas air hangat yang sudah dicampur dengan dua sendok teh perasan jeruk nipis kurang lebih setengah jam sebelum makan. Terapi  ini akan membantu mengurangi gejala asam lambung. 

Melawan infeksi

Ketika pergantian musim telah tiba, kita jadi rentan terkena flu. Nah, minum air perasan jeruk nipis akan membantu tubuh tetap sehat sepanjang hari berkat vitamin C dan antioksidan yang terkandung di dalamnya.

Dua nutrisi ini dapat memperkuat sistem imun serta membantu melawan infeksi seperti virus flu. Selain itu, dua nutrisi pada jeruk nipis ini juga memiliki khasiat membantu sakit flu cepat sembuh.

Klik Untuk Donasi - Bantu Pembudidaya Ikan yang Kesulitan Saat Pandemi!
  1. Terdanai Rp.5,849,464
  2. Pencapaian 16.88%
  3. Donatur 154

Menyehatkan kulit

Buah yang masih tergolong dalam kelompok sitrus, termasuk jeruk nipis, dikenal memiliki manfaat yang baik untuk kulit. Menggunakan jeruk nipis untuk wajah dapat membantu mengatasi noda hitam, mengurangi jerawat, mengecilkan pori-pori, membersihkan sel-sel kulit mati, dan banyak lagi.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa menggunakan masker yang mengandung jeruk nipis secara rutin. Menggosok kulit dengan kulit jeruk nipis juga mampu mengurangi tampilan hyperpigmentation yang merupakan salah satu ciri-ciri penuaan.

Menurunkan kadar gula darah

Sebagai buah yang kaya akan kandungan vitamin C, jeruk nipis juga bermanfaat bagi orang-orang yang menderita diabetes. Hal ini karena jeruk nipis memiliki kemampuan untuk mengatur penyerapan glukosa dalam darah berkat indeks glikemiks-nya yang cenderung rendah.

Karena kemampuannya tersebut, penderita diabetes yang mengonsumsi jeruk nipis tidak akan mengalami peningkatan gula darah secara tiba-tiba,, suatu kondisi yang sering dialami penderita diabetes.

Mengurangi risiko penyakit jantung

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jeruk nipis juga kaya akan mineral seperti kalium serta magnesium. Dua mineral ini baik untuk kesehatan jantung, bahkan kalium secara alami dapat membantu membuat tekanan darah menjadi lebih rendah serta meningkatkan sirkulasi darah. Dua manfaat inilah yang membuat jeruk nipis bermanfaat dalam mengurangi risiko stroke hingga serangan jantung.

Hingga saat ini, penelitian masih terus berlanjut tentang limonin, suatu senyawa jeruk nipis yang diperkirakan dapat menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh. Kita tahu bagaimana kombinasi tekanan darah tinggi kolesterol dapat menyempitkan dan mengeraskan pembuluh. Kondisi inilah yang memicu risiko penyakit yang berkaitan dengan pembuluh darah seperti stroke dan jantung.

Beberapa risiko penyakit di atas dapat dicegah dengan gaya hidup sehat dan pola makan yang seimbang. Namun ketika sudah terjadi, maka akan diperlukan perawatan yang dapat menghabiskan banyak biaya, misalnya penyakit diabetes yang dapat memicu komplikasi lainnya.

Klik Untuk Donasi - WeCare.id #UsahaBareng GandengTangan
  1. Terdanai Rp.36,885,076
  2. Pencapaian 70.97%
  3. Donatur 283

WeCare.id mengajak kamu membantu teman-teman yang kurang beruntung untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Untuk mempermudah memberikan donasi kapan saja kepada mereka yang membutuhkan, kamu bisa menggunakan aplikasi WeCare.id yang sudah tersedia di gawai kamu masing-masing!

download_app

Referensi:

Higuera, V. (2019). 8 Benefits of Lime Water for Health and Weight Loss. Healthline.