5 Fakta Bermanfaat tentang Daun Kelor untuk Kesehatan

5 Fakta Bermanfaat tentang Daun Kelor untuk Kesehatan

Apa yang terlintas di benak kamu saat mendengar kata daun kelor? Umumnya orang di Indonesia mengaitkan daun ini dengan hal-hal yang berbau klenik. Namun ternyata ada fakta menarik tentang daun kelor yang tak banyak diketahui orang.

Dikutip dari laman situs Detik News, daun kelor menjadi salah satu komoditi ekspor daerah Jawa Timur.  Salah satu desa di Pasuruan menjadi penghasil daun kelor untuk diekspor ke Korea Selatan. Di negara lain daun kelor digunakan sebagai obat herbal, sementara di Indonesia daun ini dimanfaatkan sebagai teh dan kapsul.

Fakta tentang Daun Kelor

Moringa oleifera atau kelor merupakan tumbuhan yang juga sering disebut sebagai pohon drumstick, pohon ben oil, pohon ajaib, atau pohon lobak. Pohon ini merupakan tumbuhan asli India tapi tumbuh juga di Asia, Afrika juga Amerika Selatan.  Lalu, apa saja fakta menarik tentang daun kelor dan apa saja manfaatnya untuk kita? Simak rangkuman informasi berikut ini:

1. Meningkatkan Energi dengan Kandungan Zat Besinya

Satu porsi daun kelor mengandung tiga kali lipat jumlah zat besi yang dimiliki oleh bayam. Zat besi merupakan elemen penting dari hemoglobin. Kekurangan zat besi biasa disebut dengan istilah anemia defisiensi besi yang bisa menyebabkan kamu jadi kurang energi dan merasa lelah. Pola makan yang buruk bisa mengakibatkan anemia. Oleh karena itu, daun kelor bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah ini bagi banyak orang.

2. Menyembuhkan Infeksi dan Luka Kulit

Radikal bebas dengan kadar yang tinggi bisa mengakibatkan stres oksidatif, yang berhubungan dengan penyakit kronis contohnya penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Beberapa senyawa tanaman antioksidan ditemukan di daun kelor.

Daun ini tak hanya mengandung vitamin C dan beta-karoten, tapi juga mengandung quercetin, yaitu antioksidan kuat yang bisa membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu daun kelor juga mengandung asam klorogenat yg juga ada dalam kopi. Asam klorogenat bisa membantu menurunkan kadar gula darah setelah makan.

Klik Untuk Donasi - Bantu Pembudidaya Ikan yang Kesulitan Saat Pandemi!
  1. Terdanai Rp.5,849,464
  2. Pencapaian 16.88%
  3. Donatur 154

3. Menurunkan Kolesterol

Kelor mempunyai beragam manfaat yang tidak hanya menurunkan produksi kolesterol dalam tubuh, tapi juga mencegahnya terperangkap di pembuluh darah, menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.

Sebuah studi yang dilakukan pada orang-orang yang tetap menjalani diet tinggi lemak dan diberikan ditambah ekstrak daun kelor menemukan bahwa ekstrak daun mentah mengurangi dampak diet yang buruk dengan menurunkan kolesterol yang diproduksi dalam serum, hati dan ginjal.

4. Menurunkan Kadar Gula Darah

Beberapa penelitan yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa kelor dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Selain itu, beberapa penelitian kecil yang dilakukan manusia juga menghasilkan hasil yang menggembirakan. Satu studi studi kecil yang dilakukan oleh Sri Ramachandra Medical College and Research Institute di tahun 2009 pada enam orang yang memiliki diabetes menunjukkan bahwa penambahan 50 gram daun kelor pada makanan mengurangi kenaikan gula darah sekitar 21%. Sementara penelitian lain yang melibatkan 30 perempuan menunjukkan bahwa mengonsumsi 7 gram atau sekitar 1,5 sendok teh bubuk daun kelor tiap hari selama tiga bulan dapat mengurangi kadar gula darah puasa sekitar 13,5%.

Klik Untuk Donasi - GORRY BERBAGI | SEHAT BERSAMA, BANGKIT BERSAMA
  1. Terdanai Rp.8,031,500
  2. Pencapaian 23.28%
  3. Donatur 196

5. Mengobati Gangguan Perut

Ekstrak daun kelor bisa membantu untuk mengobati beberapa gangguan lambung, contohnya gastritis, sembelit, dan kolitis ulserativa. Kelor juga memiliki sifat antibiotik juga antibakteri yang bisa membantu untuk menghambat pertumbuhan beragam patogen. Selain itu, kandungan vitamin B-nya yang tinggi bisa membantu pencernaan.

Sembari mengedukasi diri dengan informasi bahan rumah tangga yang berguna bagi kesehatan, jangan lupa luangkan waktumu untuk membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit. Cukup download aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

5 Interesting Facts About The Moringa Tree. (2020). Childfund.org.nz.
Atli Arnarson BSc, P. (2018). Healthline.com.
Cadman, B. (2020). What makes moringa good for you? Medical News Today.
Nurhalim, S. (2019). Mitos dan Fakta Daun Kelor Dipercaya Peluntur Susuk Serta Banyak Khasiat. News.detik.com.
Top 10 Moringa Nutrition Facts. (2020). Insidemoringa.com.