5 Cara untuk Mengempeskan Gusi Bengkak Secara Alami

5 Cara untuk Mengempeskan Gusi Bengkak Secara Alami

Mengalami gusi bengkak pasti membuat kamu tidak nyaman. Gusi bengkak bisa terjadi dikarenakan beberapa penyebab. Gejala ini bisa ditandai dengan ciri seperti gusi memerah dan lunak yang terkadang jadi berdarah ketika kamu menggosok gigi. Gejala lain termasuk sariawan, bau mulut terus-menerus, dan jaringan gusi turun atau tidak melekat pada gigi.

Penyebab Gusi Bengkak

Menurut American Academy of Periodontology penyebab utama radang gusi adalah plak. Namun ada juga faktor lain yang menyebabkannya, seperti stres, penggunaan tembakau, gizi buruk, obesitas, dan usia 65 tahun atau lebih. Semua faktor itu dapat berkontribusi untuk masalah ini atau meningkatkan risiko.

Klik Untuk Donasi - Sejak Lahir Giska Alami Katarak, Bantuanmu Sangat Diharapkan!
Gangguan Pendengaran, Katarak Konge...
Giska Alea Putri
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.5,091,539
  2. Pencapaian 6.28%
  3. Donatur 46

Pengobatan Gusi Bengkak Secara Alami

Ada kabar baik bahwa ada cara untuk mengempeskan gusi bengkak secara alami. Kamu dapat mengatasi gusi bengkakmu di rumah.  Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi gusimu yang bengkak, di antaranya:

Kompres Hangat dan Dingin

Kamu bisa mengunakan kompres hangat dan dingin secara bergantian untuk mengatasi gusi bengkakmu. Gunakan kedua kompres secara bergantian sampai rasa sakit dan bengkaknya mereda.

Cara menggunakan kompres panas yaitu dengan memanaskan air, tetapi pastikan air tersebut tidak sampai mendidih, cukup sampai pada tingkat panas yang bisa kamu tahan. Ambil kain bersih dan rendam ke dalam air, kemudian peras dan letakkan di wajah di area gusi yang sakit.

Cara penggunaan kompres dingin yaitu dengan membungkus es balok dengan kain bersih dan gunakan cara yang sama seperti kompres panas.

Klik Untuk Donasi - Lahir Prematur tanpa Bantuan Tenaga Medis. Kenzie Butuh Pertolongan Segera
Inkompatibilitas ABO, Meningitis Ne...
Kenzie Mahardika Putra
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.14,697,451
  2. Pencapaian 51.12%
  3. Donatur 315

Kumur dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam merupakan pengobatan alami yang bagus untuk membantu meredakan nyeri dan mengempeskan gusi yang bengkak. Garam di dalam air mencegah pertumbuhan bakteri dan membantu menyingkirkan bakteri yang sudah tumbuh di mulut.

Caranya yaitu dengan mengambil air hangat kemudian tambahkan 1 sendok teh garam ke dalamnya. Berkumurlah dengan air garam selama beberapa detik. Pastikan kamu tidak menelan airnya. Lakukan hal ini setidaknya dua kali sehari.

Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida bisa membantumu untuk meredakan nyeri dan mengurangi radang gusi. Hidrogen peroksida merupakan zat yang bagus untuk membunuh kuman dan melawan banyak masalah mulut lainnya.

Cara menggunakannya yaitu dengan mencampur air dengan hidrogen peroksida dalam takaran yang sama. Berkumurlah dengan larutan peroksida selama sekitar 20 detik, lalu muntahkan airnya, dan bersihkan dengan berkumur menggunakan air hangat.

Cara lain untuk menggunakan hidrogen peroksida yaitu dengan membuat pasta menggunakan soda kue. Oleskan pasta gusi yang bengkak, tunggu sebentar, lalu bilaslah.

Klik Untuk Donasi - Bertubuh Kurus dan Alami Radang Paru-Paru, Reza Butuh Bantuanmu Segera!
Pneumonia, Gizi Buruk
Muhammad Syahreza
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.10,708,070
  2. Pencapaian 62.13%
  3. Donatur 163

Kantong Teh Celup

Untuk mengatasi gusi bengkak bisa menggunakan kantong the celup. Caranya yaitu dengan merendam kantong teh dalam air mendidih setidaknya selama 5 menit, seperti akan membuat teh. Biarkan kantong teh mendingin selama beberapa menit, agar tidak terlalu panas dan tempelkan pada gusi yang bengkak.

Tidak semua teh bisa digunakan untuk mengatasi gusi bengkak. Coba pilih teh yang mempunyai khasiat astringen seperti teh hijau, teh hitam, atau teh kembang sepatu. Selain itu, kamu juga bisa memilih teh yang kaya akan sifat anti-inflamasi seperti kamomil dan jahe.

Tree Tea Oil

Tree tea oil dikenal dengan sifat anti-inflamasi dan antibiotik alami. Sangat cocok untuk membantu mengatasi nyeri gusi dan penyakit mulut lainnya. Untuk menggunakannya, cukup dengan meneteskan beberapa tetes tree tea oil ke dalam segelas air dan gunakan sebagai obat kumur biasa.

Selalu perhatikan kesehatan gigi dan mulutmu agar terhindar dari masalah gigi seperti gusi bengkak. Selain itu, jangan lupa juga untuk meluangkan waktu dengan membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit. Cukup download aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

download_app

Referensi

10 Simple Ways to Relieve Painful Gums. (2020). deekaydental.com.

Sharon Boyd, R. (2020). Swollen Gums – Causes, Symptoms and Treatment. oralucent.com.

What to Do About Gum Swelling. (2020). colgate.com.