Fakta Unik Seputar Buah Naga yang Menyehatkan

Fakta Unik Seputar Buah Naga yang Menyehatkan

Siapa yang tidak kenal dengan buah naga. Dengan bentuk yang unik, ternyata rasanya juga tidak kalah lezatnya dengan jenis buah-buahan lainnya. Dibalik kelezatannya juga, buah eksotis ini ternyata punya beragam khasiat. Ingin tahu fakta unik seputar buah naga yang bisa menyehatkan tubuh kamu? Ini dia infonya!

Klik Untuk Donasi - Bantu Orangutan Kalimantan Kembali ke Habitatnya
  1. Terdanai Rp.12,601,581
  2. Pencapaian 12.00%
  3. Donatur 93

Asal usul yang masih menjadi misteri

Buah naga dapat ditemukan dengan mudah di berbagai belahan dunia. Namun buah ini lebih mudah ditemukan di negara-negara tropis. Namun, asal usul buah yang bernama lain Pitaya ini masih menjadi misteri.

Buah naga diperkirakan berasal dari Amerika Selatan. Orang Prancis diyakini telah membawa buah naga ke Vietnam lebih dari seratus tahun yang lalu. Buah naga ditanam di sana untuk dimakan oleh bangsawan dan keluarga kaya.

Jenisnya bukan hanya Satu

Biasanya kita melihat buah naga dengan kulit berwarna kemerahan dan daging buah yang berwarna putih. Ternyata bukan itu saja jenisnya. Hingga saat ini terdapat sembilan spesies buah naga yang dikenal di seluruh dunia. Kesembilan jenis  buah ini terbagi lagi menjadi 17 varietas.

Namun secara umum, tampilan buah ini ada tiga jenis:

  • Buah dengan kulit berwarna merah muda dan daging buah berwarna putih
  • Buah dengan kulit berwarna merah muda dan daging buah berwarna merah
  • Buah dengan kulit berwarna kuning dan daging buah berwarna putih

Klik Untuk Donasi - Bebaskan Anak Asmat dari Gizi Buruk bersama Food For Share!
  1. Terdanai Rp.12,288,650
  2. Pencapaian 11.70%
  3. Donatur 221

Ada kisah di balik bentuknya yang unik

Selain bentuknya yang unik, buah naga juga memiliki kisah menarik. Cerita yang kabarnya diciptakan oleh seorang pedagang ini menyebutkan bahwa buah ini berasal dari naga yang dapat menyemburkan api ribuan tahun lalu.

Selama pertempuran melawan manusia, sang naga mengeluarkan buah ini dari lubang hidungnya. Setelah naga tersebut mati, buah tersebut dikumpulkan dan dipersembahkan pada sang kaisar. Untuk merayakan kemenangan, para prajurit memakan daging naga tersebut.

Dari seluruh bagian tubuh naga, dipercaya bahwa bagian pangkal ekor naga merupakan daging yang paling lezat. Bagian ini disebut “jaina” yang berarti “rasa terbaik dan paling manis”. Tidak aneh jika beberapa jenis buah naga juga memiliki julukan yang sama, jaina.

Buah naga memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan

Banyak sekali kandungan nutrisi yang dimiliki buah naga. Karena itu buah ini sangat bermanfaat untuk kesehatan. Beberapa khasiat yang dimilikinya antara lain.

Dapat membantu memerangi penyakit kronis

Buah naga kaya akan antioksidan. Antioksidan mencegah kerusakan sel dan peradangan bekerja dengan cara menetralkan radikal bebas dalam tubuh. Studi menunjukkan bahwa diet tinggi antioksidan dapat membantu mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, dan artritis.

Klik Untuk Donasi - SERATUS RIBU PAKET SEMBAKO UNTUK WARGA PRASEJAHTERA DI BALI
  1. Terdanai Rp.3,331,000
  2. Pencapaian 2.90%
  3. Donatur 90

Sarat dengan kandungan serat yang tinggi

Serat makanan adalah karbohidrat yang tidak dapat dicerna yang memiliki banyak manfaat kesehatan potensial. Meskipun serat mungkin paling terkenal karena perannya dalam pencernaan, penelitian menunjukkan bahwa serat juga berperan dalam melindungi terhadap penyakit jantung, membantu penderita diabetes tipe 2, dan menjaga berat badan yang sehat.

Buah naga juga memiliki kandungan prebiotik yang dapat meningkatkan keseimbangan bakteri baik dalam usus. Mengonsumsi prebiotik secara teratur dapat mengurangi risiko infeksi pada saluran pencernaan.

Dapat meningkatkan Kadar zat besi dalam tubuh

Buah naga adalah salah satu dari beberapa jenis buah yang memiliki kandungan zat besi. Padahal untuk mendapatkan asupan zat besi harian, kamu harus mengonsumsi makanan seperti daging, ikan, polong-polongan, dan kacang-kacangan. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah ini juga dapat membantu tubuh menyerap zat besi.

Itulah beberapa fakta unik seputar buah naga yang harus kamu ketahui. Sambil bersantai dan menikmati buah naga, jangan lupa luangkan waktumu untuk membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit. Cukup download aplikasi WeCare.id untuk donasi mudah dan praktis kapan saja.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

download_app

Referensi

Aenlle, Kate (2017). Everything you need to know about dragon fruit. mashed.com

Meixner, Makayla MS, RDN (2018). 7 Great Reasons to Add Dragon Fruit to Your Diet. healthline.com

Growables (2018). Pitaya Species and Named Varieties. growables.org

Pine Island Nursery (n/a). Dragon Fruit Varieties. tropicalfruitnursery.com