Siapa yang Berisiko Terkena Hidrosefalus Tekanan Normal?

Hidrosefalus bisa terjadi pada semua usia, tetapi paling sering terjadi pada bayi dan orang dewasa berusia 60 tahun ke atas. Penyakit ini mempengaruhi pria dan wanita dewasa, serta orang-orang dari beragam ras.

Tidak banyak orang yang mengetahui tentang hidrosefalus pada orang dewasa. Hidrosefalus pada orang dewasa adalah satu-satunya penyebab demensia yang dapat disembuhkan. Para ahli percaya bahwa hidrosefalus tekanan normal menyumbang lima hingga enam persen dari semua kasus demensia.

Hidrosefalus Tekanan Normal

Normal Pressure Hydrocephalus (NPH) atau hidrosefalus tekanan normal merupakan salah satu bentuk hidrosefalus yang umumnya menyerang orang dewasa yang lebih tua. Seperti halnya bentuk hidrosefalus yang lain, kumulasi cairan serebrospinal atau CSF di otak bisa secara signifikan menyebabkan kerusakan serius dan mempengaruhi kemampuan kita untuk bergerak, berpikir, dan berfungsi secara normal. Terkadang NPH terjadi dengan sedikit atau tanpa peningkatan tekanan intrakranial, yaitu keadaan tekanan di dalam rongga kepala.

Menurut laman situs Hydrocephalus Canada, NPH mempengaruhi lebih dari 1 dari 200 orang dewasa di atas usia 55. Sayangnya, terlalu banyak orang dengan NPH tidak terdiagnosis atau salah didiagnosis dengan penyakit yang berhubungan dengan penuaan, seperti demensia, Alzheimer, atau Parkinson. Diagnosis yang tertunda dapat menyebabkan kerusakan otak yang tidak dapat diperbaiki. Jika Anda mencurigai seseorang yang Anda kenal mungkin memiliki NPH, pastikan untuk menanyakannya pada orang tersebut dan usahakan untuk melakukan pengujian diagnostik.

Penyebab fan Faktor Risiko

Hidrosefalus tekanan normal, dalam beberapa kasus, disebabkan oleh gangguan otak lain seperti cedera kepala, tumor, pendarahan, peradangan atau infeksi. Akan tetapi dalam banyak kasus, penyebab terjadinya penumpukan cairan tersebut masih belum diketahui.

Gejala

Gejala berikut dianggap sebagai ciri hidrosefalus tekanan normal, di antaranya:

  • Kesulitan berjalan yang kadang-kadang terlihat seperti orang  yang berjalan di atas kapal, dengan posisi tubuh membungkuk ke depan, kaki terentang lebar, dan kaki bergerak seolah-olah “menempel di geladak”.
  • Demensia ringan yang mengakibatkan hilangnya minat dalam aktivitas sehari-hari, menjadi pelupa, kesulitan menyelesaikan tugas rutin, dan kehilangan memori jangka pendek.
  • Penurunan keterampilan berpikir yang meliputi perlambatan proses berpikir secara keseluruhan, berkurangnya konsentrasi, sikap apatis, gangguan perencanaan dan pengambilan keputusan, serta perubahan kepribadian dan perilaku.
  • Kehilangan kontrol kandung kemih. Jika dibandingakan dengan kesulitan berjalan dan penurunan kognitif, gejala ini cenderung muncul agak belakangan.

Disebutkan dalam sebuah artikel yang ditulis oleh peneliti dari Klinik Bedah Saraf Universitas Heidelberg dan Departemen Bedah Saraf di Rumah Sakit Universitas Saarland yang diterbitkan dalam jurnal Deutsches Ärzteblatt International, gejala utama NPH adalah gangguan gaya berjalan, demensia, dan inkontinensia urin, yaitu ketidakmampuan menahan kencing. Masih menurut artikel tersebut, NPH dianggap oleh beberapa orang sebagai bentuk demensia yang berpotensi dapat disembuhkan.

Diagnosis dan Pengobatan

Untuk memastikan diagnosis hidrosefalus tekanan normal, dilakukan satu atau lebih dari tes berikut:

  • Pemeriksaan klinis. Karena gambaran klinis untuk hidrosefalus tekanan normal dapat bervariasi dan gejalanya mungkin tumpang tindih dengan gejala Alzheimer dan demensia lainnya, para ahli menganjurkan agar seseorang dengan dugaan hidrosefalus tekanan normal menjalani pemeriksaan oleh ahli saraf dengan pengalaman ekstensif mengevaluasi gangguan otak yang memengaruhi gerakan, keterampilan berpikir, dan fungsi fisik.
  • Evaluasi cara Anda berjalan
  • Pemindaian CT atau MRI otak Anda
  • Ketuk tulang belakang atau tusuk lumbal untuk mengeluarkan sampel cairan serebrospinal Anda

Tes yang akan dilakukan mungkin tergantung pada usia orang tersebut, gejala yang mereka alami, dan kelainan yang diketahui atau dicurigai pada otak atau sumsum tulang belakang.

Bagaimana Cara Mengobati Hidrosefalus Tekanan Normal?

Berikut ini adalah pengobatan yang bisa dilakukan untuk hidrosefalus tekanan normal:

Operasi Shunt

Untuk NPH, pengobatan yang umum digunakan adalah pembedahan untuk memasang selang, yang disebut shunt, ke otak untuk mengalirkan kelebihan cairan. Biasanya shunt dimasukkan ke dalam ventrikel di otak dan kemudian diteruskan di bawah kulit Anda dari kepala Anda melalui leher dan dada ke perut Anda. Cairan ekstra di otak Anda mengalir melalui shunt ke perut Anda, yang akan diserap oleh tubuh Anda. Ventrikel di otak Anda kemudian dapat kembali ke ukuran normalnya. Shunt tetap di tempatnya selama CSF di otak masih terlalu banyak.

Keberhasilan operasi shunt tidak terjadi pada semua orang, tetapi beberapa orang mendapatkan hasil dari operasi ini. Mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang cepat membantu meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan hasil yang baik.

Ventrikulostomi Ketiga Endoskopi (ETV)

Prosedur pembedahan yang disebut endoskopi ventrikulostomi ketiga (ETV) dapat dianggap sebagai alternatif untuk shunt bagi orang yang didiagnosis dengan stenosis akueduktal (penyumbatan saluran otak), penyempitan saluran air dari Sylvius (saluran yang menghubungkan ventrikel ketiga dan keempat dari otak) yang terletak di otak. Dalam prosedur ini, ahli bedah saraf menggunakan endoskopi khusus untuk membuat jalur CSF alternatif yang melewati penyumbatan di saluran air otak.

Penentuan adanya penyumbatan saluran otak dapat dilakukan dengan MRI, dan keberhasilan ETV pada orang dewasa bervariasi, dan beberapa orang yang menjalani prosedur ini kemudian memerlukan operasi shunt untuk mengatasi gejalanya. Saat ini uji klinis sedang mengeksplorasi ETV sebagai pengobatan untuk NPH.

Kapan Harus Menghubungi Dokter?

Jika Anda atau kerabat lansia mengalami perubahan dalam berjalan, berpikir, suasana hati, atau kehilangan kemampuan menahan kencing, segera hubungi dokter. Jelaskan kapan perubahan dimulai dan bagaimana pengaruhnya terhadap aktivitas fisik dan kesejahteraan emosional Anda.

Hal yang Penting untuk Diperhatikan

  • Kesulitan berjalan, kesulitan berpikir, atau hilangnya kontrol kandung kemih dapat mengindikasikan hidrosefalus tekanan normal.
  • Diagnosis dini dapat mencegah masalah jangka panjang.

Hai #TemanPeduli! Maukah kalian membantu adik-adik kecil yang menderita hidrosefalus agar hidupnya membaik? Kalian bisa membantu :

Rafi : https://wecare.id/rafi-aryasatya/

Ilham : https://wecare.id/arifin-ilham/

Siti : https://wecare.id/Barokah/

Uluran tanganmu sangat berarti sekali untuk mereka!:)

Sumber:

https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/hydrocephalus/normal-pressure-hydrocephalus
https://www.alz.org/alzheimers-dementia/what-is-dementia/types-of-dementia/normal-pressure-hydrocephalus
https://www.aans.org/Patients/Neurosurgical-Conditions-and-Treatments/Adult-Onset-Hydrocephalus?formid=124

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *