6 Jenis Olahraga yang Membantu Menguatkan Jantung

Kita mengenal jantung sebagai sebuah organ penting dalam tubuh. Namun kita tahu bahwa jantung juga memiliki otot. Jadi, apakah jantung itu sebuah organ atau otot?

Fakta tentang Jantung

Faktanya jantung adalah organ berotot. Jantung sebagian besar terdiri dari jenis jaringan otot yang disebut otot jantung. Otot ini berkontraksi ketika jantung Anda berdetak.  Letak jantung berada sedikit di sebelah kiri tengah dada Anda dan memiliki ukuran sebesar kepalan tangan Anda.

Organ merupakan sekelompok jaringan yang bekerja bersama untuk melakukan fungsi tertentu. Fungsi apa yang dilakukan oleh jantung? Jantung Anda berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh Anda. Darah tidak akan bisa bergerak melalui sistem peredaran darah tanpa aksi pemompaan dari Jantung. 

Bagaimana Jantung Berdetak?

Anda sering merasakan jantung Anda berdetak. Pernahkah Anda bertanya bagaimana jantung berdetak? Sebelum tiap detak, jantungmu dipenuhi darah. Kemudian otot jantung berkontraksi untuk menyemprotkan darah. Ketika jantung berkontraksi, jantung berdenyut. Untuk tahu bagaimana jantung mengeluarkan darah, cobalah meremas tangan Anda. Seperti itulah yang dilakukan oleh jantung agar hingga mengeluarkan darah. Jantungmu melakukan aktivitas tersebut 24 jam sepanjang waktu. Jantung merupakan organ pekerja keras.

Penyebab Jantung Tidak Sehat

Salah satu faktor risiko utama penyebab penyakit jantung  adalah gaya hidup yang tidak aktif. Namun faktor risiko ini bisa Anda hindari. Caranya? Tentu salah satunya adalah dengan olahraga yang teratur, terutama olahraga aerobik karena olahraga ini memiliki banyak manfaat. 

Berikut adalah manfaat aerobik bagi jantung Anda:

  • Memperkuat jantung dan sistem kardiovaskular Anda.
  • Meningkatkan sirkulasi Anda dan membantu tubuh Anda menggunakan oksigen dengan lebih baik.
  • Meningkatkan tingkat energi sehingga Anda dapat melakukan lebih banyak aktivitas tanpa menjadi lelah atau kehabisan napas.
  • Meningkatkan daya tahan.
  • Menurunkan tekanan darah. 
  • Meningkatkan tonus dan kekuatan otot.
  • Meningkatkan keseimbangan dan fleksibilitas sendi.
  • Memperkuat tulang.
  • Membantu mengurangi lemak tubuh dan membantu Anda mencapai berat badan yang sehat.
  • Membantu mengurangi stres, ketegangan, kecemasan, dan depresi.
  • Meningkatkan citra diri dan harga diri.
  • Memperbaiki tidur.
  • Membuat Anda merasa lebih rileks dan bisa beristirahat.
  • Membuat Anda terlihat bugar dan terasa sehat.

Hal yang bisa Anda lakukan untuk kesehatan Anda salah satunya dengan memperkuat jantung Anda. Seperti yang sudah Anda ketahui salah satu cara terbaik untuk menguatkan jantung Anda adalah dengan berolahraga. Faktanya, jika Anda tidak berolahraga, kemungkinan Anda terserang penyakit dua kali lebih besar dibandingkan dengan orang yang berolahraga. Jika Anda memiliki riwayat penyakit jantung, atau hanya khawatir tentang kesehatan jantung Anda, Anda perlu membuat rutinitas olahraga yang teratur. Jumlah waktu yang direkomendasikan oleh para ahli untuk berolahraga ringan setidaknya 150 menit per minggu.

Latihan untuk Menguatkan Jantung

Latihan seperti apa yang bisa memperkuat Jantung Anda? Inilah latihan terbaik untuk menguatkan jantung Anda.

  1. Jalan kaki

Salah satu olahraga yang mudah untuk dilakukan adalah berjalan kaki, terutama jalan cepat, adalah cara yang baik untuk memperkuat jantung Anda. Berjalan cepat akan meningkatkan detak jantung.  Anda bisa berjalan-jalan sebentar di waktu istirahat kerja atau di akhir pekan untuk waktu berjalan yang lebih lama. Agar kegiatan jalan kaki Anda lebih menyenangkan, Anda bisa melakukannya sambil mendengarkan musik. 

  1. Berenang

Mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk mengikuti kelas aerobik air atau berenang karena latihan ini bisa menggerakan seluruh tubuh yang akan memperkuat tidak hanya tubuh tetapi juga jantung. Olahraga ini juga mudah untuk persendian Anda seperti halnya berjalan kaki sehingga Anda dapat menggerakkan tubuh Anda tanpa menderita banyak rasa sakit.

  1. Latihan beban

Latihan lainnya yang dapat Anda lakukan untuk memperkuat jantung adalah dengan membangun otot-otot tubuh. Latihan beban akan membantu Anda membangun massa otot dan membakar lemak. Beberapa latihan beban yang paling efektif justru terjadi ketika Anda menggunakan berat badan Anda sendiri meskipun Anda dapat berolahraga di gym untuk berlatih dengan beban. Latihan seperti squat, push-up, atau bahkan pull-up semuanya membantu Anda membangun otot dan berkontribusi pada kesehatan jantung dan tulang Anda. 

  1. Bersepeda

Bersepeda sudah terbukti dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Data penelitian dari University of Southern Denmark, Skåne University Hospital Malmö,  Lund University, Umeå University, Swedia serta Harvard T. H. Chan School of Public Health, Amerika Serikat, menunjukkan bahwa perjalanan dengan sepeda ke tempat kerja adalah strategi penting untuk pencegahan primordial faktor risiko kardiovaskular klinis di antara pria dan wanita paruh baya.

Bersepeda menggunakan otot-otot besar di kaki Anda yang membantu meningkatkan detak jantung. Selain itu, bersepeda bahkan telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan mental Anda.

  1. Yoga

Yoga sangat bagus untuk kesehatan jantung Anda. Latihan ini dapat membantu menguatkan dan mengencangkan otot-otot tubuh seperti hasil penelitian dari The Chinese University of Hong Kong. Beberapa jenis yoga dapat meningkatkan detak jantung dan juga memberikan ketenangan yang bisa menurunkan tekanan darah Anda.

  1. Latihan interval

Latihan interval merupakan latihan fisik yang berganti-ganti antara latihan intensitas tinggi  yang singkat dengan periode pemulihan aktif yang lebih lama. Contohnya, Anda dapat berlari selama satu menit dan berjalan kaki selama tiga menit lalu ulangi siklusnya. Latihan ini meningkatkan dan menurunkan detak jantung Anda membantu membakar kalori dan meningkatkan fungsi pembuluh darah Anda.

Anda bisa memilih aktivitas yoga, bersepeda, berenang, dan yang lainnya,  tetapi penting bagi Anda untuk melakukannya secara teratur agar dapat menjaga kesehatan jantung Anda. 

Review : dr. Raisa

Yuk, konsultasi dokter gratis dengan dokter SEHATI:  http://line.me/ti/p/~@Wecare.id

Sumber:

https://intermountainhealthcare.org/blogs/topics/heart/2019/02/6-best-exercises-to-strengthen-your-heart/

https://www.medicinenet.com/fitness_exercise_for_a_healthy_heart/article.htm#what_are_examples_of_aerobic_exercises

https://blog.johnsonfitness.com/blog/how-to-strengthen-your-heart-5-simple-tips/

https://kidshealth.org/en/kids/heart.html

https://www.healthline.com/health/is-the-heart-a-muscle#heart-conditions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *