Manfaat Penting Bermacam Buah-Buahan Bagi Kesehatan Tubuh

Buah-buahan adalah bagian penting dari menu makan sehat karena biasanya tinggi vitamin, mineral, dan serat dan rendah kalori serta lemak jenuh. Mengonsumsi beragam buah dapat membantu kamu mengontrol berat badan dan tekanan darah serta mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Vitamin dan mineral juga membantu tubuh kamu dengan beragam fungsinya dalam keseharian.

Kandungan dalam Buah dan Fungsinya

Kalsium

Kalsium memiliki peran penting dalam tulang dan kesehatan gigi dan bisa mengurangi risiko pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Serat

Serat membantu pencernaan dan memberikan perasaan kenyang dengan kandungan kalori yang lebih sedikit. Diet kaya serat dapat membantu mengurangi kadar kolesterol, menjaga gula darah dan mengurangi risiko penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

Vitamin A

Vitamin A memiliki peranan penting untuk penglihatan, kulit dan sistem kekebalan tubuh. Mendukung pertumbuhan dan melindungi dari beberapa jenis kanker.

Antioksidan dan Fitonutrien

Antioksidan adalah vitamin, mineral, dan zat lain yang memerangi radikal bebas, yang berperan dalam pertumbuhan kanker dan penyakit jantung. Fitonutrien adalah pigmen warna pada buah dan sayuran yang dapat bertindak sebagai antioksidan atau meningkatkan manfaat antioksidan.

Kalium

Kalium membantu menjaga fungsi sel dan tekanan darah normal. Kekurangan kalium dapat meningkatkan risiko batu ginjal, penyakit kardiovaskular dan stroke.

Folat

Folat penting untuk pembelahan sel normal, penyembuhan luka dan pencegahan cacat lahir.

Vitamin C

Vitamin C penting untuk pembentukan kolagen, yang penting untuk kesehatan kulit. Membantu membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Manfaat Bermacam Buah-Buahan untuk Kesehatan

Buah kiwi

Mengandung lebih banyak vitamin C dibandingkan jeruk, kalium sebanyak pisang, dan mengandung serat empat kali lebih banyak dari seledri. Kiwi tidak mengandung natrium, sangat sedikit kandungan lemaknya, dan tidak mengandung kolesterol.

Kiwi membantu dalam proses pencernaan, melawan gangguan tidur, meningkatkan kekebalan tubuh, memberikan perlindungan dari kerusakan DNA, dan bagus untuk mata.

Anggur

Rendah kalori, menyediakan vitamin C dan kalium, dan rendah sodium.  Anggur meningkatkan penglihatan, membantu menyingkirkan masalah pernapasan, menurunkan kadar kolesterol jahat, menghilangkan masalah gusi, dan menyembuhkan radang sendi.

Jeruk

Salah satu sumber vitamin C terkaya, dengan satu jeruk ukuran sedang memberikan 117 persen dari nilai vitamin C harian seseorang.

Jeruk mengandung beberapa vitamin, mineral, dan antioksidan penting. Buah ini dapat mengurangi risiko beberapa kondisi seperti batu ginjal dan anemia.

Apel

Buah dengan serat tinggi, artinya memakannya dapat meningkatkan kesehatan jantung dan membantu menurunkan berat badan. Pektin dalam apel membantu menjaga kesehatan usus.

Nanas

Mengandung senyawa aktif yang disebut bromelain yang banyak orang gunakan sebagai suplemen makanan karena potensi manfaatnya bagi kesehatan. Nanas mengandung mangan yang digunakan tubuh untuk membangun tulang dan jaringan.

Pisang

Buah ini kaya akan kalium yang membantu tubuh mengendalikan detak jantung dan tekanan darah. Pisang terkenal karena kandungan kaliumnya yang tinggi. Kalium membantu tubuh mengendalikan detak jantung dan tekanan darah.

Pisang juga merupakan sumber energi yang baik, dengan satu pisang mengandung 105 kalori dan 26,95 g karbohidrat.

Penelitian dari Universitas Negeri Appalachian telah menunjukkan bahwa kandungan karbohidrat dan mineral yang tinggi dari pisang menjadikannya sumber bahan bakar sebelum berolahraga.

Alpukat

Alpukat kaya akan asam oleat, lemak tak jenuh tunggal yang membantu menurunkan kadar kolesterol. American Heart Association mengatakan bahwa mempertahankan kadar kolesterol sehat dengan lemak sehat dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Seperti pisang, alpukat kaya akan kalium. Alpukat juga mengandung lutein, antioksidan yang penting untuk kesehatan mata dan kulit.

Durian

Dijuluki raja buah, satu cup  (237 ml) durian menghasilkan 80% dari referensi asupan harian untuk vitamin C. Durian juga kaya akan mangan, vitamin B, tembaga, folat dan magnesium. Lebih lanjut, durian mengandung beberapa senyawa tanaman sehat yang berfungsi sebagai antioksidan.

 

Jambu biji

Buah ini memiliki profil nutrisi yang luar biasa. Makan hanya satu ons (28 gram) jambu biji akan memberi kamu 107% dari referensi asupan harian untuk vitamin C. Jambu biji juga kaya serat, folat, vitamin A, potasium, tembaga dan mangan.

Antioksidan dalam jambu biji telah terbukti melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif, menunjukkan bahwa jambu biji dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis.

Jambu biji adalah sumber pektin lain yang bagus. Pektin yang bermanfaat bagi pencernaan dan dapat membantu mencegah kanker usus besar  menurut penelitian dari Universitas Reading, Inggris.

Pepaya

Buah yang sangat sehat yang kaya akan vitamin C, vitamin A, kalium dan folat. Pepaya juga kaya akan antioksidan likopen yang anti kanker. Dalam penelitian dari National Institute of Public Health-National Institute of Hygiene, Polandia, disebutkan banyak penelitian mengkonfirmasi bahwa suplemen makanan dengan likopen mengurangi risiko kanker berbagai organ tetapi juga menghambat pertumbuhan tumor.

Terlebih lagi, penelitian dari beberapa universitas, di antaranya Universitas Hohenheim dan Ulm dari Jerman, Universitas Negeri Ohio dari Amerika Serikat dan Universitas Costa Rica, menunjukkan bahwa tubuh menyerap likopen lebih baik yang berasal dari pepaya daripada dari buah dan sayuran kaya likopen lainnya.

Mangga

Mangga kaya akan antioksidan lutein dan zeaxanthin yang dapat membantu melindungi penglihatan dan mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia (penyebab utama kebutaan pada orang dewasa).

Pir

Sebagian besar serat yang ditemukan dalam pir adalah serat larut, yang dapat membantu mencegah sembelit. Serat larut juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol darah dan mencegah penyakit jantung.

Faktanya, pir mengandung sekitar 84% kandungan air, membuat pir menjadi buah dengan salah satu kandungan air tertinggi dari semua buah.

Kandungan nutrisi pir memberikan berbagai vitamin dan mineral yang layak, tetapi tidak terlalu tinggi dalam nutrisi tertentu.

Tomat

Tomat adalah sumber likopen alami terbaik, antioksidan kuat yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dan melindungi terhadap kanker prostat stadium lanjut.

Review : dr. Denita

Yuk, konsultasi dokter gratis dengan dokter SEHATI:  http://line.me/ti/p/~@Wecare.id

Sumber:

https://www.education.ne.gov/wp-content/uploads/2017/07/FactsNutritionSection.pdf

https://www.heart.org/idc/groups/heart-public/@wcm/@fc/documents/downloadable/ucm_467681.pdf

https://www.healthline.com/nutrition/20-healthiest-fruits#section19

https://www.bodyandbeans.com/top-fruits-vegetables-with-respective-health-benefits/

https://www.canadianliving.com/health/nutrition/article/the-top-25-healthy-fruits-blueberries-apples-cherries-bananas-and-21-more-healthy-picks

https://www.medicalnewstoday.com/articles/324431.php

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *