Tips agar Tetap Sehat dan Bugar di Tempat Kerja

bisa mengontrol diri. Kuncinya adalah tidak berlebihan. Kamu tidak perlu sepenuhnya menghindari makanan cepat saji, cukup batasi saja konsumsinya.

Perhatikan juga konsumsi makanan utama. Makanlah sarapan yang enak dan mengenyangkan di pagi hari. Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Alicante, Spanyol menunjukkan bahwa terdapat dampak yang signifikan dari kualitas sarapan terhadap kualitas hidup yang berhubungan dengan kesehatan, stres dan depresi.

Makan siang dengan menu salad dan buah-buahan, dan hindari makanan yang tidak sehat dan mengandung minyak. Sebisa mungkin, hindari makan siang di meja kantor. Meninggalkan kantor untuk sementara waktu akan mencegah untuk makan yang berlebihan dan memberi waktu untuk istirahat sejenak. Jauhi cemilan sore, seperti keripik dan cokelat, karena itu akan menimbulkan masalah. Juga, pertahankan jadwal makan yang sehat di malam hari.

Camilan alternatif yang sehat, seperti buah-buahan, kacang-kacangan, atau smoothie sehat, akan membuat lebih terasa kenyang tanpa membuat kita menjadi merasa malas seperti setelah mengkonsumsi makanan cepat saji.

Berolahraga di Jam Istirahat

Alih-alih duduk untuk menghabiskan seluruh waktu jam makan siang untuk melakukan kegiatan istirahat lainnya, gunakan sebagian waktu istirahat untuk berolahraga. Jika di luar cuaca bagus, jalan-jalanlah barang sejenak. Cari teman kerja untuk berjalan bersama sehingga lebih menyenangkan. Carilah rekan kerja yang ingin mulai melakukan kegiatan berolahraga secara teratur.

Bawa Makan Siang dari Rumah

Perencanaan adalah kunci untuk makan siang. Pilihlah menu yang seimbang yang terdiri dari protein tanpa lemak, karbohidrat kompleks, lemak sehat dan sayuran berwarna. Makanan di kantin dan cepat saji sering kali mengandung banyak garam, gula, dan lemak jenuh, jadi sisihkan waktu pada malam hari sebelumnya untuk membuat persiapan makan siang yang lezat dan sehat.

Minum Air yang Cukup

Tetap terhidrasi dengan baik sangat penting untuk produktivitas, tingkat energi, dan kesehatan secara keseluruhan. Air membantu kita untuk tetap siaga dan segar, dan mendorong pemikiran jernih. Bawa botol air yang besar, isi dengan air lalu simpan di meja dan isi ulang sepanjang hari.

Jaga Postur Tubuh yang Baik

Mempertahankan postur tubuh yang baik sepanjang hari membutuhkan upaya yang penuh kesadaran. Sebagian besar karyawan, yang menggunakan komputer, menatap layar mereka selama berjam-jam dan perlahan-lahan tertarik ke arah komputer. Ini berarti mereka mencondongkan leher mereka ke depan, yang berakibat menekan leher dan tulang belakang. Postur seperti ini dapat dihindari dengan gerakan tertentu yang menggunakan bantuan meja. Yang paling populer adalah retraksi dagu, atau membuat lipatan dagu,   menopang leher dan punggung atas.

Belajar Mengelola Stres

Satu cara yang bagus untuk mengalahkan stres adalah dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan, seperti menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman, menonton film, membaca buku, dan pergi ke gym atau spa. Idenya adalah untuk menenangkan pikiran dengan merawat diri sendiri dan mencapai keseimbangan yang sehat.

Istirahatlah dan Nikmati Sinar Matahari juga Udara Segar

Pastikan untuk mendapatkan dosis vitamin D harian dengan cara keluar dari rumah setiap hari. Untuk mendapatkan kadar vitamin D yang optimal, disarankan untuk mendapatkan sinar matahari 10-15 menit selama dua kali seminggu pada siang hari pukul 11-3 siang tanpa menggunakan tabir surya.

Pada hari-hari sibuk pun penting untuk menyisihkan beberapa menit untuk beristirahat dan kemudian berkumpul kembali. Segarkan diri  dengan pergi keluar dan berjalan-jalan cepat di sekitar gedung kantor. Selain itu, kamu dapat menenangkan diri dari hari yang sibuk dengan hanya duduk dan bermeditasi dengan tenang selama beberapa menit dikelilingi oleh alam.

Batasi Konsumsi Kafein

Penting untuk mengkonsumsi kafein dan minuman berkafein lain secukupnya. Menurut penelitian dari Fakultas Kedokteran Universitas Keimyung, kopi baik untuk kesehatan ketika dikonsumsi dalam jumlah sedang. Dan beberapa efek negatif kopi cenderung muncul pada konsumsi yang berlebihan, jadi yang terbaik adalah untuk menghindari asupan kopi yang terlalu banyak.

Cobalah untuk mengurangi asupan kafein menjadi satu cangkir setiap pagi untuk menghindari tabrakan kafein di kemudian hari. Kamu juga dapat sangat mengurangi kalori dan asupan gula dengan minum kopi tanpa krim atau gula. Walaupun untuk sebagain orang rasanya kurang enak, tapi ini memiliki manfaat untuk kesehatan.

Jaga Kehigienisan

Menjadi higienis sangat membantu menjaga agar kita tetap sehat. Hal ini dapat diterapkan juga di tempat kerja. Simpan sebotol pembersih tangan di meja agar kita tidak sering  meninggalkan meja kerja untuk mencuci tangan. Dengan menggunakan cairan pencuci tangan, kita dapat mengindar dari situasi yang menyebabkan kita terkena batuk atau bersin, dan tetap sehat dan bebas kuman.

Review : dr. Denita

Yuk, konsultasi dokter gratis dengan dokter SEHATI:  http://line.me/ti/p/~@Wecare.id

Sumber:

https://www.huffpost.com/entry/10-best-practices-to-staying-healthy-at-work_n_6844336

https://www.bbcgoodfood.com/howto/guide/10-tips-stay-healthy-workplace

https://www.entrepreneur.com/article/282351

https://career.du.edu/blog/2018/02/22/10-ways-to-stay-healthy-when-you-work-in-an-office/

https://www.healthyfamiliesbc.ca/home/blog/why-being-healthy-work-important

https://www.abc.net.au/health/features/stories/2010/09/23/3019677.htm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *