Tips Makan Sehat dan Memilih Waktu Berolahraga yang Tepat Selama Puasa

Selama bulan suci Ramadhan, Muslim di seluruh dunia berpuasa setiap hari dari fajar hingga matahari terbenam.  Ada bukti yang menunjukkan bahwa puasa dapat memiliki efek positif pada kesehatan Anda. Banyak orang yang ketika berbuka puasa, yang karena rasa lapar, cenderung untuk menikmati makanan yang lebih berat dan lebih banyak daripada yang biasanya sehingga menyebabkan rasa lesu dan lelah.

Perasaan kembung dan lesu ini sering terjadi ketika memakan makanan berminyak pada waktu perut kosong yang dapat membuat Anda merasa lebih buruk jika Anda memilih minuman bersoda untuk melancarkan makanan.

Pentingnya Diet Seimbang dan Olahraga Ketika Berpuasa

Agar Anda tetap sehat selama berpuasa menjaga makanan ketika buka dan sahur adalah hal yang penting. Penelitian dari Universitas Ilmu Kedokteran Shiraz menyimpulkan bahwa  konsumsi diet seimbang kalori sedang dalam hubungannya dengan asupan cairan yang cukup selama Ramadhan dan puasa dapat secara signifikan menurunkan kadar serum glukosa, kolesterol, serta berat badan dan Indeks Massa Tubuh.

Jangan lupa juga untuk berolahraga. Menurut penelitian Habib Noorbhai dari Universitas Cape Town, berolahraga selama Ramadan sangat penting.  Hasil penelitian telah menunjukkan bahwa puasa selama 30 hari berturut-turut tanpa olahraga menghasilkan kemunduran kekuatan dan kebugaran. Individu yang berlatih minimal 3 hari seminggu selama 11 bulan tetapi menghindari pelatihan selama bulan Ramadhan, menempatkan mereka pada kemunduran sehubungan dengan adaptasi kardiovaskular dan resistensi.

Berikut ini tips makan sehat dan berolahraga selama berpuasa.

  1. Jangan lewatkan sahur

Selama Ramadhan, sahur menjadi lebih penting. Meskipun Anda merasa mampu untuk tidak makan sahur selama bulan puasa, tetapi alangkah baiknya jika Anda tidak melewatkannya. Menurut Tan Sheau Kang, Ahli Diet, Departemen Dietetik, Rumah Sakit Umum Singapura, melewatkan sahur memperpanjang periode puasa karena tubuh Anda jadi  bergantung pada makanan yang Anda konsumsi sebelumnya untuk mendapatkan semua nutrisi dan energi sampai waktu buka datang. Karena berpuasa lebih lama, Anda cenderung merasa dehidrasi dan lelah di siang hari. Selain itu, melewatkan sahur juga mendorong makan berlebihan selama berbuka puasa, yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak sehat.

  1. Minum cukup air dan makan makanan yang menghidrasi selama bulan Ramadhan

Minum air secukupnya di antara waktu buka dan sahur. Suhu panas bisa membuat Anda berkeringat banyak, jadi penting untuk minum cairan untuk menggantikan kehilangan cairan di siang hari. Anda juga bisa menambah asupan air dengan mengonsumsi makanan yang mengandung air. Coba tambahkan semangka pada menu sahur atau makan semangka sebagai suguhan manis setelah berbuka puasa. Hindari minuman berkafein seperti kopi, teh dan cola, karena kafein dapat membuat beberapa orang lebih sering buang air kecil, yang dapat menyebabkan dehidrasi. Juga ingat bahwa minuman bersoda dengan gula akan menambah kalori dalam diet Anda.

  1. Hindari makanan yang digoreng, makanan asin dan makanan tinggi gula

Banyak orang yang tergoda untuk berbuka puasa dengan berbagai macam gorengan atau makanan dan minuman yang mengandung banyak gula. Meskipun makanan-makanan ini membuat memberikan rasa enak tapi itu hanya jangka pendek saja. Keesokan harinya, makanan dan minuman tersebut dapat membuat puasa menjadi lebih sulit.

Selain bisa meningkatkan berat badan, makanan-makanan tadi bisa menyebabkan kelesuan dan kelelahan karena mengandung lemak dan gula yang banyak. Anda harus membatasi asupan garam, terutama selama sahur karena dapat meningkatkan rasa haus.

  1. Konsumsi banyak protein ketika sahur

Penting untuk fokus pada makanan yang lambat dicerna seperti makanan yang mengandung protein tinggi karena protein sangat penting bagi sel-sel tubuh Anda. Protein juga meningkatkan tingkat kenyang Anda sehingga mengurangi godaan untuk makan makanan banyak mengandung gula. Nikmati daging tanpa lemak panggang atau bakar, ayam tanpa kulit dan ikan, untuk mendapatkan porsi protein sehat yang baik.

 

  1. Konsumsi banyak buah dan sayuran

Pastikan untuk makan banyak buah-buahan dan sayuran segar selama bulan Ramadhan untuk mendapatkan banyak vitamin dan mineral penting yang baik untuk kesehatan.

Trik Berolahraga Selama Berpuasa

Bagi mereka yang enggan berolahraga selama bulan Ramadhan, faktanya adalah sangat sehat untuk berolahraga saat Anda berpuasa. Berolahraga dan berpuasa dapat dilakukan tanpa menyebabkan kerusakan pada tubuh, menurut Dr. Khalid Shams, Direktur Al Shahaneya dari Primary Healthcare Corporation (PHCC). Berolahraga selama bulan Ramadhan, jika dilakukan dengan benar pada waktu tertentu, dapat membantu mengendalikan berat badan seseorang dan mendorong gaya hidup sehat.

Menurut Dr. Khalid Shams ada tiga kali dalam sehari yang ideal untuk berolahraga selama bulan Ramadhan.

  1. Berolahraga di pagi hari setelah menahan diri dari makan dan perut telah mencerna makanan yang dikonsumsi ketika sahur sangat bermanfaat karena seseorang dapat bernafas dengan baik selama berolahraga.
  2. Berolahraga satu jam sebelum berbuka puasa direkomendasikan bagi orang-orang dalam kondisi fisik yang baik ketika cuaca cocok.
  3. Berolahraga adalah 4 hingga 5 jam setelah berbuka puasa, ketika seseorang telah sepenuhnya mencerna makanannya untuk menghindari risiko ketidaknyamanan lambung dengan mengarahkan kembali darah yang digunakan untuk pencernaan ke bagian tubuh lain seperti lengan atau kaki.

Olahraga yang Cocok Dilakukan Selama Berpuasa

Selama bulan Ramadhan Anda tetap bisa berolahraga namun pilihlan olahraga yang ringan dan nyaman sesuai dengan tingkat kebugaran Anda.

Ada beberapa jenis olahraga yang bisa Anda pilih, misalnya joging atau bersepeda, atau pergi ke gym untuk bersepeda statis dan treadmill. Olahraga apa saja boleh selama Anda tetap aktif.

Sangat penting untuk menemukan kapan waktu olahraga apa yang terbaik untuk Anda, karena setiap individu berbeda. Apakah lebih baik bagi Anda untuk berolahraga dengan perut kosong, atau setelah berbuka puasa setelah mengkonsumsi makanan ringan bergantung kepada kemampuan Anda masing-masing dan tingkat energy Anda.

Review : dr. Denita

Yuk, konsultasi dokter gratis dengan dokter SEHATI:  http://line.me/ti/p/~@Wecare.id

Sumber:

https://www.thepeninsulaqatar.com/article/08/06/2017/Exercise-during-fasting-not-harmful-Doctor

https://www.muslimaid.org/media-centre/blog/great-tips-for-healthy-eating-in-ramadan/

https://www.clevelandclinicabudhabi.ae/en/health-byte/pages/top-tips-for-ramadan-healthy-eating.aspx

https://www.healthxchange.sg/food-nutrition/food-tips/healthy-ramadan-fasting-tips

https://evolve-mma.com/blog/5-tips-for-exercising-during-ramadan/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *