Sudahkah Anda Tidur Siang Hari Ini?

Sebuah penelitian dari Brock University di Kanada meneliti manfaat tidur siang dengan berbagai durasi pada sekelompok orang dan membandingkannya dengan orang tanpa tidur siang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidur siang 10 menit menghasilkan manfaat paling besar dalam hal mengurangi kantuk dan meningkatkan kinerja otak.

Stigma tidur siang

Meskipun penelitian telah menunjukkan bahwa tidur siang adalah cara yang bermanfaat untuk menghilangkan rasa lelah, masih ada stigma yang terkait dengan tidur siang, antara lain tidur siang identik dengan orang malas, anak-anak, orang sakit, dan orang tua. Pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar karena terdapat beberapa manfaat dari tidur siang.

Jenis tidur siang

Tidur siang dapat dikategorikan ke dalam tiga cara berbeda:

  • Tidur siang yang direncanakan (juga disebut tidur persiapan) melibatkan tidur siang sebelum Anda benar-benar mengantuk. Anda dapat menggunakan teknik ini ketika Anda tahu bahwa Anda akan bangun lebih lambat dari waktu tidur normal Anda atau sebagai mekanisme untuk menangkal kelelahan lebih awal.
  • Tidur siang darurat terjadi ketika Anda tiba-tiba sangat lelah dan tidak dapat melanjutkan aktivitas yang awalnya Anda lakukan. Tidur siang jenis ini dapat digunakan untuk melawan rasa kantuk ketika mengemudi atau kelelahan saat menggunakan mesin yang berat dan berbahaya.
  • Tidur siang kebiasaan dilakukan ketika seseorang tidur siang pada waktu yang sama setiap hari. Contohnya pada anak kecil di mana mereka tertidur pada waktu yang sama setiap sore atau orang dewasa yang rutin tidur siang sebentar setelah makan siang.

Manfaat tidur siang

  • Tidur siang yang teratur dapat membantu mencegah penyakit jantung

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health dan University of Athens Medical School menemukan bahwa tidur siang mengurangi angka kematian akibat penyakit jantung koroner koroner sekitar sepertiga di antara pria dan wanita. Tidur siang juga mampu membantu mengatasi tekanan hidup sehari-hari menurut Michael Twery dari the National Heart Lung and Blood Institute.

  • Meningkatkan kreativitas

Jika Anda merasa daya imajinasi berkurang akhir-akhir ini, mungkin sudah waktunya Anda melakukan tidur siang. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam dari University of California at San Diego, orang yang melakukan tidur siang REM, yaitu keadaan tidur nyenyak ketika Anda bermimpi, membuat orang lebih kreatif dalam hal penyelesaian masalah jika dibandingkan dengan orang yang tidur siang non-REM.

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda

Kurang tidur, khususnya kurang tidur kronis yang berulang-ulang, berdampak buruk pada fungsi otak, hormon dan kekebalan tubuh Anda dengan meningkatkan molekul peradangan yang dikenal sebagai sitokin, serta hormon stres seperti kortisol dan norepinefrin. Sebuah penelitian di Université Paris Descartes-Sorbonne Paris Cité, pada tahun 2015 meneliti 11 pria muda yang sehat yang dibatasi waktu tidurnya hanya dua jam saja. Tes darah dan urin mengukur sitokin dan kadar norepinefrin yang lebih tinggi pada kedua kelompok setelah kurang tidur. Hasilnya, sampel darah dan urin dari mereka yang tidur siang menunjukkan bahwa tingkat sitokin dan norepinefrin mereka telah kembali normal, seolah-olah mereka tidak pernah kehilangan tidur malam.

  • Tidur siang 90 menit bermanfaat dalam proses belajar

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa orang melakukan tugas membedakan tekstur visual dengan lebih baik setelah tidur malam dibandingkan mereka yang melakukannya segera setelah mempelajarinya. Sebuah penelitian dari Harvard University tahun 2003 menemukan bahwa orang-orang mengerjakan tes dengan baik setelah tidur siang selama 60 hingga 90 menit sama seperti mereka yang mengerjakan tes setelah tidur semalaman.

Menurut Sarah Mednick, penulis buku “Take a Nap, Change Your Life!” yang menakjubkan mengenai tidur siang 90 menit adalah  Anda bisa mendapatkan manfaat [belajar] yang sama dengan periode tidur delapan jam. Dia menambahkan bahwa tidur siang memiliki manfaat tambahan selain tidur nyenyak.

  • Lebih waspada

Apakah Anda sedang dalam perjalanan panjang atau mencoba untuk melewati tugas yang sulit di tempat kerja? Tidur siang adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kewaspadaan jika Anda merasa kurang awas. Sebuah penelitian NASA menemukan bahwa setelah tidur selama empat puluh menit, pilot mereka menjadi lebih waspada dibandingkan dengan yang tidak.

  • Mencegah kelelahan

Dalam budaya kita yang selalu aktif, kita selalu sibuk. Namun, kita tidak seharusnya berlomba tanpa istirahat yang menyebabkan kita stres, frustrasi, dan kelelahan. Tidur siang berfungsi seperti reboot sistem. Aktivitas ini menghilangkan stres dan memberi Anda awal yang baru.

Secara umum, subjek penelitian yang melakukan tidur siang menunjukkan ketahanan emosional yang lebih besar, fungsi kognitif yang lebih baik, dan banyak lagi. Hanya tiga puluh menit dapat mencegah kelelahan dari menghancurkan sirkuit Anda.

 

Review : dr. Denita

Yuk, konsultasi dokter gratis dengan dokter SEHATI:  http://line.me/ti/p/~@Wecare.id

Sumber:

https://www.sleepfoundation.org/articles/napping

https://www.huffpost.com/entry/important-reasons-to-nap_n_5aa6805be4b086698a9fb30c

http://mentalfloss.com/article/502902/8-scientific-benefits-napping

https://michaelhyatt.com/why-you-should-take-a-nap-every-day/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *