Hindari Terkena Penyakit Setelah Lebaran dengan Tips Cara Makan Sehat Berikut

Bulan suci Ramadhan tahun ini kini telah berakhir dan kita siap untuk menyambut Idul Fitri atau yang biasa dikenal juga dengan istilah Lebaran. Idul Fitri adalah hari perayaan kemenangan atas perjuangan selama sebulan berpuasa. Acara ini dirayakan dengan penuh sukacita, memberikan sedekah dan pesta berbagai makanan lezat.

Selama bulan suci Ramadhan, tubuh perlahan-lahan mulai terbiasa dengan rutinitas tertentu menerima makanan pada waktu tertentu. Kembali ke kebiasaan makanan sebelum Ramadhan dapat menyebabkan kejutan pada sistem tubuh dan dapat memicu efek samping yang tidak diinginkan seperti gangguan pencernaan, dada terasa nyeri seperti terbakar, dan kenaikan berat badan dengan cepat. Hal umum yang terjadi selama perayaan Idul Fitri adalah makan berlebihan. Selain efek samping telah disebutkan tadi, makan berlebihan saat Lebaran juga dapat menyebabkan kelelahan dan kecenderungan untuk tidur dalam jangka waktu yang lebih lama.

Agar terhindar dari semua efek yang tidak menyenangkan tadi, ada baiknya untuk tetap menjaga pola makan. Jangan makan terlalu berlebihan dan jagalah pola makan yang sehat.

Berikut adalah tips cara makan sehat saat lebaran:

Awali dengan makan sayuran

Mengapa saat lebaran juga penting untuk tetap mengkonsumsi sayuran? Cara terbaik untuk mengendalikan dan mengurangi nafsu makan adalah makan sayuran terlebih dahulu. Sayuran penuh dengan nutrisi penting dan serat yang akan membuat kita merasa kenyang sehingga kita dapat menolak dengan sopan tawaran makan dengan tidak makan makanan berkalori tinggi dan menggemukan dalam jumlah banyak. Sebelum makan makanan lain, makanlah semangkuk salad atau tumis sayuran dan sesudahnya perut kita tidak akan meminta porsi makanan yang banyak mengandung kalori dan lemak.

 

 

Konsumsi makanan rendah garam

Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kelebihan garam tidak baik untuk tubuh. Penelitian dari Fakultas Kedokteran Universitas Yonsei menunjukkan dampak konsumsi garam yang berlebihan pada kesehatan dan khususnya pada tingkat tekanan darah dan penyakit kardiovaskular. Jadi, jangan pernah menambahkan terlalu banyak garam. Sebagai gantinya, gunakan rempah-rempah dan bumbu-bumbu seperti kemangi, peterseli, thyme, rosemary, bubuk ketumbar, lada, cabai dan jus lemon. Jangan menggunakan susu kental dalam jumlah banyak dan berhati-hatilah dengan gula saat memakan makanan manis.

Minum air sebelum makan

Sebuah studi dari Institut Politeknik dan Universitas Negeri Virginia menyimpulkan bahwa orang yang mengonsumsi dua gelas (500 mL) air sebelum makan, dia akan makan antara 75 dan 90 kalori lebih sedikit saat makan. Ini cara mudah untuk mengurangi asupan makanan.

Makanlah dalam porsi kecil dan sering

Makan dalam porsi besar sekaligus dapat menyebabkan masalah lambung. Semakin besar makanan, semakin lama waktu yang dibutuhkan perut untuk mencernanya. Mengkonsumsi makanan dalam porsi yang kecil dan sering membuat lambung lebih mudah mencerna makanan dan juga dapat merangsang metabolisme. Akan lebih baik untuk menjaga jarak antara waktu makan lebih pendek, seperti 3-4 jam daripada jarak yang terlalu panjang seperti 6-7 jam.

Jaga kadar gula

Kita tahu, makanan manis yang kita sukai tidak boleh dikonsumsi dalam jumlah banyak. Secara umum, saat Idul Fitri, umat Islam memulai hari mereka untuk saling menyapa dengan berbagi makanan-makanan manis, seperti kue-kue kering. Walaupun kita sangat menyukai makanan tersebut, tetap saja makanan itu harus dikonsumsi secara terkendali.

 

Jangan terlalu banyak makan daging-dagingan

Perayaan Idul Fitri identik dengan makanan non-vegetarian, tetapi pastikan daging-dagingan itu tidak menjadi bagian utama dari diet. Daging sulit dicerna dan memiliki banyak kalori. Cobalah makan daging yang mengandung lebih sedikit lemak dan hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan tersebut.

Kontrol porsi makan

Perbanyak mengobrol dan sedikit makan adalah pendekatan terbaik yang bisa dilakukan untuk mengurangi peluang mengalami gangguan pencernaan. Alih-alih berfokus pada makan, bersosialisasilah dan habiskan waktu dengan mengobrol bersama keluarga. Cara lain adalah menghindari tawaran menambah makanan yang sama, bahkan jika itu berarti mengatakan tidak kepada kerabat dekat.

Hindari makanan berminyak

Setelah sebulan makan pada waktu tertentu, tubuh menjadi terbiasa dengan kebiasaan itu. Mengkonsumsi terlalu banyak makanan berminyak dapat merusak lapisan perut dan dapat menyebabkan gangguan pencernaan juga. Jika ingin makan sesuatu yang berminyak yang tampak lezat, makan dalam porsi kecil saja untuk memberi kepuasan.

Jauhi minuman manis dan bersoda

Minuman manis dan berkarbonasi diam-diam mengandung gula yang seringkali tidak kita perhitungkan ketika menghitung kalori. Kurangi konsumsi minuman manis dan bersoda dah sebagai gantinya dapat menyeruput teh hijau, air infus atau air kelapa sebagai gantinya.

Segera beranjak dari meja makan setelah selesai makan

Ide dan tujuan makan saat Lebaran adalah untuk memuaskan rasa lapar dan ingat untuk tidak berlebihan ketika melihat berbagai macam hidangan. Ingatlah ketika merasa kenyang, itu adalah isyarat untuk selesai makan. Ketika perut tidak lagi bisa menampung makanan, perut akan mengirimkan sinyal ke otak sehingga kita tidak lagi memasukan makanan ke dalam perut. Perhatikan pesan yang disampaikan oleh tubuh dan katakan pada diri sendiri bahwa kita telah benar-benar menikmati hidangan Idul Fitri yang tersaji di meja. Setelah selesai, jangan berlama-lama, segeralah tinggalkan meja makan.

Kunyah dengan baik

Tidak semua orang sadar bahwa pencernaan sebenarnya dimulai bukan di perut, tetapi di mulut, saat kita mulai mengunyah. Air liur di mulut mengandung enzim yang mulai mencerna makanan bahkan sebelum kita menelannya. Mengunyah dengan benar akan mengirimkan sinyal ke tubuh untuk membuat tubuh siap untuk proses pencernaan.

Review : dr. Denita

Yuk, konsultasi dokter gratis dengan dokter SEHATI:  http://line.me/ti/p/~@Wecare.id

Sumber:

http://www.nestle-family.com/my-ramadan/ramadan-articles/english/healthy-way-to-enjoy-holy-eid.aspx

https://food.ndtv.com/health/eid-2017-6-tips-from-a-nutritionist-to-stay-healthy-this-eid-1428092

https://www.healthifyme.com/blog/8-tips-healthy-eid-month-fasting/

http://english.alarabiya.net/en/variety/2014/07/26/Top-tips-for-a-healthy-Eid-after-a-month-of-fasting.html

https://www.thehealthsite.com/fitness/eid-ul-fitr-5-tips-to-have-a-healthy-eid-this-year/

https://www.onlymyhealth.com/tips-to-stay-healthy-this-eid-ul-fitr-1528898499

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *