7 Tips Mengajar Anak-Anak Puasa untuk Pertama Kali

Mengajari anak untuk berpuasa terkadang susah-susah gampang. Ada anak yang dengan suka rela ingin ikut berpuasa, tetapi ada juga yang sama sekali tidak mau. Untuk bisa membuat anak Anda mau mencoba berpuasa, pertama-tama Anda harus memberikan dahulu pemahaman tentang apa itu puasa dan mengapa harus dilakukan tiap tahun.

Mengajarkan puasa kepada anak sejak dini juga bagus untuk membentuk karakter positif dalam diri mereka. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Ilmu Kedokteran Shahrekord, Iran menunjukkan bahwa puasa Ramadan menyebabkan peningkatan toleransi, tanggung jawab dan empati. Satu lagi penelitian tentang manfaat berpuasa dilakukan oleh Universitas Swami Vivekanand Subharti, India. Menurut penelitian tersebut salah satu keuntungan terbesar dari puasa adalah bahwa ketaatan yang sejati menanamkan dalam diri seseorang kebiasaan berbicara kebenaran.

Jadi tak ada salahnya untuk memulai memperkenalkan puasa kepada anak sedari kecil. Jika Anda mengalami kesusahan untuk mengajak mereka berpuasa, berikut adalah tips untuk membantu Anda mengajarkan puasa pada Anak pertama kalinya.

  1. Berlatih

Berlatih adalah salah satu cara terbaik untuk membuat anak Anda terbiasa dengan puasa, seperti pepatah barat mengatakan “practice makes perfect.” Ada begitu banyak cara yang bisa mereka coba. Anda bisa memulai dengan membangunkan mereka untuk sahur agar terbiasa dengan kebiasaan itu.

Anda juga bisa meminta mereka untuk tidak sarapan dan menunggu jam makan siang untuk makan. Anda dapat mencoba cara lain, yaitu dengan membangunkan anak Anda untuk sahur dan berpuasa sampai waktu yang mereka rasa bisa tahan. Cara lain bisa, meminta mereka untuk tidak makan, tetapi memperbolehkan mereka minum. Ingatlah bahwa anak-anak hanyalah anak-anak, jadi jangan terburu-buru dan perhatikan kebutuhan pertumbuhan mereka.

 

 

  1. Jangan Memaksa Anak untuk Berpuasa Penuh Seharian

Berikan anak Anda kelonggaran saat melakukan puasa pertama kali. Ingat bahwa mereka masih dalam masa pertumbuhan dan perkembangan dan mereka masih membutuhkan banyak nutrisi. Selain itu, anak-anak kecil juga tidak dapat menahan diri atau lupa bahwa mereka tidak boleh makan, lalu pergi makan atau minum ketika mereka ingin. Dengan demikian, memaksa anak untuk berpuasa sepenuhnya atau berpuasa setiap hari dapat menimbulkan risiko kesehatan.

Ajarkan puasa pada anak dengan perlahan. Mulai dari puasa beberapa jam dalam sehari kemudian meningkat jika anak dapat menahannya. Yang paling penting, ajari anak bagaimana menghadapi situasi tertentu selama puasa seperti ajakan makan siang atau jika mereka lapar. Kemampuan dan kesadaran mereka akan puasa juga akan meningkat seiring waktu.

  1. Tekankan pada Kebaikan dan Nilai-Nilai Puasa

Jika anak Anda masih terlalu kecil untuk ikut berpuasa atau masih sulit dibangunkan untuk ikut sahur, Anda masih bisa membuat anak Anda tetap menjadi bagian dari Ramadan dengan membantu mereka memahami prinsip-prinsip moral yang terkandung dalam bulan Ramadan. Bulan Ramadan adalah waktu untuk bersikap baik kepada sesama, bersedekah kepada yang kurang beruntung, belajar mengendalikan diri dan hawa nafsu, menghabiskan waktu bersama keluarga dan mengembangkan rasa kebersamaan juga rasa berterima kasih.

Semua itu adalah pelajaran hidup yang penting yang harus dipelajari semua anak tanpa memandang agama mereka apa untuk membangun masyarakat yang sehat. Ajak anak-anak Anda untuk mengumpulkan mainan dan pakaian lama mereka dan menyumbangkannya kepada anak-anak yang kurang mampu atau ke panti asuhan.

Anda juga bisa menunjukkan pada mereka pentingnya bertanggung jawab dan meminta mereka merapikan, mendorong mereka untuk belajar berbagi makanan saat buka dengan teman-teman mereka yang kurang mampu atau non-Muslim.

 

 

  1. Libatkan Anak-Anak dalam Kegiatan Puasa

Libatkan anak-anak kita dalam proses sehari-hari selama bulan Ramadan baik itu bangun untuk sahur atau membantu menyiapkan makanan untuk buka puasa. Mereka dapat membantu membagikan makanan untuk buka puasa bagi anggota keluarga yang sedang berpuasa dan belajar pentingnya berbuka puasa pada saat yang bersamaan. Biarkan mereka terbiasa dengan rutinitas selama puasa dan buat mereka ingin menjadi bagian dari kegiatan bulan puasa.

  1. Membuat Kerajinan

Salah satu cara untuk membuat anak-anak Anda untuk bersemangat untuk Ramadan adalah dengan mengajaknya membuat kerajinan. Kegiatan ini memungkinkan mereka untuk mengekspresikan kreativitas mereka, belajar dan bereksplorasi pada saat yang sama. Carilah ide-ide membuat kerajinan yang cocok untuk anak-anak di Internet atau majalah. Ajak mereka membuat sesuatu yang menarik bagi mereka tetapi masih berhubungan dengan bulan puasa, contohnya mengajak mereka untuk membuat kotak amal atau celengan untuk bersedekah.

  1. Berikan Penghargaan untuk Usaha Mereka

Ketika anak-anak tahu  bahwa ada hadiah tertentu ketika mereka menyelesaikan tugas tertentu, itu akan membuat mereka menjadi termotivasi. Beri mereka hadiah dan pujian ketika mereka menyelesaikan tugas tidak peduli besar atau kecilnya dan menyemangati mereka ketika mereka gagal. Anda dapat menjanjikan kepada mereka hadiah saat Idul Fitri untuk menyelesaikan target tertentu selama bulan Ramadan atau menjanjikan mereka perjalanan ke tempat favorit mereka, tetapi apa pun itu, pastikan Anda menepati janji itu.

  1. Bawa Anak-Anak ke Masjid

Perkenalkan kebiasaan berbuka puasa bersama anggota masyarakat lain dengan cara membawa mereka ke masjid. Mungkin itu sensasi yang bisa membuat mereka sadar bahwa mereka adalah bagian dari sesuatu yang hebat. Kegiatan itu bisa membuat mereka menyukai Ramadan.

 

Review : dr. Denita

Yuk, konsultasi dokter gratis dengan dokter SEHATI:  http://line.me/ti/p/~@Wecare.id

Sumber:

https://ayeina.com/help-kids-fast-for-ramadan/

https://hellodoktor.com/parenting/child-care/4-tips-teach-children-fasting-first-time/

https://www.soundvision.com/article/seven-strategies-to-train-kids-this-ramadan

https://gulfnews.com/uae/5-ways-to-help-your-child-experience-and-enjoy-ramadan-1.2028475

https://productivemuslim.com/get-your-kids-to-love-ramadan/

http://musliminc.com/fasting-tips-for-muslim-children-7796

https://www.havehalalwilltravel.com/blog/fasting-for-children-tips/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *