Sering Sakit Tulang atau Mudah Patah Tulang? Hati-Hati Kanker!

Kanker tulang adalah pertumbuhan sel tumor tulang ganas yang menghancurkan jaringan tulang yang sehat. Kanker tulang dibagi menjadi kanker tulang primer dan sekunder: kanker tulang primer terbentuk dalam sel-sel tulang dan kanker tulang sekunder kemunculannya di mulai di tempat lain dan akhirnya menyebar ke tulang.

Sekilas fakta tentang kanker tulang:

  • Tumor tulang jinak lebih umum daripada tumor tulang ganas.
  • Kanker tulang memiliki berbagai jenis yang berbeda.
  • Gejala awal mungkin termasuk rasa sakit di daerah yang terkena kanker.
  • Berbagai tes diagnostik dapat membantu mendiagnosis kanker tulang.
  • Radioterapi, kemoterapi, dan pembedahan semua dapat digunakan untuk mengobati kanker tulang.

Apa Penyebab Kanker Tulang?

Penyebab kanker tulang tidak diketahui secara pasti, tetapi ada faktor-faktor tertentu yang dapat berkontribusi atau meningkatkan peluang seseorang untuk mengalami pertumbuhan abnormal pada tulang. Ini termasuk:

Pertumbuhan Seluler Abnormal

Sel sehat terus membelah dan mengganti sel yang lebih tua. Setelah menyelesaikan proses ini, sel tua mati. Namun, sel yang abnormal terus hidup. Sel-sel ini mulai membentuk massa jaringan yang berubah menjadi tumor.

Terapi Radiasi

Terapi radiasi, yang membunuh sel-sel kanker yang berbahaya, dapat digunakan untuk mengobati kanker tulang. Namun, beberapa orang yang mendapat pengobatan terapi radiasi tinggi dapat terkena osteosarkoma (jenis kanker tulang paling umum). Penggunaan radiasi dosis tinggi dapat menjadi faktor dalam perkembangan osteosarkoma.

 

Gejala Utama Kanker Tulang

  • Nyeri tulang yang terus-menerus yang memburuk seiring waktu dan berlanjut hingga malam hari.
  • Pembengkakan dan kemerahan (peradangan) pada tulang, yang dapat membuat seseorang sulit bergerak jika tulang yang terkena kanker berdekatan dengan sendi.
  • Benjolan yang tampak di atas tulang.
  • Tulang lemah sehingga lebih mudah patah (retak) dari biasanya.
  • Jika Anda atau anak Anda mengalami nyeri tulang yang terus-menerus, parah, atau memburuk, kunjungi dokter Anda. Meskipun sangat mungkin hasilnya bukan karena kanker tulang, tanda-tanda tersebut membutuhkan penyelidikan lebih lanjut.

Bisakah Kanker Tulang Ditemukan Lebih Awal?

Ada tes yang dapat digunakan untuk menemukan beberapa kanker awal (seperti payudara, leher rahim, kolorektal, dan kulit), sebelum akhirnya kanker tersebut menimbulkan gejala. Sampai saat ini, TIDAK ada tes khusus yang tersedia yang dapat mendeteksi kanker tulang lebih dini. Cara terbaik untuk mendeteksi kanker-kanker ini lebih awal adalah dengan menemui dokter segera jika Anda memiliki tanda dan gejala penyakit ini.

Bagaimana Kanker Tulang Didiagnosis?

Untuk membantu mendiagnosis kanker tulang, dokter bertanya tentang riwayat medis pribadi dan keluarga pasien. Dokter juga melakukan pemeriksaan fisik dan dapat meminta dilakukan tes diagnostik laboratorium dan lainnya. Tes-tes ini di antaranya, sinar X, pemindaian tulang, CT atau CAT scan, MRI, PET scan, biopsy, dan tes darah.

Jenis Kanker Tulang

Beberapa jenis utama kanker tulang adalah:

  • Osteosarkoma – jenis yang paling umum, yang kebanyakan menyerang anak-anak dan remaja di bawah 20 tahun.
  • Sarkoma Ewing – yang paling umum menyerang orang berusia antara 10 dan 20 tahun.
  • Chondrosarcoma – yang cenderung mempengaruhi orang dewasa berusia di atas 40 tahun.

Jenis kanker tulang di atas mempengaruhi berbagai jenis sel. Perawatan dan pandangan akan tergantung pada jenis kanker tulang yang Anda miliki.

Seperti Apa Rasanya Nyeri Kanker Tulang?

Kanker dalam tulang dapat menyebabkan nyeri tulang yang ekstrem yang berselang-seling yang terjadi secara spontan atau semakin parah di tempat tumbuhnya kanker di dalam tulang. Nyeri tulang digambarkan sebagai sakit, berdenyut, menusuk, dan menyiksa. Rasa nyeri ini dapat menyebabkan insomnia, kehilangan nafsu makan, dan ketidakmampuan untuk melakukan kegiatan sehari-hari yang normal.

Kadang-kadang kanker pada tulang melemahkan tulang sedemikian rupa sehingga menyebabkan patah tulang (retak tulang). Hal ini dapat menyebabkan nyeri tulang yang parah dan hilangnya fungsi area tubuh yang terkena kanker. Kadang-kadang, patah tulang adalah gejala awal kanker tulang.

Mengapa Kanker Tulang Begitu Nyeri?

Kanker tulang mengganggu aktivitas sel tulang normal yang dimaksudkan untuk membantu menjaga tulang tetap kuat tanpa membuat sel tulang tumbuh terlalu besar. Gangguan fungsi sel tulang ini dapat menyebabkan tulang menjadi terlalu rapuh atau terlalu tebal dan terlalu berkembang. Salah satu dari situasi ini kemudian dapat menyebabkan rasa sakit yang hebat dengan mengiritasi saraf di dalam tulang atau dengan meregangkan membran yang menutupi tulang.

Bagaimana cara mengobati nyeri tulang?

Tujuan pengobatan untuk nyeri tulang yang disebabkan oleh kanker tulang adalah untuk menghilangkan rasa sakit, mengobati patah tulang, mengurangi risiko patah tulang, dan mencegah atau menunda komplikasi tulang tambahan. Pilihan pengobatan untuk metastasis tulang termasuk obat penghilang rasa sakit, obat bifosfonat, terapi radiasi, dan / atau pembedahan.

Review : dr. Denita

Yuk, konsultasi dokter gratis dengan dokter SEHATI:  http://line.me/ti/p/~@Wecare.id

Sumber:

https://www.cancer.org/cancer/bone-cancer/detection-diagnosis-staging/detection.html

https://www.medicalnewstoday.com/articles/171372.php

https://www.nhs.uk/conditions/bone-cancer/

https://www.cancer.gov/types/bone/bone-fact-sheet

https://www.medicinenet.com/early_bone_cancer_symptoms/views.htm

https://www.everydayhealth.com/bone-cancer/managing-bone-cancer-pain.aspx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *