6 Manfaat Olahraga dan Diet Sehat, Salah Satunya Mencegah 35 Penyakit Kronis

Sering kita mendengar bahwa rajin berolahraga dan mengkonsumsi makanan sehat dapat mencegah berbagai penyakit. Mengapa? Alasannya adalah karena dengan berolahraga dan melakukan diet sehat kita dapat terhindar dari penyakit 35 jenis penyakit kronis.

Apa hubungan olahraga dan 35 penyakit kronis?

Dikutip dari American Academy of Otolaryngology-Head and Neck Surgery disebutkan bahwa kurang olahraga dapat meningkatkan risiko diabetes, penyakit jantung, dan stroke.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Comprehensive Physiology ketidakaktifan fisik adalah penyebab utama sebagian besar penyakit kronis.

Lebih jauh disebutkan bahwa ketidakaktifan fisik yang dapat menjadi penyebab penyakit kronis pada anak-anak dan remaja. Aktifitas fisik terbukti bermanfaat bagi peningkatan kebugaran fisik, pengurangan lemak tubuh, riwayat risiko penyakit kardiovaskular dan metabolisme yang berkurang, peningkatan kesehatan tulang, dan berkurangnya gejala depresi dan kecemasan pada anak-anak dan remaja.

Apa hubungan diet sehat dan penyakit kronis?

Dalam laporan WHO disebutkan bahwa diet sehat dan aktivitas fisik adalah kunci nutrisi yang baik dan diperlukan untuk kehidupan yang panjang dan sehat. Makan makanan yang padat nutrisi dan menyeimbangkan konsumsi energi makanan dengan kegiatan fisik yang dibutuhkan untuk mempertahankan berat badan yang baik menurut kesehatan sangat penting di semua tahap kehidupan. Konsumsi makanan yang tidak seimbang dengan energi tinggi (gula, pati dan / atau lemak) dan nutrisi esensial yang rendah berkontribusi terhadap kelebihan energi, kelebihan berat badan, dan obesitas. Jumlah konsumsi energi yang berhubungan dengan kegiatan fisik dan kualitas makanan merupakan faktor utama yang menentukan penyakit kronis yang berkaitan dengan gizi.

 

 

Lalu apa manfaat dari keduanya?

Berikut ini 8 manfaat yang dapat dirasakan jika berolahraga dan mengkonsumsi makanan sehat versi:

  1. Penurunan berat badan

Salah satu cara untuk menurunkan berat badan secara sehat dan aman adalah dengan berolahraga secara teratur dan makan makanan yang sehat dan seimbang. Konsep kalori defisit yang menjadi kunci untuk menurunkan berat badan dapat tercapai salah satunya dengan rutin berolahraga dan makan dengan porsi seimbang.

  1. Jantung yang lebih sehat

Banyak faktor seseorang berisiko terkena penyakit jantung. Namun, olahraga dan diet yang sehat adalah faktor yang terpenting yang mempengaruhi kesehatan jantung. Bahkan diet dan olahraga yang tepat dapat membantu orang-orang yang sudah terkena penyakit jantung dalam menurunkan risiko penyakit tersebut.

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam buku Comprehensive Physiology menyebutkan bahwa Ketidakaktifan fisik adalah penyebab utama sebagian besar penyakit kronis. Ada 35 jenis penyakit kronis yang bisa dicegah oleh aktifitas fisik/olahraga, di antaranya penyakit jantung koroner, obesitas, diabetes tipe 2, hipertensi, stroke, dan kanker payudara. Disebutkan juga aktivitas fisik terutama mencegah, atau menunda, penyakit kronis, yang mengimplikasikan bahwa penyakit kronis adalah penyakit yang dapat dihindari.

  1. Melawan efek penuaan

Diet dan olahraga dapat membantu kita tetap terlihat dan merasa muda, baik secara langsung maupun tidak langsung. Pola makan yang sehat memiliki kandungan antioksidan alami yang banyak yang dapat melawan proses penuaan. Sementara itu, latihan fisik yang ringan dapat membantu tubuh Anda melawan rasa sakit dan kekakuan akibat penuaan.

  1. Suasana hati yang lebih baik

Olahraga dapat secara langsung memengaruhi suasana hati karena aktifitas fisik tersebut melepaskan endorphin dapat yang memberi rasa bahagia.

  1. Stres berkurang

Pola makan yang buruk dapat mempengaruhi tingkat kecemasan Anda, sementara olahraga adalah salah satu cara paling efektif untuk mengatasi stres.

  1. Tidur yang lebih baik

Kualitas tidur Anda akan menjadi lebih baik karena nutrisi yang baik dan olahraga. Umumnya orang-orang yang aktif secara fisik akan tidur lebih lama dan lebih nyenyak daripada orang-orang yang pasif. Selain itu pola makan yang banyak mengandung gula atau alkohol dapat mengganggu dan mengganggu tidur juga kualitasnya.

Terbukti sudah bahwa dengan berolahraga dan melakukan diet sehat, kamu dapat terhindar dari penyakit kronis, seperti jantung maupun stroke.

Apakah #TemanSEHATI sudah siap untuk melakukan keduanya?

Review : dr. Denita

Yuk, konsultasi dokter gratis dengan dokter SEHATI:  http://line.me/ti/p/~@Wecare.id

Sumber:

https://www.who.int/dietphysicalactivity/publications/trs916/summary/en/

https://www.marquemedical.com/top-10-benefits-exercise-healthy-eating-marque-team/

https://www.entnet.org/content/diet-and-exercise-tips