Berat Badan Tidak Turun Setelah Melahirkan? Cobalah 9 Tips Berikut

Setelah melahirkan, umumnya para ibu mengalami penurunan berat badan. Namun, alih-alih turun berat badan, Anda malah mengalami kenaikan berat badan padahal Anda tidak sedang berbadan dua. Kurang tidur, stres, dan sibuk mengurus anak dan keluarga membuat Anda lupa mengurus badan sendiri sehingga berat badan Anda terus bertambah.

Penyebab Bertembahnya Berat Badan

Dikutip dari laman Yahoo Lifestyle, banyak wanita yang berat badannya naik setelah memiliki anak. Namun, menurut penelitian terbaru naiknya berat badan bukan dikarenakan kehamilan tetapi karena efek dari gaya hidup dan bertambahnya umur. Penemuan yang kini telah dipublikasikan di jurnal Women’s Health Issues secara online menemukan bahwa kenaikan berat badan setelah hamil lebih dikarenakan oleh masalah-masalah, seperti kebiasaan makan yang buruk dan kurang tidur daripada karena kehamilan.

Para peneliti dari University of Michigan School of Nursing, Olga Yakusheva et al. menganalisis data hampir 30.000 wanita yang telah melahirkan antara satu dan empat kali. Inilah yang mereka temukan: Semua subjek wanita naik 0,88 kg setiap tahun, rata-rata, karena usia.

Yakusheva menambahkan seorang ibu cenderung mendahulukan kebutuhan anak-anak mereka, jadi mereka mungkin tidak berolahraga atau mengurus diri sendiri. Mungkin juga karena hal-hal kecil seperti menghabiskan sisa makanan anak mereka atau menghabiskan lebih banyak waktu duduk bersama anak-anak mereka membaca atau menonton film.

Tips Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Tentu saja, wajar jika Anda ingin menurunkan berat badan setelah hamil, tetapi pastikan Anda melakukannya dengan cara yang benar. Jika Anda ingin tahu beberapa cara yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan setelah melahirkan, cobalah 9 tips berikut.

 

 

 

  1. Jangan Lakukan Diet

Mengapa diet tidak disarankan? Karena justru diet dapat menggagalkan usaha Anda untuk menurunkan berat badan setelah kehamilan. Alih-alih diet ketat, Melinda Johnson, MS, RD, ahli diet terdaftar dan juru bicara American Dietetic Association, merekomendasikan Anda untuk mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang. Makan hanya untuk rasa lapar. Simpan berbagai cemilan sehat, seperti biscuit gandum, irisan apel atau wortel, di rumah agar Anda tidak merasa lapar dan memberi Anda energi sepanjang hari. Hasilnya, beberapa wanita menemukan berat bada mereka turun secara alami.

  1. Konsumsi “Super foods”

Seorang ibu yang baru melahirkan akan membutuhkan nutrisi maksimal, terutama jika Anda menyusui. Pilih makanan yang mengandung banyak nutrisi dan sedikit kalori serta lemak. Salah satu dari “super food” yang disarankan adalah ikan karena mengandung DHA, asam lemak omega-3 esensial yang membantu bayi Anda mengembangkan otak dan sistem saraf yang sehat.

Super food lain yang disarankan untuk Anda adalah susu dan yogurt karena mengandung banyak kalsium yang Anda butuhkan untuk menjaga tulang tetap kuat. Dan jangan lupa proteinnya. Konsumsi daging tanpa lemak, ayam, dan kacang-kacangan karena makanan tersebut rendah lemak dan memiliki kandungan protein dan serat yang tinggi. Makanan-makanan tersebut baik untuk Anda karena akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

  1. Lakukan Olahraga Secara Reguler

Lakukan olahraga secara bertahap. Empat minggu setelah melahirkan Anda bisa mulai melakukan olahraga yang sederhana. Ingat! setelah melahirkan ada rongga  di otot perut. rongga itu umumnya akan  menghilang dalam waktu empat hingga delapan minggu. Pastikan rongga ini telah tertutup sebelum melakukan latihan perut.

  1. Mengangkat pinggul dapat mengurangi lemak perut
  2. Pilates dan yoga dapat membantu Anda mendapatkan kekuatan dan fleksibilitas.
  3. Latihan bridge (mengangkat bokong dan pinggul) membantu mengencangkan otot perut dan memperkuat otot inti.
  4. Berolahraga dengan bola adalah metode yang bagus untuk latihan perut setelah kehamilan.
  5. Latihan aerobik seperti berenang, bersepeda, berlari, yang akan membuat detak jantung Anda naik.

 

  1. Coba Pengobatan Penurunan Berat Badan yang Alami

Pertimbangkan beberapa makanan alami untuk penurunan berat badan yang akan membendung rasa lapar Anda atau memengaruhi metabolisme Anda dengan cara yang sehat. Anda bisa mencoba salah satu yang cocok untuk Anda.

  • Campuran cuka sari apel dengan air panas. Minum dua atau tiga kali sehari dapat membantu mengurangi lemak.
  • Mengonsumsi jeruk nipis dan madu dicampur air beberapa kali sehari dapat menurunkan berat badan secara alami.
  • Teh daun prem India memiliki sifat membakar lemak. Konsumsi dua kali sehari.
  • Teh hijau memiliki kemampuan yang luar biasa untuk membantu penurunan berat badan. Sering-seringlah meminumnya di siang hari.
  • Hidangan kubis sekali sehari baik untuk menurunkan berat badan – rendah kalori dan tinggi serat.
  • Jus acai berry dapat menjadi obat penurun berat badan yang efektif. Diminum dua kali sehari.
  • Mengkonsumsi makanan rendah kalori, seperti seledri, tomat, dan mentimun.

 

  1. Tetap Terhidrasi
  • Pastikan Anda minum yang cukup karena itu akan membantu mengeluarkan semua racun dari tubuh.
  • Minum air dan cairan juga akan mencegah dehidrasi dan meningkatkan metabolisme Anda, yang efektif dalam mengelola berat badan.
  • Sertakan berbagai jenis cairan dalam diet harian Anda seperti milkshake, smoothie, sup, stew, jus segar, dan semacamnya.

 

 

  1. Hindari Kafein dan Alkohol
  • Secangkir kopi bisa menghentikan Anda dari penurunan berat badan.
  • Hindarilah alkohol meskipun Anda sudah tidak menyusui.
  • Jika Anda merasa lelah dan membutuhkan sesuatu untuk diminum, minumlah secangkir teh hijau dengan jahe parut.

 

  1. Cobalah Tidur yang Cukup
  • Walaupun seorang ibu susah untuk bisa tidur delapan jam, tetapi Anda harus mencoba untuk tidur dan menghindari kurang tidur.
  • Kurang tidur berpengaruh pada metabolisme Anda. Hal ini bisa berakibat penurunan berat badan Anda menjadi lambat.
  • Mintalah anggota keluarga untuk mengerjakan pekerjaan rumah dan tidur ketika bayi Anda tidur. Peras air susu dan lakukan tidur siang beberapa saat. Tunjukkan pada pasangan Anda cara memberi susu pada bayi Anda.

Sangat wajar jika Anda ingin memiliki kembali berat badan sebelum melahirkan. Namun, cara cepat dan ekstrem bukan hanya membahayakan bagi tubuh Anda tapi juga bagi bayi Anda. Jika berat badan Anda tidak bisa turun dengan cepat, jangan putus asa. Lakukanlah secara perlahan-lahan agar Anda dan bayi Anda tetap sehat.

Review : dr. Denita

Yuk, konsultasi dokter gratis dengan dokter SEHATI:  http://line.me/ti/p/~@Wecare.id

Sumber:

https://expertenough.com/2276/get-into-shape-after-giving-birth

https://www.momjunction.com/articles/tips-for-losing-weight-after-pregnancy_00387975/

https://www.webmd.com/baby/features/8-tips-for-losing-weight-after-pregnancy#1

https://medicalxpress.com/news/2017-01-mom-weight-gain-parental-lifestyle.html

https://www.yahoo.com/lifestyle/post-baby-weight-gain-may-be-caused-by-motherhood-not-pregnancy-172028021.html

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *