Anak Anda Kecanduan Gadget? Jangan Bingung! Coba 7 Tips Ini

Dengan semakin berkembangnya teknologi, menggunakan gadget alias gawai canggih semakin mudah. Saking mudahnya, anak-anak batita pun sudah mahir menggunakannya. Namun, kemudahan mengakses gawai canggih tersebut membuat anak-anak menjadi kecanduan gawai tersebut. Hal ini diperparah dengan kurangnya pengaturan penggunaan gawai oleh orang tua. Yang lebih miris, terkadang orang tua pun menggunakan gawai untuk membujuk anak mereka supaya tidak rewel.

Usia Pengguna Gawai Semakin Muda

Sekarang usia anak yang menggunakan gawai pun sudah semakin muda. Menurut sebuah laporan dari Common Sense Media, yang mempelajari penggunaan media yang aman untuk anak-anak, persentase anak di bawah delapan tahun dengan akses terhadap smartphone atau tablet telah melonjak dari setengah (52%) menjadi tiga perempat (75%), sementara waktu rata-rata harian penggunaan perangkat meningkat tiga kali lipat dari lima menjadi 15 menit. Mungkin yang paling mengejutkan adalah bahwa 38% anak-anak di bawah 2 tahun telah menggunakan perangkat seluler sebagai media (dibandingkan dengan 10% dua tahun sebelumnya). Persentase anak yang menggunakan perangkat seluler tiap harinya – setidaknya sekali sehari atau lebih – telah lebih meningkat lebih dari dua kali lipat, dari 8% menjadi 17%. Survei dilakukan pada orang tua dengan anak berumur 0 – 8 tahun di Amerika Serikat pada tahun 2011.

Hal yang sama terjadi di Spanyol. Menurut penelitian yang diterbitkan pada jurnal Frontiers in Psychiatry tahun 2016, usia pengguna ponsel menjadi semakin muda: 30% anak-anak Spanyol berusia 10 tahun memiliki ponsel; angka tersebut meningkat menjadi hampir 70% pada usia 12 dan 83% pada usia 14 tahun. Selanjutnya, mulai pada usia 2-3 tahun, anak-anak Spanyol terbiasa mengakses perangkat orang tua mereka.

Efek Penggunaan Gawai Pada Anak-anak

Peneliti di Boston University School of Medicine dalam komentar untuk jurnal Pediatrics, memperingatkan bahwa menggunakan tablet atau ponsel cerdas untuk mengalihkan perhatian anak dapat merusak “perkembangan sosial-emosional mereka”. Penggunaan waktu layar interaktif bagi anak di bawah umur tiga tahun juga dapat mengganggu perkembangan keterampilan yang dibutuhkan untuk matematika dan sains, meskipun mereka juga mengatakan beberapa studi menyarankan manfaat penggunaan perangkat seluler oleh balita termasuk dalam keterampilan literasi awal, atau keterlibatan akademis yang lebih baik pada siswa dengan autisme.

Di Inggris, anak-anak di bawah usia tiga tahun menghabiskan rata-rata 44 menit sehari menggunakan smartphone dan tablet, tetapi ini adalah pertama kalinya para peneliti menunjukkan hal itu dapat berdampak pada keterampilan bahasa.

Sebuah studi baru-baru ini oleh University College London menemukan bahwa waktu melihat layar juga dapat mempengaruhi tidur bayi, dan mungkin membahayakan perkembangan otak.

Studi di Inggris menemukan bahwa setiap jam yang bayi habiskan bersama perangkat semacam itu dikaitkan dengan berkurangnya waktu tidur sebesar 16 menit.

Cara Menghentikan Kecanduan Gawai Pada Anak-anak

Apakah Anda khawatir anak Anda “kecanduan” dengan ponsel pintar atau tablet? Jika demikian, Anda tidak akan sendirian. Dalam sebuah survei pada Januari, 2018 terhadap 1.024 orang tua dengan anak-anak di bawah 18 tahun, 47 persen orang tua merasa bahwa anak mereka “kecanduan” dengan perangkat seluler mereka.

Berikut adalah beberapa cara agar Anda dapat menjauhkan anak-anak dari smartphone dan radiasi berbahaya yang ditimbulkan.

  1. Tidak Menggunakan Gawai Sebelum Tidur

Anak-anak perlu tidur dan layar telepon seluler dapat membuat Anda tetap terjaga. Tidak hanya kecanduan, cahaya dari layar juga dapat mengganggu pola tidur. Perhatikan agar anak-anak tidak menggunakan perangkat seluler satu jam sebelum tidur.

  1. Perjanjian Pembatasan Penggunaan.

Ketika anak-anak merengek, Anda memilih untuk mengalah dan membiarkan mereka menghabiskan waktu berjam-jam bermain bersama perangkat seluler. Jika Anda membuat perjanjian tentang pembatasan penggunaan gawai, tidak ada ruang bagi Anak untuk mengelak. Anda dengan mudah dapat menunjukkan perjanjiannya.

  1. Buat Anak Aktif

Bawalah anak Anda ke taman atau taman bermain terdekat untuk memungkinkannya menghabiskan waktu dengan berlari dan bermain. Jika itu bukan pilihan, daftarkan dia di klub olahraga lingkungan sekitar Anda.

  1. Bicaralah dengan Anak Anda

Bicaralah dengan anak Anda tentang efek berbahaya dari penggunaan smartphone untuk kesehatan. Anda bisa mencoba menunjukkannya bahayanya melalui video yang tersedia di Youtube.

  1. Gunakkan Kata Sandi

Untuk mencegah anak Anda menggunakan ponsel cerdas ketika Anda tidak berada di dekat mereka, gunakan kata sandi pada ponsel agar anak Anda tidak dapat menggunakannya saat Anda pergi.

  1. Berikan Contoh yang Baik

Ada sejumlah orangtua yang menghabiskan banyak waktu dengan smartphone mereka. Ketika hal seperti itu terjadi, mengajari anak-anak untuk tidak terlalu lama menggunakan gawai sepertinya tidak banyak berguna, karena mereka melihat contoh dari orang tua mereka. Oleh karena itu, jadilah teladan yang baik untuk anak Anda dengan membatasi penggunaan telepon Anda. Namun, jika profesi Anda banyak menuntut penggunaan ponsel, jauhkan dari pandangan anak Anda.

  1. Buatlah Ikatan dengan Anak Anda

Meskipun Anda mungkin sangat sibuk dengan pekerjaan Anda, penting untuk meluangkan waktu untuk membuat kegiatan bersama dengan anak-anak. Bermain permainan yang melibatkan anak, atau kegiatan lain, seperti memasak atau berkebun yang akan menjauhkan mereka dari telepon pintar. Anda juga dapat bergabung dengan anak Anda dalam mengejar hobi seperti mendengarkan musik, membaca, atau melukis.

Memang butuh kesabaran dan ketegasan orang tua agar anak bisa lepas dari kecanduan terhadap gawai canggih. Jangan menyerah ketika mereka mulai merajuk. Ingat bahaya yang menghantui jika anak Anda terikat dengan gawai mereka.

Review : dr. Denita

Yuk, konsultasi dokter gratis dengan dokter SEHATI:  http://line.me/ti/p/~@Wecare.id

Sumber:

https://snotty-noses.com/blog/9-easy-ways-help-your-kids-control-their-cell-phone-addiction

https://www.eurekalert.org/pub_releases/2015-01/bumc-mai013015.php

https://www.commonsensemedia.org/file/zero-to-eight-2013pdf-0/download

https://www.telegraph.co.uk/science/2017/05/04/tablets-smartphones-damage-toddlers-speech-development/

https://www.parentcircle.com/article/6-tips-to-keep-smartphones-away-from-young-children/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *