Jatuh Sakit Saat Berlibur? Hindari dengan 9 Tips Anti Sakit Saat Liburan

Akhir tahun merupakan waktu yang tepat untuk berlibur. Tentunya sakit pada saat liburan akan menjadi pengalaman yang tidak mengenakkan. Faktanya, pada saat bepergian, Teman SEHATI akan menjadi lebih rentan terpapar virus atau bakteri dari orang-orang yang ditemui dan di tempat umum seperti di bandara.

Namun, tak perlu khawatir. Beberapa tindakan pencegahan bisa diakukan agar terhindar dari serangan penyakit ketika berlibur. Tentunya Teman SEHATI sadar bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Intinya, kita harus aktif memerangi faktor risiko yang menjadi pemicu terjadinya penyakit. Lalu, bagaimana cara agar terhindar dari sakit saat berlibur? Simak 9 tips mengenai pencegahan penyakit berikut.

  1. Persiapkan Tubuh Sedari Dini

Sebelum pergi berlibur, siapkan diri terlebih dahulu, minimal 48 jam sebelum perjalanan. Tidur yang cukup tiap malam, sekurang-kurangnya 6-8 jam setiap malam, termasuk dalam persiapan liburan. Jangan lupa mengkonsumsi banyak cairan berupa air putih atau buah-buahan dengan kadar air yang tinggi.

Jika bepergian ke negara-negara yang memiliki riwayat wabah penyakit atau kondisi alam yang keras, pastikan untuk mendapat vaksinasi terlebih dahulu sebelum pergi. Vaksin dapat menciptakan kekebalan tubuh dan merupakan bentuk pencegahan yang efektif untuk terhindar dari penyakit-penyakit tertentu.

  1. Jangan Lupa Cuci Tangan

Walaupun terlihat seperti hal yang sepele dan sederhana, tapi mencuci tangan merupakan kunci dari pengendalian infeksi. Begitu pula ketika bepergian, mencuci tangan tetap menjadi hal penting yang tak boleh dilupakan karena dapat mencegah dari kemungkinan terkena diare, flu, keracunan makanan, gastroenteritis, atau bahkan hepatitis A.

Cara paling efektif untuk mencuci tangan adalah dengan menggunakan sabun dan air mengalir. Namun, jika tak ada air dan sabun, kamu bisa menggunakan cairan pembersih tangan. Mencuci tangan dengan sabun dan air tetap bersifat wajib apabila tangan terkena kotoran seperti tanah atau minyak. Jadi, jangan lupa untuk selalu sedia cairan pembersih tangan  tersebut di kantong atau tas. Ingalah untuk selalu cuci tangan sebelum dan sesudah makan, setelah dari toilet, dan ketika tangan terkena kotoran seperti tanah atau minyak.

  1. Minum yang Cukup

Jangan lupa untuk minum cukup air. Pada saat bepergian, pilihlah minum dalam kemasan yang lebih terjamin kebersihannya. Namun jangan lupa untuk mengecek segelnya sebelum meminum air kemasan. Pastikan segelnya masih rapi dan belum terbuka. Hindari air keran jika tidak yakin dengan kebersihan air tersebut. Walaupun air keran tersebut tampak aman dikonsumsi oleh penduduk setempat, tetapi tubuh kita mungin tak mempunyai bakteri yang dapat melindungi tubuh dari terjangkit penyakit. Air keran dapat diminum apabila kamu berada di negara-negara tertentu yang airnya terjamin kebersihannya. Bawalah botol air minum dengan filter air di dalamnya. Selain lebih hemat, Teman SEHATI juga ikut menjaga lingkungan dengan mengurangi pemakaian botol plastic.

  1. Perhatikan Makanan

Saat berlibur, sesi kuliner adalah sesi yang paling ditunggu. Namun, Teman SEHATI harus tetap berhati-hati dengan apa yang akan dimakan. Bakteri dan virus dari makanan adalah salah satu penyebab utama banyak orang terkena penyakit saat bepergian.

Jangan langsung mengisi perut dengan semua makanan lokal yang dilihat. Cobalah dulu beberapa dan perhatikan juga kebersihan tempat dan makanannya. Keracunan makanan dapat terjadi pada siapa saja dan di mana saja. Agar terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan, hindari makanan mentah dan makanan yang tidak dicuci dan direbus. Untuk mencari tahu makanan yang aman, kamu bisa meminta rekomendasi dari penduduk lokal atau browsing.

  1. Jangan Lupa Masker

Masker dapat membentengi dari kuman penyebab penyakit yang ada di sekitar. Gunakan masker ketika berada di tempat-tempat yang memungkinkan terjadinya penularan bakteri dan virus atau ketika kondisi kamu kurang fit.

Di negara-negara Asia, penggunaan masker merupakan hal yang biasa, terutama saat terjadi wabah penyakit. Namun, di negara seperti Amerika, memakai masker tidak terlalu familiar dan mungkin tidak terlalu nyaman.

  1. Tidur yang Cukup

Saat kita tidur, jumlah sel darah putih bertambah, khususnya saat malam hari. Jika tidak cukup tidur, maka mekanisme pertahanan tubuh akan melemah. Jadi, pastikan istirahat yang cukup selama liburan.

  1. Proteksi Dirimu dari Sinar Matahari Berlebihan

Ketika berlibur di pantai, saat musim panas, atau di wilayah yang sangat panas, jangan lupa gunakan tabir surya. Lindungi kulit dari sinar matahari yang terik dengan menggunakan tabir surya yang memiliki SPF 15 minimal atau SPF 30, yang lebih banyak direkomendasikan.

Jika berlibur di daerah tropis, kamu juga bisa membawa topi, kacamata atau syal untuk melindungi kulit dari teriknya sinar matahari. Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan kelelahan, heat stroke, kerusakan kulit dan mata, kanker kulit dan bahkan kematian. Pastikan kamu tidak berada di bawah sinar matahari langsung terlalu lama dan jangan lupa minum yang cukup.

  1. Hindari Stres

Banyak hal yang bisa membuat stres ketika berlibur, seperti ketika melewati pengecekan keamanan di bandara, pengecekan tas atau jetleg. Stres dapat berdampak buruk pada tubuh dan meningkatkan risiko penyakit. Jadi, usahakan untuk bebas dari stres dan jangan terlalu mengkhawatirkan banyak hal. Bersantailah dan nikmatilah perjalanan dan aktivitas ketika berlibur.

  1. Selalu Bawa Obat-Obatan

Selalu bawa obat-obat dasar dan kotak P3K saat bepergian. Hal ini sangat berguna untuk membantu ketika tiba-tiba terkena penyakit dan sulit mencari obat di apotik, atau ketika terjadi kecelakaan kecil.

 

Tips di atas adalah hal yang sederhana yang dapat Teman SEHATI lakukan untuk mengurangi risiko terkena penyakit saat berlibur. Walaupun sederhana, banyak orang yang sering mengabaikannya. Sebelum kamu pergi berlibur, perhatikan kesehatan diri sendiri, keluarga, dan teman agar liburan dapat berjalan dengan lancar.

Review : dr. Denita

Yuk, konsultasi dokter gratis dengan dokter SEHATI:  http://line.me/ti/p/~@Wecare.id

Sumber:

http://havebabywilltravel.com/avoid-getting-sick-on-vacation/

https://www.gq.com/story/how-to-not-get-sick-while-traveling

https://www.wisebread.com/7-ways-to-stay-healthy-on-vacation

https://www.nomadicmatt.com/travel-blogs/ten-health-safety-tips/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *