Kulit Kencang dan Awet Muda Tanpa Suntik Botox, Apa Rahasianya?

Olahraga untuk tangan, kaki, bahkan bokong sudah biasa dilakukan. Namun apakah Anda pernah terpikir untuk melakukan olahraga untuk wajah? Olahraga wajah terkadang disebut juga dengan istilah yoga wajah. Olahraga ini dilakukan untuk mengurangi kerutan, membantu mengisi pipi yang cekung dan mengurangi tanda-tanda penuaan lainnya.

Sebuah penelitian baru yang dilakukan oleh Northwestern University mengungkapkan bahwa olahraga wajah selama 30 menit sehari, atau setidaknya beberapa kali seminggu, dapat membuat penampilan Anda lebih muda. Pipi Anda akan tampak lebih penuh dan lebih kencang. Bukankah ini berita bagus untuk orang – orang yang ingin tetap cantik secara alami tanpa harus menghabiskan banyak uang untuk membeli kosmetik atau operasi wajah yang mahal?

Berikut adalah lima gerakan olahraga wajah yang mudah untuk dicoba. Anda bahkan dapat melakukan olahraga ini di tempat kerja pada saat jam istirahat. Olahraga ini adalah cara yang sempurna untuk bersantai sambil merawat kulit Anda.

Latihan 1: Mata

Letakkan kedua tangan secara horizontal tepat di bawah garis bulu mata bawah dan di atas tulang pipi Anda. Jari telunjuk diletakkan tepat di bawah bulu mata, sementara jari kelingking diletakkan di bawah tulang pipi. Tekan tangan Anda pada permukaan kulit untuk menahan otot di sekitar pipi.

Gerakan bola mata Anda ke tengah-tengah wajah Anda sambil menekan pipi ke arah mata. Tahan sampai hitungan lima dan ulangi tiga sampai lima kali.

 

Latihan 2: Dahi

Rilekskan dahi Anda kemudian letakkan tiga jari tengah Anda dari masing-masing tangan di bawah alis dengan bantalan jari-jari Anda berbaris di sepanjang bagian bawah alis. Lalu, letakkan telapak tangan Anda pada wajah dan tidak perlu sampai menempel erat di wajah. Kemudian dorong dengan lembut Alis ke atas dengan tiga ujung jari Anda. Selanjutnya, dorong Alis setinggi mungkin. Lalu, dengan lembut rentangkan sampai ke pelipis sambil terus membuka mata Anda lebar – lebar. Tahan sampai hitungan kelima. Sekarang, cukup tekan dengan otot dahi Anda untuk menciptakan resistensi dengan ujung jari Anda dan kemudian tahan lagi sampai hitungn kelima. Setelah itu, rilekskan diri dan ulangi latihan selama 5-10 menit.

 

Latihan 3: Rahang dan Leher

Latihan ini memperkuat otot yang berada di, sekitar, dan di bawah dagu Anda. Ini akan membantu mengencangkan pipi dan rahang yang mengendur. Latihan ini juga bisa mengurangi keriput di sisi dagu dan memperkuat rahang Anda. Anda bisa memulainya dengan tersenyum.

Buka mulutmu dan buat suara “ahh”. Moncongkan bibir Anda dengan kuat. Gerakan rahang bawah Anda ke depan.

Tarik perlahan-lahan rahang bawah Anda saat Anda menutup mulut. Bayangkan Anda menggunakan rahang untuk mengambil sesuatu yang sangat berat. Tarik dagu Anda sekitar satu inci setiap kali Anda menutup mulut, condongkan kepala ke belakang. Buka dan tutup rahang bawah Anda selama 10 kali. Pada pengulangan terakhir, dagu Anda harus mengarah ke langit-langit.

Posisi dagu tetap ke depan dan tahan posisi ini selama 20 detik. Lakukan latihan ini secara penuh sebanyak dua kali.

Latihan 4: Pipi

Otot pipi dan sisi-sisi wajah yang kencang membantu mempertahankan penampilan yang lebih muda. Ini karena otot-otot ini dapat membantu mengangkat rahang dan mencegah pengenduran di sekitar sisi hidung dan mulut. Latihan yang mudah untuk mengencangkan pipi yaitu dengan meletakkan jari telunjuk Anda di mulut dan mengisapnya sekeras yang Anda bisa. Tahan selama lima hitungan dan perlahan tarik jari Anda keluar sambil terus mengisap. Ulangi 10 kali dan Anda akan merasakan otot sedikit terbakar di kedua sisi wajah. Lakukan latihan sederhana ini sekali sehari untuk mengencangkan wajah Anda.

Latihan pipi lainnya adalah dengan memonyongkan bibir ke depan sambil cemberut.  Kemudian tertawalah selebar mungkin sambil tetap dengan posisi wajah cemberut selama 10 hitungan. Perlama hitungan sampai Anda bisa menahan posisi tersebut sampai 30 detik dalam sehari.

 

Latihan 5: Mulut

Buka mulut Anda dan tekan bibir Anda secara bersamaan tanpa menyentuh atau memperlihatkan gigi. Lalu ucapkan “uu, ii” dengan gerakan sekuat mungkin. Anda juga dapat melakukan gerakan “uu, aa”.

Gerakan ini akan menargetkan otot-otot di sekitar mulut, di sisi bibir, dan di antara hidung dan bibir atas. Lakukan selama 10 detik sebanyak tiga kali.

Yuk, konsultasi dokter gratis dengan dokter SEHATI:  https://wecare.id/sehati

Sumber:

https://www.mensjournal.com/health-fitness/facial-exercises-look-younger-and-get-muscular-jawline/

https://www.rd.com/health/beauty/facial-exercises-look-younger/

http://www.eyelidslift.com/blog/5-best-exercises-can-fix-droopy-eyelids-effectively/

https://www.doctoroz.com/article/anti-aging-facial-exercises-improve-your-skin

https://www.livestrong.com/article/188853-how-to-avoid-wrinkles-around-the-eyes/

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *