Ingin Perut Langsing Tanpa Perlu Ke Gym? Lakukanlah Olahraga Ini!

Hal yang paling menakutkan bagi sebagian wanita adalah memiliki perut buncit. Lemak yang menumpuk di perut yang mengakitbatkan perut terlihat buncit menyebabkan sebagian wanita merasa tidak percaya diri dengan penampilannya. Untuk memperbaiki penampilannya, sebagian dari mereka memilih mendatangi pusat kebugaran dan menghabiskan waktu berjam-jam agar bisa mendapatkan bentuk perut yang langsing. Ada juga yang sibuk melakukan diet dengan mengurangi porsi makan.

Sebenarnya apakah tumpukan lemak di perut tersebut hanya berpengaruh pada penampilan saja? Atau apakah ada pengaruhnya juga terhadap kesehatan?

Lemak yang Tersembunyi

Lemak visceral atau lemak intra abdomen adalah lemak yang tersimpan di dalam tubuh Anda. Lemak tersebut menumpuk di sekitar organ perut dan aktif secara metabolik. Lemak ini sangat berhubungan erat dengan sejumlah risiko penyakit serius, termasuk penyakit jantung, kanker, dan demensia. Lemak perut itu harus pergi. Keberadaannya bisa meningkatkan risiko kesehatan Anda di masa depan.

Cek Perut Anda

Ada cara yang mudah untuk mengetahui apakah lemak di perut membahayakan kesehatan Anda. Tak perlu pergi ke laboratorium untuk tes darah. Cukup gunakan meteran pengukur dan Anda sudah dapat mengetahui bahaya lemak perut di tubuh Anda.

Caranya yaitu dengan mengukur pinggang Anda. Jika ukuran pinggang Anda seperti yang tertera di bawah ini, maka risiko kesehatan Anda terganggu semakin besar.

  • Untuk pria, ukuran pinggang 102 cm (40 inchi) atau lebih
  • Untuk wanita, ukuran pinggang 88 cm  (34 (inchi) atau lebih.

Jadi, apalagi yang Anda tunggu? Sekarang waktu yang tepat untuk mengurangi tumpukan lemak itu agar Anda tampil lebih menarik dan sehat. Tak perlu bersusah-susah pergi ke pusat kebugaran. Cukup pilih saja salah satu dari 7 aktifitas olahraga di bawah ini dan Anda akan mendapatkan perut langsing tanpa perlu menguras dompet.

  1. Berjalan kaki setiap hari

Sahmura Gonzalez, seorang master trainer di Crunch di New York City mengatakan bahwa untuk menghilangkan lemak perut cukup dengan berjalan kaki. Berjalan cepat selama 45 – 60 menit setiap hari mungkin terlihat sederhana namun aktifitas tersebut dapat memberikan keajaiban pada metabolisme Anda. Aktifitas ini tidak akan menyebabkan Anda harus berlatih ekstra keras yang dapat menyebabkan produksi  kortisol – hormon stres yang terbukti berkontribusi pada lemak perut – yang berlebihan . Bahkan aktifitas jalan kaki dapat membantu Anda bersantai setelah bekerja seharian yang membuat Anda stress dan tegang. Selain itu, aktifitas berjalan bisa jadi membantu menurunkan kadar kortisol  sehingga Anda dapat menjaga lemak perut tetap terkendali. Berjalan cepat selama satu jam setiap hari dapat menghilangkan sekitar 0,45 kg dalam seminggu.

  1. Bersepeda

Bersepeda adalah jenis olahraga kardio low-impact lain yang cocok untuk menghilangkan lemak perut. Ditambah lagi, aktifitas bersepeda merupakan kegiatan yang pas untuk bepergian sambil melihat pedesaan. Rata-rata orang dapat membakar 250 hingga 500 kalori ketika bersepeda selama 30 menit, bergantung pada kecepatan dan intesitasnya.

  1. Lari

Hindari membuat tubuh Anda terbiasa dengan rutinitas olahraga yang tetap. Sesekali  Anda perlu melakukan aktifitas olahraga yang lain, contohnya lari. Lari merupakan cara efektif untuk menjaga detak jantung Anda, menurunkan kalori, dan mengurangi lemak perut.

  1. Jogging

Cobalah jogging jika Anda kurang suka berlari. Penelitian menunjukkan bahwa untuk menghancurkan lemak diperut yang tidak diinginkan aktifitas jogging lebih efektif dibandingkan dengan angkat beban. Jogging merupakan bentuk latihan aerobik yang baik yang berguna untuk melawan lemak juga membuat Anda tetap bugar.

  1. Renang

Semua gerakan renang bisa membakar lemak perut. Berenang adalah olahraga yang sangat aerobik yang jika dilakukan secara rutin dapat membakar lemak tubuh. Saat berenang, Anda cenderung fokus pada aktifitas berenang Anda, bukan pada jumlah kalori yang terbakar dan otot-otot mana yang kencang.

  1. Lompat tali

Apakah Anda adalah salah satu orang yang berpikir lompat tali itu hanya permainan anak-anak atau aktifitas latihan untuk petinju? Jika ya, maka Anda baru saja melewatkan satu kegiatan olahraga yang cocok untuk menghilangkan lemak perut. Alat olahraga di gym yang paling sederhana ini memberikan Anda latihan tubuh yang penuh dengan potensi pembakaran lemak yang banyak.

Anda bisa mulai berlatih skipping cepat untuk jangka waktu pendek, paling lama dua menit. Setelah Anda menguasai teknik dasar skipping, cobalah beberapa olahraga interval intensitas tinggi dengan mengunakan tali dan lompatan yang bermanfaat untuk pembakaran lemak yang lebih banyak.

  1. Tinju

Gunakan sepasang dumbel ringan untuk melakukan gerakan tinju. Peganglah dumbel tersebut, lalu lakukan gerakan tinju ke udara di atas kepala Anda yang melintasi tubuh Anda. Tahan otot perut Anda selama melakukan gerakan ini.

Selain dumbel, Anda juga bisa menggunakan karung tinju untuk berlatih tinju selama 30 detik. Gerakan meninju karung tinju ini sebenarnya jauh lebih sulit dari yang Anda pikirkan.

Sumber:

http://trainerjosh.com/workouts/exercises-burn-belly-fat/

https://www.prevention.com/fitness/g20459708/best-workouts-to-target-belly-fat/

https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/health-fitness/7-exercises-that-burn-stomach-fat-fast/7-exercises-that-burn-stomach-fat-fast/photostory/29492141.cms

http://comparecamp.com/10-simple-exercises-to-reduce-belly-fat-at-home/

https://www.livestrong.com/article/497926-a-swimming-exercise-that-burns-belly-fat/

https://www.menshealth.com/fitness/a19548082/best-fat-burning-exercises/

Yuk, konsultasi dokter gratis dengan dokter SEHATI:  https://wecare.id/sehati