Makanan Yang Sebaiknya Dikonsumsi Saat Keracunan Makanan

Keracunan makanan adalah suatu kondisi kesehatan yang disebabkan sebagai akibat dari makan makanan yang terkontaminasi. Biasanya, bakteri atau parasit patogen yang mentransfer melalui makanan yang tidak sehat ke dalam sistem tubuh kita. Makanan mungkin telah terkontaminasi karena disajikan atau pengolahan yang tidak higienis, atau karena bahan makanan yang telah rusak.

Beberapa patogen umum yang menyebabkan kondisi ini adalah Salmonella dan E.coli. Apapun mungkin dapat menyebabkan keracunan, komplikasi yang disebabkan oleh kondisi keracunan ini bisa dapat menyebabkan hal fatal, memicu hilangnya nafsu makan, tubuh menjadi lemah.

Beberapa tanda-tanda keracunan makanan yaitu diare, sakit perut, muntah-muntah hebat, sakit kepala, demam, dan lemas. Untuk itu, makan makanan yang mengistirahatkan perut dan macam-macam makanan bernutrisi.

Berikut beberapa makanan yang dapat dikonsumsi saat keracunan:

1. Sayuran rebus

Mengganti pola makan dengan makan makanan sehat, seperti sayur-sayuran. Dengan cara ini, tubuh dapat memperoleh kembali nutrisi. Anda hanya perlu merebus beberapa sayuran dan menambahkan bumbu yang diperlukan, dan memakai minyak zaitun untuk memberi rasa pada makanan. Selain direbus, sayuran juga disajikan dengan cara dipanggang.

2. Minum air putih dan air kelapa hijau

Salah satu gejala utama keracunan makanan adalah dehidrasi yang biasanya diawali dengan muntah-muntah. Akibatnya karena tubuh cenderung kehilangan banyak air dan makanan karena muntah terlalu sering. Itulah sebabnya, penting untuk menenangkan perut dengan mengkonsumsi es buah yang dingin, dan jus  buah segar misalnya untuk membantu juga mencegah sisa rasa busuk yang berkembang di mulut. Rasa busuk ini yang membuat kesulitan untuk makan dan minum apa pun. Beralih ke minuman manis seperti air kelapa hijau, garam dan larutan gula dengan jus lemon untuk mengatasi dehidrasi patut untuk dicoba. Minum jus buah, dan mencoba untuk menghindari soda dan minuman seperti kopi yang mungkin menyebabkan dehidrasi lebih lanjut.

3. Buah-buahan

Makanlah dalam porsi kecil buah-buahan seperti pisang, apel, pir, atau pepaya.

4. Sup ayam

Juga dianjurkan untuk memasukkan makanan ringan seperti roti panggang, semangkuk bubur atau sup ayam. Sup ayam kaya akan gizi dan memiliki sifat obat.

5. Yogurt

Yogurt juga baik untuk kesehatan, dan ringan untuk dikonsumsi. Terutama mereka yang menderita gangguan perut.

Pastikan untuk selalu menyajikan makanan yang akan Anda konsumsi dengan mengutamakan kebersihannya. Jangan sepelekan tanggal kadaluwarsa pada makanan yang akan dibeli dan dikonsumsi. Memasak sendiri, dan menghindari makan sembarangan adalah pencegahan yang bisa dilakukan.

 

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf

Sumber : https://www.meetdoctor.com/article/makanan-yang-sebaiknya-dikonsumsi-saat-keracunan-makanan

Yuk, konsultasi dokter gratis dengan dokter SEHATI:  https://wecare.id/sehati