Tip Merawat Gigi Bayi

Perawatan gigi perlu diterapkan sejak dini, bahkan ketika gigi mereka belum muncul. Pasalnya  merawat gigi bayi adalah investasi untuk gusi dan gigi permanen bayi di masa depan. Berikut tip merawat gigi bayi:

Bersihkan mulut
Meski belum tumbuh gigi, Anda bisa mulai dengan membersihkan mulut bayi. Bersihkan gusi setiap kali dia makan dengan lap hangat atau basah atau dengan sepotong kain kasa yang dibasahi di jari Anda. Anda juga dapat membeli perangkat karet lembut yang bisa digunakan untuk menggosok sisa makanan.

Rawat gigi susu
Begitu gigi susu mulai tumbuh, rawat dengan baik. Banyak orangtua berpikir bahwa gigi susu tidak penting karena mereka akhirnya diganti dengan gigi permanen. Tapi gigi pertama ini memberi jarak pada gigi permanen yang muncul belakangan, dan membantu bayi mengunyah dan bicara. Jika tidak dirawat dengan benar, gigi susu dapat membusuk bisa berakibat infeksi gusi yang disebut gingivitis, yang dapat memengaruhi jarak gigi permanen.

Hindari gigi berlubang 
Tanda pertama gigi berlubang pada gigi susu adalah perubahan warna dan terdapat celah kecil. Menidurkan bayi dengan sebotol susu, apalagi berisi jus, bisa menyebabkan gigi berlubang. Jangan biarkan bayi Anda menyusu dari botol terlalu lama, terutama jika Anda melihat dia tidak meminum isinya dan hanya mengisap dot botolnya saja.

Sikat dengan pasta gigi 
Pada usia 2 tahun, anak sudah mulai mandiri. Saat inilah Anda mulai  memperkenalkan cara menyikat gigi yang benar pada si Kecil. Gunakan pasta gigi fluoride kecil dan sika dua kali sehari.

Minum air putih
Rajin minum air putih juga bisa Anda terapkan untuk merawat gigi si kecil, terutama setelah dia minum susu, jus atau makan untuk membersihkan sisa minumanan atau makanan yang menempel.

Jadwalkan ke dokter gigi
Bukan cuma orang dewasa, bayi pun perlu memeriksakan gigi secara rutin. American Dental Association dan American Academy of Pediatrics merekomendasikan agar bayi mendapatkan pemeriksaan gigi pertamanya pada usia 1 tahun, atau ketika gigi pertamanya muncul.

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf

Sumber : https://meetdoctor.com/article/tip-merawat-gigi-bayi

Punya tanda-tanda seperti di atas? Konsultasikan gratis dengan dokter SEHATI:  https://wecare.id/sehati