Mengenal Virus Nipah, Virus Mematikan yang Berasal dari Kelelawar

Virus Nipah melanda India.  Virus ini dicurigai membunuh sedikitnya 10 orang di India barat daya, termasuk seorang perawat yang merawat pasien.

Infeksi virus Nipah adalah penyakit pada hewan yang menular pada manusia. Virus Nipah berasal dari kelelawar buah dari keluarga Pteropodidae, genus Pteropus.

Virus Nipah pertama kali diidentifikasi  terjadi di Kampung Sungai Nipah, Malaysia pada tahun 1998. Pada kesempatan ini, babi adalah inang perantara. Ketika itu, daerah sekitar memiliki banyak peternakan babi. Dan banyak petani menanam pohon mangga di dekat kandang babi.

Namun, pada wabah virus Nipah berikutnya, tidak ada inang perantara. Pada tahun 2004, manusia menjadi terinfeksi dengan virus Nipah  karena mengonsumsi getah kurma yang telah terkontaminasi oleh kelelawar buah yang terinfeksi.

Tentang kasus yang terjadi di India, Dr. Jon Epstein, dokter hewan dan ahli epidemiologi satwa liar untuk Aliansi EcoHealth, seperti dikutip CNBC, mengatakan bahwa ini adalah penyakit terburuk. Nipah jarang menginfeksi orang, tetapi ketika itu terjadi, itu bisa membuat mereka sangat, sangat sakit. Virus ini menyebabkan ensefalitis, peradangan otak yang sering fatal dan yang dapat menyebabkan cacat jangka panjang pada yang selamat.

Dalam beberapa wabah, itu juga menyebabkan infeksi pernapasan yang parah, menurut Organisasi Kesehatan Dunia. Itu juga dapat menginfeksi beberapa orang tanpa menyebabkan gejala sama sekali, tetapi hampir tidak mungkin untuk mengetahui seberapa sering itu terjadi.

Setiap wabah berbeda. Dalam beberapa wabah sebelumnya, infeksi virus Nipah menewaskan 40 persen orang. Ia juga dapat bertahan di dalam tubuh selama berbulan-bulan dan bahkan bertahun-tahun.

Bagaimana virus Nipah bisa menginfeksi manusia? Virus Nipah dibawa oleh kelelawar buah. Virus ini bukan ditularkan melalui gigitan gigitan, melainkan muncul ketika manusia dan ternak berbagi buah dengan kelelawar.

Satu-satunya pengobatan untuk Nipah saat ini adalah perawatan suportif – menempatkan orang dengan penyakit pernapasan ke ventilator dan memberikan cairan saat tubuh pulih.
Tidak ada vaksin untuk mencegah Nipah. WHO telah meminta para peneliti untuk bekerja pada vaksin dan perawatan Nipah.

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf

Sumber : https://meetdoctor.com/article/mengenal-virus-nipah-virus-mematikan-yang-berasal-dari-kelelawar

Yuk, konsultasi dokter gratis dengan dokter SEHATI:  https://wecare.id/sehati