Begini Cara Benar Membersihkan dan Sterilkan Botol Susu

Begini Cara Benar Membersihkan dan Sterilkan Botol Susu

Sistem kekebalan tubuh pada bayi belum terbentuk dengan baik dan sempurna, seperti halnya orang dewasa, sehingga bayi sangat rentan terserang penyakit. Peran orangtua sangat penting dalam menjaga kesehatan bayi, salah satunya adalah dengan memastikan peralatan makan dan botol susunya bersih dan higienis. Pasalnya botol susu bayi rentan terhadap kontaminasi bakteri jika tidak ditangani dengan benar. Maka itu, membersihkannya pun harus dengan cara yang khusus.

Berikut langkah-langkah membersihkan botol susu bayi dan peralatan makannya

– Cuci tangan Anda dengan sabun dan air selama 20 detik sebelum mencuci botol bayi dan peralatan makan bayi.

– Lepaskan semua bagian botol (misalnya botol, dot, tutup, gelang dot dan katupnya)

– Bilaslah bagian-bagian botol dan bahan makanan lainnya di bawah air keran yang mengalir. Jangan taruh di wastafel karena mungkin mengandung kuman yang dapat mencemari barang-barang ini.

– Tuangkan sedikit cairan pembersih khusus pada setiap bagian botol susu.

– Cara lainnya, masukkan semua bagian botol ke dalam wadah yang Anda persiapkan khusus untuk mencuci botol susu  dan peralatan makan bayi. Lalu, tuangkan sabun pembersih khusus.

– Bersihkan semua bagian botol dengan sikat halus yang bersih. Bersihkan bagian dasar botol dengan gerakan memutar, lalu bersihkan sisi-sisi botol dengan menggerakkan sikat naik turun, kemudian bersihkan bagian bibir botol. Bila perlu gunakan sikat kecil untuk menjangkau setiap celah dari tutup botol sehingga tidak ada bagian yang terlewat.

– Untuk membersihkan bagian dot, gunakan sikat yang kecil agar dapa menjangkau seluruh bagian dari gelang dot tersebut, terutama di bagian dalam dot. Pastikan tidak ada bekas atau sisa susu yang tersisa karena akan mendatangkan bakteri.

– Bilas semua bagian botol dengan cara memegang barang-barang itu satu per satu di bawah air keran yang mengalir. Pada bagian dot, pencet bagian putingnya untuk agar air keluar dan dot benar-benar bersih. Penting Anda perhatikan, hindari membilas botol dengan cara merendamnya di dalam wadah tertentu karena akan mengakibatkan kotoran menempel lagi pada bagian-bagian botol yang telah dibersihkan tadi.

– Panaskan air di dalam panci, setelah mendidih masukkan setiap bagian botol ke dalamnya, lalu matikan kompor. Diamkan selama lebih kurang 15 menit. Anda bisa menggunakan air mineral untuk memastikan air yang digunakan benar-benar bersih.

– Setelah proses pensterilan selesai, angkat bagian-bagian botot tersebut dengan menggunakan penjepit kemudian tiriskan. Gunakan handuk bersih atau lap khusus untuk membersihkan botol susu dan bagian-bagiannya.

– Setelah barang benar-benar kering, simpanlah di tempat yang bersih dan terlindungi dari debu untuk mencegah kontaminasi.

– Bersihkan botol susu dan peralatan makan bayi setidaknya sekali sehari. Sanitasi sangat penting ketika bayi Anda berusia kurang dari 3 bulan, lahir prematur, atau memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

– Sebelum digunakan, pastikan Anda telah membersihkan peralatan yang akan digunakan seperti sikat botol dan wadahnya dengan menggunakan cairan pembersih khusus.

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf 

Sumber : https://meetdoctor.com/article/begini-cara-benar-membersihkan-dan-sterilkan-botol-susu

Punya tanda-tanda seperti di atas? Konsultasikan gratis dengan dokter SEHATI:  https://wecare.id/sehati