10 Tanda Awal Lupus

10 Tanda Awal Lupus

Mei adalah bulan kesadaran Lupus dan 10 Mei diperingati sebagai Hari Lupus Sedunia. Lupus adalah penyakit autoimum atau kelainan pada sistem kekebalan tubuh. Artinya, sistem kekebalan tubuh yang seharusnya melindungi tubuh dari serangan virus atau penyakit yang datang dari luar, yang terjadi malah sebaliknya, kekebalan tubuh menyerang jaringan tubuh kita sendiri. Sehingga mengakibatkan kerusakan atau pembengkakakan pada sendi,  paru-paru, jantung, darah, kulit dan lainnya.

The Lupus foundation of America memperkirakan sekitar 1,5 juta kasus terjadi di Amerika dan setidaknya 5 juta kasus terjadi di dunia. Setiap tahun diperkirakan terjadi sekitar 16 ribu kasus baru lupus.

Di Indonesia, jumlah pasti penderita lupus memang belum diketahui. Namun prevalensinya di masyarakat berdasarkan survey yang dilakukan Prof. Handono Kalim, dkk di Malang, memperlihatkan angka sebenar 0.5% terhadap total populazsi.

Penyakit lupus bisa menyerang siapa saja, meskipun sebagian besar menyerang wanita usia produktif (15-44 tahun), namun pria dan anak-anak juga bisa terkena lupus.

Penyebab kondisi autoimun pada lupus belum diketahui. Faktor genetik, imunologik dan hormonal, serta lingkungan, diduga ikut berperan dalam perjalanan penyakit.

Lupus memengaruhi semua orang secara berbeda. Beberapa orang hanya memiliki beberapa gejala ringan dan yang lainnya bisa memiliki banyak gejala yang lebih berat.

Gejala biasanya muncul pada awal masa dewasa, dari usia remaja ke 30-an. Orang-orang dengan lupus umumnya mengalami gejala yang meningkat diikuti dengan periode remisi. Itu sebabnya gejala awal mudah diabaikan.

Karena gejala awal mirip dengan gejala lain, maka banyak orang tidak menyadarinya, dan menganggap itu sebagai penyakit yang lain.

Gejala awal lupus, meliputi:

-Kelelahan

-Demam

-Rambut rontok

-Ruam kemerahan pada pipi dan hidung

-Masalah pada paru

-Masalah pada ginjal

-Sendi bengkak

-Masalah pada gastrointestinal

-Masalah pada tiroid

-Mulut kering dan mata sensitif terhadap cahaya atau sinar matahari

Kelelahan

Sekitar 90 persen orang-orang dengan lupus mengalami kelelahan. Tidur siang membuat orang sulit tidur, tetapi tidur terlalu banyak di siang hari dapat menyebabkan insomnia di malam hari. Bicaralah pada dokter, karena beberapa penyebab kelelahan dapat diobati.

-Demam tidak jelas

Salah satu gejala awal lupus adalah demam ringan tanpa alasan yang jelas. Suhu tubuh yang berkisar antara 36.9˚C-38.3˚C, membuat Anda enggan untuk ke dokter. Padahal orang-orang dengan lupus mungkin mengalami demam jenis ini terus dan terus.

Demam ringan bisa menjadi gejala peradangan, infeksi, atau gejolak segera. Jika Anda mengalami demam yang berulang dan ringan, buatlah janji untuk menemui dokter Anda.

-Rambut rontok

Rambut yang menipis seringkali merupakan salah satu gejala pertama lupus. Rambut rontok disebabkan radang pada kulit dan kulit kepala. Beberapa orang juga mengalami penipisan janggut, alis, bulu mata, dan rambut tubuh lainnya. Lupus dapat menyebabkan rambut menjadi rapuh, mudah patah, sehingga menghasilkan nama “lupus hair.”

-Ruam kulit atau lesi

Salah satu gejala yang paling terlihat dari lupus adalah ruam berbentuk kupu-kupu yang muncul di atas jembatan hidung dan di kedua pipi. Sekitar 50 persen orang dengan lupus memiliki ruam ini. Ini dapat terjadi secara tiba-tiba atau muncul setelah terpapar sinar matahari. Kadang-kadang ruam muncul tepat sebelum suar.

Banyak orang dengan lupus sensitif terhadap matahari, atau bahkan pada pencahayaan buatan. Beberapa mengalami perubahan warna pada jari tangan dan kaki.

-Masalah paru

Peradangan sistem paru adalah gejala lain yang mungkin dari lupus. Paru-paru menjadi meradang, dan pembengkakan dapat meluas ke pembuluh darah paru-paru. Bahkan diafragma bisa terpengaruh. Kondisi ini semua dapat menyebabkan nyeri dada ketika Anda mencoba untuk bernapas. Kondisi ini sering disebut sebagai nyeri dada pleuritik. Seiring waktu, masalah pernapasan dari lupus dapat mengecilkan ukuran paru-paru. Nyeri dada yang terus berlangsung dan sesak napas mencirikan kondisi ini.

Peradangan ginjal

Orang dengan lupus dapat mengembangkan peradangan ginjal yang disebut nephritis. Peradangan membuat lebih sulit bagi ginjal untuk menyaring racun dan limbah dari darah. Menurut Lupus Foundation of America, nephritis biasanya dimulai dalam waktu lima tahun sejak awal lupus.

Gejala lainnya, termasuk:

-Bengkak di kaki bawah dan kaki

-Tekanan darah tinggi

-Terdapat darah pada air seni.

-Urin berwarna gelap

-Sering buang air kecil di malam hari

Sendi nyeri dan bengkak

Peradangan dapat menyebabkan rasa sakit, kekakuan, dan pembengkakan terlihat di sendi Anda, terutama di pagi hari. Ini mungkin ringan pada awalnya dan secara bertahap menjadi lebih jelas. Seperti gejala lupus lainnya, masalah sendi bisa datang dan pergi.

Masalah gastrointestinal

Beberapa orang dengan lupus kadang-kadang mengalami mulas, refluks asam, atau masalah gastrointestinal lainnya. Gejala ringan dapat diobati dengan antasida OTC. Jika Anda sering mengalami refluks asam atau sakit maag, cobalah kurangi ukuran makanan Anda, dan hindari minuman yang mengandung kafein. Juga, jangan berbaring setelah makan. Jika gejala berlanjut, temui dokter Anda untuk menyingkirkan kondisi lain.

Masalah tiroid

Tiroid membantu mengontrol metabolisme tubuh Anda. Tiroid yang berfungsi buruk dapat mempengaruhi organ vital seperti otak, jantung, ginjal, dan hati Anda. Itu juga bisa mengakibatkan kenaikan berat badan atau penurunan berat badan. Gejala lain termasuk kulit dan rambut kering, dan murung.

Mulut dan mata kering

Mata Anda mungkin terasa berpasir dan kering juga. Itu karena beberapa orang dengan lupus mengembangkan penyakit Sjogren, gangguan autoimun lainnya. Sjogren menyebabkan kelenjar yang bertanggung jawab atas air mata dan air liur menjadi tidak berfungsi, dan limfosit dapat terakumulasi di kelenjar. Dalam beberapa kasus, wanita dengan lupus dan Sjogren juga dapat mengalami kekeringan pada vagina dan kulit.

Gejala lainnya

Gejala lain termasuk ulkus oral, pembesaran kelenjar getah bening, nyeri otot, nyeri dada, osteoporosis, dan depresi. Gejala langka termasuk anemia, pusing, dan kejang.

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf

Sumber : https://meetdoctor.com/article/10-tanda-awal-lupus

Punya tanda-tanda seperti di atas? Konsultasikan gratis dengan dokter SEHATI:  https://wecare.id/sehati