Porsi Ideal Olahraga

Porsi Ideal Olahraga

Berolahraga sangat baik bagi kesehatan. Olahraga dapat memperlancar peredaran darah, mengendalikan berat badan, meningkatkan mood, menghindari kita dari berbagai penyakit, dan manfaat lainnya.

Mengingat pentingnya berolahraga, maka kita pun disarankan untuk melakukannya secara teratur; seminggu tiga kali. Apa yang terjadi pada tubuh jika kita terlalu bersemangat berolahraga sehingga setiap hari kita melakukannya? Kita tidak perlu khawatir akan jatuh sakit karena terlalu lelah. Justru, berolahraga setiap hari baik bagi kesehatan.

Porsi dalam Olahraga

Latihan fisik yang rutin dapat meningkatkan level energi, memperbaiki suasana hati, mengontrol berat badan, membuat kita tidur lebih nyenyak, dan menurunkan risiko banyak penyakit seperti penyakit kardiovaskular, darah tinggi, osteoporosis dan diabetes (Mayo Clinic, 2018).

Meski begitu, sangat penting bagi kita untuk memerhatikan porsi dalam berolahraga. “Dalam kondisi normal, orang dewasa sehat dianjurkan untuk berolahraga selama tiga puluh menit setiap hari,” kata Russell Pate, PhD, profesor di Arnold School of Public Health, University of South Carolina.

Berolahraga yang berlebihan hanya akan membuat kita kelelahan, cidera otot, memengaruhi kualitas tidur, dan meningkatkan nafsu makan sehingga otomatis menambah berat badan. Untuk menghindarinya dan mengoptimalkan manfaat sehat dari setiap jenis latihan olahraga, yuk baca petunjuk WeCare.id dibawah ini!

Klik Untuk Donasi - Bantu RSCM Kiara Bangun Lantai Khusus Covid-19
  1. Terdanai Rp.109,237,467
  2. Pencapaian 9.46%
  3. Donatur 136

Kardio

Porsi Ideal Olahraga | WeCare.id

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyarankan kita berlatih kardio selama 150 menit perminggu. Jika ingin berlatih kardio setiap hari, artinya kita harus meluangkan 30 menit selama lima hari dalam satu minggu.  Sesuaikan intensitasnya dengan kemampuan.  Ketika berlatih,  kita harus tetap bisa bicara normal, tidak terengah-engah karena intensitas yang terlalu tinggi atau bernyanyi-nyanyi karena intensitas terlalu rendah. Kombinasikan latihan kardio kita, misalnya bersepeda di hari Senin, berjalan cepat di hari Selasa, lari atau joging pada Rabu, renang di hari Kamis, dan aerobik di hari Jumat

Latihan beban

Porsi Ideal Olahraga | WeCare.id

Latihan beban berguna untuk mengencangkan dan menguatkan otot dan mempercepat metabolisme sehingga  tubuh dapat membakar lebih banyak kalori usai latihan. CDC menyarankan agar kita berlatih beban sebanyak dua kali dalam seminggu ketika jeda latihan kardio.

Sama prinsipnya dengan latihan kardio, beban latihan kita juga tidak boleh melebihi kemampuan. Hindari berlatih beban dalam dua hari berturut-turut karena otot perlu istirahat setidaknya selama 24 jam setelah latihan pertama. Jika terpaksa berlatih beban selama dua hari berturut-turut, pilih jenis latihan yang berbeda di setiap sesinya. Misalnya, hari ini kita melatih otot-otot bagian atas dan besok melatih otot-otot bagian bawah.

Klik Untuk Donasi - Aprilia Alami Epilepsi dan Hipotiroid Sejak Kecil. Yuk Bantu Donasi Kesembuhan Aprilia!
Epilepsi, Hipotiroid
Aprilia Abigael Simatupang
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.1,260,000
  2. Pencapaian 100.00%
  3. Donatur 16

Tips dan Trik Olahraga

Jika kita memiliki kondisi medis tertentu, minta persetujuan dokter sebelum membuat rencana latihan. Atau, berlatihlah dengan pelatih fitnes pribadi (personal trainer). Personal trainer yang baik dapat memahami kondisi kesehatan kliennya dan membuatkan rencana latihan yang tidak menyakiti tetapi justru meningkatkan level kesehatan kita.

Selalu mulai dengan porsi moderat dan dengan perlahan. Tingkatkan porsi dan intensitas secara bertahap ketika tubuh Anda sudah siap untuk itu. Tidak mengapa jika hari ini kita hanya sanggup berlatih selama 10 menit sebelum mencapai target 30 menit perhari yang dianjurkan. Tingkatkan kemampuan fisik di luar jam latihan dengan memperbanyak jalan kaki, naik tangga, mencuci kendaraan sendiri, bebenah rumah dan aktivitas fisik lainnya.

Kesimpulan

Porsi Ideal Olahraga | WeCare.id

Mulai olahraga dari keseharian. Untuk pemula, cobalah cari jenis latihan outdoor seperti bersepeda, hiking, dan ski air atau permainan olahraga seperti badminton, sepakbola, futsal, dan tenis. Latihan outdoor dan permainan lebih banyak disukai karena tidak membosankan dan ada tantangan di dalamnya.

Sebagai penyemangat, ajaklah teman atau saudara untuk berlatih bersama.  Orang yang berlatih bersama atau dalam tim cenderung lebih sukses dalam mencapai target latihan ketimbang yang berolahraga sendiri!

Sama seperti olahraga, membantu sesama juga akan lebih terasa dampaknya jika kita melakukannya bersama orang lain. Karena itu, WeCare mau ajak kamu untuk bantu pasien tidak mampu yang menderita berbagai penyakit! Buka tautan dibawah untuk donasi atau gunakan aplikasi WeCare.id di App Store atau Google Play supaya donasi menjadi lebih mudah. Membantu sesama pasti terasa luar biasa!

download_app

Ditinjau oleh: dr. Deffy

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *