Berat Badan Sulit Turun? Perbaiki Tidur Anda

Berat Badan Sulit Turun? Perbaiki Tidur Anda

Anda mungkin merasa telah menjalankan program diet dengan benar, tapi nafsu makan Anda tidak berkurang, sehingga berat badan tak kunjung turun. Apa yang salah? Tentunya tidur Anda. Jika Anda tidur kurang dari tujuh jam setiap malam, usaha penurunan berat Anda akan terhambat secara signifikan. Kurang tidur telah terbukti dapat membuat Anda makan lebih banyak dan mengonsumsi karbohidrat yang berkontribusi pada peningkatan berat badan.

Gaya hidup modern memang memengaruhi kebiasaan tidur setiap orang. Sebuah survey besar tahun 1960 meemukan bahwa saat itu orang rata-rata tidur antara 8-9 jam semalam. Bagaimana dengan sekarang? Dari pendapat National Sleep Foundation ditemukan bahwa orang sekarang rata-rata hanya tidur sekitar 7 jam.

Penurunan kuantitas tidur yang signifikan ini sejalan dengan peningkatan jumlah obesitas selama 50 tahun terakhir. Selain masalah kesehatan medis atau mental tertentu (termasuk sakit dan depresi) , berikut adalah empat faktor yang dapat mencegah Anda tidur nyenyak, dan sebaiknya Anda segera perbaiki:

-Lingkungan bising 
Tinggal di lingkungan perkotaan, atau bahkan di daerah pinggiran kota yang bising tentu akan mengganggu tidur Anda. Bagaimana bisa tidur dengan nyenyak bila Anda selalu dikagetkan oleh suara kendaraan, dan lainnya. Karena itu, bila Anda tinggal di lingkungan yang bising, mungkin Anda perlu menggunakan peredam suara untuk mengurangi kebisingan.

-Stres
Banyak orang stres kronis karena mereka merasa tidak mampu menangani semua tanggung jawab mereka dalam waktu luang mereka yang terbatas. Masalah finansial, kesehatan, dan keluarga juga menjadi sumber stres. Sebuah studi tahun 2014 di jurnal Sleep menemukan bahwa ketidakmampuan untuk mengatasi kejadian stres berhubungan dengan insomnia yang lebih tinggi pada sekelompok orang dewasa sehat. Untuk mengatasinya, mungkin Anda perlu berlatih yoga atau meditasi untuk membuat tubuh Anda relaks.

-Kurang gerak
Penelitian menunjukkan bahwa duduk seharian bisa mengganggu naluri alami tubuh untuk mengisi bahan bakar di malam hari. Karena kita telah beralih dari masyarakat industri ke masyarakat data, yang membuat orang berlama-lama duduk dalam mengerjakan tugas mereka. Ini membaut tubuh jadi kurang prima untuk beristirahat menjelang tidur. Sebuah survey yang dilakukan National Sleep Foundarion menunjukkan bahwa hanya 10 menit latihan sehari dapat meningkatkan durasi dan kualitas tidur Anda.

-Perangkat elektronik 
Menurut National Sleep Foundation, lebih dari 90 persen orang Amerika menggunakan perangkat elektronik mereka sejam sebelum mereka tidur. Anda mungkin melakukan hal yang sama, tidak bisa lepas dari gadget. Padahal inilah yang membuat jam tidur Anda berkurang atau terganggu. Lampu biru yang dipancarkan dari perangkat ini sangat bermasalah.

Satu studi yang dipublikasikan di jurnal Applied Erognomics menemukan bahwa mahasiswa yang menggunakan tablet selama dua jam semalam, ternyata telah mengurangi kadar hormon melatonin sekitar 23 persen. Untuk mengatasinya, lepaskan diri dari perangkat elektronik dan gadget, dua jam sebelum Anda naik ke tempat tidur.

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf

Sumber: https://meetdoctor.com/article/berat-badan-sulit-turun-perbaiki-tidur-anda

Ingin tahu lebih jauh? Konsultasikan kesehatan Anda dengan tim dokter WeCare.id SEHATI di https://wecare.id/sehati