Begini Cara Benar Cuci Tangan

Begini Cara Benar Cuci Tangan

Sudahkah Anda mencuci tangan? Mencuci tangan sangat penting untuk menjaga kesehatan. Bahkan setiap setiap tanggal 15 Oktober, diperingati sebagai Hari Mencuci Tangan Sedunia. Di Indonesia, brand sabun kesehatan keluarga, Lifebuoy, turut merayakan Hari Cuci Tangan Sedunia di SDN 03 Menteng, Jakarta dengan mengedukasi masyarakat pentingnya cuci tangan pakai sabun agar terlindungi dari kuman. Komitmen yang dijalankan sejak tahun 2004 ini telah berhasil menjangkau lebih dari 89 juga tangan sehat di Indonesia.

Meski sederhana, mencuci tangan adalah cara yang mudah untuk melindungi diri dari infeksi dan penyakit. Cuci tangan secara teratur, terutama sebelum dan sesudah kegiatan tertentu, merupakan salah satu cara terbaik untuk menghilangkan kuman, menghindari sakit, dan mencegah penyebaran kuman ke orang lain.

Saat Anda menyentuh orang, permukaan dan benda sepanjang hari, secara tidak sengaja Anda telah mengumpulkan kuman di tangan Anda. Pada gilirannya, Anda dapat menginfeksi diri dengan kuman ini dengan menyentuh mata, hidung atau mulut Anda. Meski tidak mungkin untuk menjaga tangan dari bebas kuman, namun sering mencuci tangan membatasi transfer bakteri, virus dan mikroba lainnya.

Pastikan untuk selalu cuci tangan sebelum:
-Mempersiapkan makanan atau makan
-Mengobati luka, memberi obat, atau merawat orang sakit atau terluka
-Memasukkan atau menghapus lensa kontak
Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan setelah:
-Menyiapkan makanan atau memasak, terutama saat mengolah daging merah dan unggas.
-Menggunakan toilet atau mengganti popok.
-Menyentuh binatang, tempat makan dan kotorannya.
-Meniup hidung, batuk atau bersin ke tangan Anda.
-Mengobati luka atau merawat orang yang sakit atau terluka.
-Memegang sampah, bahan kimia rumah tangga atau kebun, atau apa pun yang dapat terkontaminasi seperti kain pembersih atau sepatu kotor.
Selain Itu, cuci tangan setiap kali terlihat kotor.

Cara mencuci tangan
Paling baik mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air. Ikuti langkah-langkah sederhana ini:
-Basahi tangan Anda dengan air mengalir, boleh hangat atau dingin.
-Oleskan sabun cair atau bar
-Gosokkan tangan dengan sedikit kencang selama 20 detik. Ingatlah untuk menggosok semua permukaan, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela di antara jari-jari dan di bawah kuku jari Anda.
-Bilas sampai bersih.
-Keringkan tangan dengan handuk bersih atau tisue atau pengering udara.
-Jika memungkinkan gunakan handung atau siku untuk mematikan kran.

Sabun antibakteri, seperti yang mengandung triclosan, tidak lebih efektif dalam membunuh kuman daripada sabun biasa. Menggunakan sabun antibakteri bahkan bisa menyebabkan perkembangan bakteri yang kebal terhadap terhadap produk yang mengandung antimikroba, sehingga akan mempersulit membunuh kuman tersebut di masa depan.

Pada tahun 2016, badan pengawas obat dan makanan Amerika mengelurkan peraturan yang melarang bahan aktif antibakteri termasuk triclosan dan triclocarban, untuk dipasarkan lagi ke konsumen. Produk ini meliputi sabun cair, busa dan gel, sabun bar dan body wash.

Ditinjau oleh: dr. Jezy Reisya

Artikel ini merupakan kerjasama antara Meetdoctor dan WeCare.id

https://meetdoctor.com/article/begini-cara-benar-cuci-tangan

Kunjungi https://meetdoctor.com untuk mendapatkan berbagai informasi menarik tentang kesehatan!